Home Mahasiswa Belajar

10 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Sembari Menunggu Waktu untuk Diwisuda

1281
BAGIKAN

Menjadi mahasiswa UNJ tingkat akhir yang sudah melewati sidang skripsi harus memiliki perencanaan yang matang setelah diwisuda dan mendapatkan ijazah S1 yang telah diperjuangan mati-matian. Perencanaan tidak hanya setelah wisuda, tapi juga harus ada perencanaan satu bulan sebelum diwisuda. Tentu kamu gak mau menganggur kan sembari menunggu waktu untuk diwisuda?

Biasanya (bagi mahasiswa UNJ S1) selalu ada jeda waktu satu bulan antara sidang skripsi/ yudisum dan wisuda. Contohnya, kalau kamu sidang di bulan Januari, maka kamu akan diwisuda di bulan Maret. Begitupun, jika kamu sidang di bulan Juli, maka kamu akan diwisuda di bulan September. Benar? Ya, hampir semua fakultas di UNJ menjadwalkan masa sidang skripsi dan yudisium di waktu yang bersamaan. Berkas-berkas semua mahasiswa UNJ yang akan diwisuda harus sudah rampung satu bulan sebelum diwisuda.

Baca juga: 6 Referensi Hadiah Wisuda untuk Sahabatmu

Lalu, apa saja yang dapat kamu lakukan sembari menunggu waktu untuk diwisuda? Berikut ini tim unjkita.com berhasil merampung 10 hal yang dapat kamu lakukan setelah sidang skripsi dan sebelum diwisuda. Yuk disimak! Semoga bermanfaat 🙂

Ngajar Les Private/ Bimbel

entrepreneur magang

Mungkin saja banyak diantara kamu yang berhenti mengajar les private atau mengajar di bimbel karena kesibukkanmu yang luar biasa mengejar deadline pemberkasan sidang skripsi.

Nah, karena kamu sudah melewati masa sidang skripsi, kamu bisa melanjutkan aktivitasmu mengajar kembali les private atau mengajar di bimbel sembari menunggu untuk diwisuda satu bulan lagi. Anggap saja, menjadi guru les private atau bimbel sebagai ajang kamu latihan untuk menjadi seorang guru di sekolah setalah kamu resmi bergelar S.Pd. dan memiliki ijazah S1.

Banyak sekali lho lowongan pekerjaan sebagai guru private atau guru bimbel. Yuk manfaatkan momen satu bulan ini! Lumayan 1 – 1,5 juta bisa jadi modal untuk menyewa jas/ kebaya plus make up untuk wisuda nanti.

Menjadi Volunteer

Kegiatan Volunteerism
Kegiatan Volunteerism, mengajar anak-anak Buruh Migran Indonesia di Serawak, Malaysia (Sumber foto: www.giaghaliyah.com)

Nah, ini yang salah satu penulis lakukan (bulan Agustus tahun lalu). Dengan menjadi volunteer kamu bisa menambah pengalaman kamu sekaligus menambah link kamu. Ini penting banget lho, sebelum kamu memasuki dunia kerja professional. Serius deh!

Contohnya, dibutuhkan 250 relawan untuk menyukseskan Festival Anak Jujur yang diadakan oleh KPK. Dan tentu, masih banyak lain kegiatan-kegiatan volunteerism yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu luang sembari menunggu waktu wisuda. Kamu bisa mencari informasi kegiatan-kegiatan volunteerism di www.ivh.or.id, website milik Kak Putri Agustina, Alumni UNJ, founder team of Indonesia Volunteering Hub, lho!

Volunteering is at the very core of being a human. No one has made it through life without someone else’s help. -Heather French Henry

Belajar Bahasa Inggris ke Pare

Kampung Inggris 2

Ada yang berniat untuk mendaftar beasiswa S2?

Tentu diantara kamu pasti ada dong ya! Nah untuk mendaftar S2, salah satu persyaratannya adalah memiliki skor TOEFL dan IELTS yang tinggi. Kamu bisa memanfaatkan momen satu bulan ini untuk belajar Bahasa Inggris ke Pare, Kediri, Jawa Timur. Setelah satu bulan di sana, lalu kamu diwisuda dan siap untuk mendaftar beasiswa yang sudah kamu incar. Good luck!

Buka Usaha Bareng Teman/ Keluarga

Start-up Business Team Working in Office

Bagi yang suka entrepreneur atau ingin menjadi pengusaha, inilah salah satu kegiatan yang dapat kamu lakukan sambil menunggu untuk diwisuda.

Ya, buka usaha bareng teman atau keluarga.

