Home Konten Pilihan

10 Alasan Bisnis Online Melalui Blog Lebih Baik Dari Facebook

1093
BAGIKAN

Kontrol

Alasan pertama kenapa blog lebih baik dari Facebook adalah kendali (control) sepenuhnya berada di tangan kita, karena kita menjadi admin blog, bukan dikendalikan Mark Zuckerberg (Facebook).
Di blog bisa memilih template, nama brand, dan domain URL semau kita. kitalah penguasanya. Tentunya Selama kitan mematuhi Kebijakan Konten dari Blogger yang kita pakai.

Pengunjung yang beragam dan luas

Facebook hanya menjangkau para penggunanya saja. teman-teman atau temannya teman facebook kita dan mereka yang nge-like fans page bisnis online kita. Blog dapat menjangkau lebih luas lagi. ada fasilitas RSS, email, pengunjung yang menemukan blog kita di mesin pencari, dan SEMUA media sosial. sekali lagi saya ulangi SEMUA MEDIA SOSIAL termasuk Facebook :).
Posting produk atau promosi kita di blog bisa disebarkan ke semua jenis media sosial, termasuk Facebook, dan di blog kita lebih leluasa dan lebih rapi menata tampilan produk (etalase) dan detailnya.

Lebih Banyak Klik

Link yang ada di blog akan lebih banyak klik ketimbang di Facebook. dan klik link di facebook bisa kita jadikan uang salah satunya melalui google adsense

Lebih Banyak Nilai Tambah

Melalui Blog Anda bisa menyajikan tips, saran, atau trik melakukan sesuatu, selain posting produk/jasa. Di Blog anda bebas meletakan gambar mau di awal, tengah, atau akhir, membuat polling, dst. Di Fans Facebook memang bisa juga menyajikan tips dll., namun di blog akan lebih leluasa, tertata rapi, dan bisa ditemukan oleh pengunjung blog lewat mesin pencari.
Keberadaan Label (Kategori Posting) yang tidak dimiliki Facebook menjadi pembeda utama antara blog dan FB.

Blog Utama Medsos Sarana

Blog mampu menjadi “pusat” penyimpanan, etalase, detail produk, tempat transaksi. Facebook dan medsos lain kita gunakan sebagai media promosi dan distribusi. facebook mampu jadi pusat? bisa saja. tapi banyak keterbatasan.

News Feed

Facebook menentukan siapa saja yang bisa melihat posting atau status update Anda. Namun, blog bisa ditemukan dan dibaca SIAPA SAJA. Pembaca atau pengunjung akan datang melalui halaman pencarian Google (SERP).

Tahan Lama

Update status atau posting di Facebook berlaku untuk beberapa detik, menit, atau maksimal beberapa hari saja kemudian hilang. gimana mencarinya? usaha manual scroll dan cek satu-satu y.
Posting di blog akan mudah ditemukan di mesin pencari dan berlaku untuk jangka waktu lama, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Ada arsip, daftar isi, dan kategori/label yang memudahkan pembaca dan mesin pencari menemukan bisnis online Anda. asyik kan?

SEO (Search Engine Optimization)

Di Facebook kita tidak bisa memainkan SEO yang akan membantu posting kita mudah diindeks dan ditemukan pembaca. kenapa? coba lihat poin “kontrol” terjawabkan? Di blog, sangat banyak trik dan tips SEO untuk mempopulerkan posting dan/atau blog kita di halaman hasil pencarian.

Bayaran Lebih Besar

Kok bisa? Blog punya lebih banyak kemungkinan pemasukan. facebook kita hanya bisa jualan produk, atau jasa. menjadikan akun facebook dan fan page kita tempat orang memasang iklan rasanya masih sangat terbatas. dan facebook gak ada tuh macam pay per click (PPC), dan saudara-saudaranya. bahkan jika page rank blog kamu bagus. kamu akan dibayar orang hanya untuk mempublikasikan tulisanya di blog kamu.

Stabilitas

2014 -2015 ini facebook banyak melakukan perubahan. tampilan, peraturan, dst dan tentunya kamu harus beradabtasi lagi dan menggunakan strategi-strategi baru sesuai perubahan di facebook. gimana dengan blog? kamu yang atur, mau berubah dan ganti strategi silahkan. gak mau berubah juga silahkan
Penulis hanya mencoba mentafsirkan dari gambar yang ada sesuai pengalaman penulis ngeblog dari 2007 dan rajin mainan fan page di facebook . semoga bermanfaat. penulis juga masih terus belajar.

Komentar Kamu?