Di saat teman-teman lain sibuk memikirkan gaji yang akan dia dapatkan saat mencari pekerjaan setelah diwisuda, nah kamu gak perlu khawatir, karena kamu hanya memikirkan berapa gaji yang harus kamu berikan untuk karyawan-karyawanmu itu. Asyik banget kan! Boss nih ye!

Nah kamu sudah bisa merintis usahamu itu dari sebelum kamu diwisuda. Usaha apapun deh, yang penting halal ya. Lumayan untuk modal nikah nanti *eh.

Jadi Guru Pengganti di Sekolah

Matematika

Menjadi guru pengganti di sekolah adalah salah satu solusi untuk kamu yang mengincar menjadi guru tetap sekolahan. Ada yang berminat? Wah pasti banyak deh!

Ini sebenarnya salah satu trik yang dapat kamu lakukan lho! Perlu kamu tahu ya, menjadi seorang guru tetap di sebuah sekolah, terutama sekolah negeri, gak gampang seperti yang kamu kira. Tapi kamu bisa memanfaatkan momen manjadi guru pengganti agar kamu bisa menjadi guru tetap di sekolah tersebut.

Misalnya, ada guru yang sedang cuti hamil atau guru yang akan berangkat haji. Nah, kamu bisa mendaftar menjadi guru pengganti untuk guru tersebut. Biasanya jangka waktunya 1 – 3 bulan. Jika kualitas dan kinerjamu bagus selama menjadi guru pengganti, bisa saja kamu akan diminta menjadi guru tetap di sekolah tersebut. Semoga ya!

Jadi Asdos atau Laboran di Kampus

Asisten Laboratorium

Biasanya yang mempunyai nilai akademik yang tinggi, akan diminta oleh dosen atau kaprodi untuk menjadi asisten dosen atau bisa juga laboran. Istilahnya bantu-bantu untuk jurusan tapi ada fee-nya. Ada yang berminat? Lumayan banget jika kamu jadi asdos/ laboran di kampus lho! Ini salah satu peluang kamu untuk mendapatkan link beasiswa dari dosen atau mendapatkan rekomendasi dosen untuk melanjutkan studi S2-mu nanti.

Berburu Beasiswa

Beasiswa

Banyak diantara kita yang sangat terobsesi untuk memburu beasiswa. Wah obsesi ini sih bagus banget ya! Artinya kamu berjuang untuk terus melanjutkan studi S2 kamu di dalam maupun di luar negeri.

Masa waktu satu bulan sembari menunggu diwisuda, bisa kamu lakukan untuk melengkapi berkas-berkas persyaratan beasiswa, misalnya surat keterangan berkelakukan baik dari kepolisian, surat bebas narkoba, surat keterangan sehat, dan sebagainya.

Trevelling Keliling Indonesia/ Ke Luar Negeri

Backpacker

Ada yang suka naik gunung? Ada yang suka backpacker-an? Sendirian? Atau sama teman mungkin?

Nah ini nih salah satu solusi untuk kamu yang ingin menghilangkan penat pasca sidang skripsi. Mumpung belum diwisuda dan mumpung belum memasuki dunia kerja professional, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk trevelling keliling Indonesia atau ke luar negeri. Yang penting doku siap selalu di dompet ya!

Eits, tapi jangan lupa bayar wisuda UNJ yang semester ini. Btw, kok mahal banget ya *eh.

Jadi Pengajar Ekskul di Sekolah

Olahraga

Menjadi pengajar ekstrakurikuler di sekolah merupakan salah satu solusi untuk mengisi waktu luang sebelum kamu diwisuda.

Lumayan banget fee-nya per pertemuan lho! Apalagi jika kamu menjadi pengejar ekskul di SMA-mu dulu. Lumayan, hitung-hitung kamu bisa memberikan manfaat dengan mengabdi ke SMA-mu dulu.

Kerja Full Time di Kantor

Eksistensi

Jika kamu sudah punya link kakak tingkat yang bekerja di kantor, kamu bisa minta tolong mereka untuk memasukkan kamu bekerja di kantor tersebut. Keuntungannya, kamu bisa bekerja di kantor walaupun ijazah S1 belum di tanganmu. Ya, namanya juga link, apapun bisa diusahakan. Masa sih sesama alumnus UNJ membiarkan banyak adik-adiknya menganggur? Nggak dong ya!

Dear, Kakak-kakak alumni UNJ, jangan lupa bantu adik-adikmu yang baru lulus ini ya agar bisa mendapatkan pekerjaan seperti kakak :).

 

Ya, itulah 10 hal yang dapat kamu lakukan sembari menunggu waktu untuk diwisuda. Mau refreshing boleh, mau langsung mencari kerja juga gapapa, atau mau berburu beasiswa boleh banget kok! Yang penting, kamu harus tetap produktif ya 🙂

 

Komentar Kamu?