Home Berita

13 Tim PKM UNJ 2017 yang Lolos Didanai DIKTI

986
BAGIKAN

UNJKita.com – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu program atau ajang yang diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Litabmas), Ditjen Dikti untuk meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi.
Diharapkan mahasiswa kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis, profesional, dapat menerapkan, mengembangkan, meningkatkan sebuah konsep Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta memperkaya budaya nasional.

Ajang PKM ini berupa  pembiayaan kegiatan dan ide kreatif mahasiswa yang telah terpilih berdasarkan seleksi proposal oleh Dirjen Dikti untuk dibiayai.

Pembiayaan ini dibagi untuk lima bidang kegiatan kreatif dan dua bidang ide kreatif, seperti berikut ini:

Bidang Kegiatan Kreatif (PKM Lima Bidang)

  1. PKM – P (Penelitian)
  2. PKM – M (Pengabdian Masyarakat)
  3. PKM – K (Kewirausahaan)
  4. PKM – KC (Karsa Cipta)
  5. PKM – T (Teknologi)

Bidang Ide Kreatif (PKM Dua Bidang)

  1. PKM-GT (Gagasan Tertulis)
  2. PKM-AI (Artikel Ilmiah)

Universitas Negeri Jakarta, merupakan salah satu kampus yang turut andil dalam mengikuti ajang PKM. Tahun ini terdapat 13 tim yang mengharumkan nama UNJ dengan lolosnya proposal mereka yang didanai oleh Dikti. Berikut adalah ke-13 tim tersebut.

Nama Ketua Tim – Skim PKM

  1. Aswin Bimo Subandoro – PKM – KC
  2. Susana Aprilia Betakore – PKM KC
  3. Eko Cahyono – PKM KC
  4. Fariz Alhamra – PKM KC
  5. Agus Nur Hidayat – PKM PE (Penelitian Eksakta)
  6. Delia Ayu Wiguna – PKM PE
  7. Fuji Lestari – PKM PE
  8. Yuki Putri Pertiwi – PKM PE
  9. Bianca Rachel Lontoh – PKM M
  10. Veronika Fresty Florestina – PKM M
  11. Bunga Tri Astuti – PKM K
  12. Nurfitriyanie – PKM PSH (Sosial Humaniora)
  13. Sarah – PKM PSH

Dalam pelaksanaannya unjkita.com berkesempatan untuk lebih dekat mengenal ke-13 tim yang mengharumkan nama UNJ tersebut.

Menurut mereka ajang PKM sendiri merupakan sebuah wadah untuk menuangkan ide dan naungan yang mereka kuasai melalui tuntunan dari dosen pembimbing mereka untuk mengeksplor secara maksimal kreativitas yang ada.

Mereka berharap untuk kedepannya ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UNJ ini dapat membentuk konsep baru seperti kumpul dan berbagi pengalaman bersama alumni PKM sebelumnya serta lebih gencarnya lagi sounding mengenai PKM kepada mahasiswa khususnya di UNJ.

Karena salah satu kelemahan PKM di UNJ adalah masih minimnya minat dari mahasiswa untuk berprestasi, sebuah motivasi yang begitu besar bila tidak dibarengi dengan sebuah langkah dalam realisasinya akan menciptakan sebuah mimpi yang tidak akan terwujud.

Sehingga menurut mereka wadah ini seharusnya lebih digalakan lagi serta mungkin harus diwajibkan di setiap fakultasnya, karena dengan proses mewajibkan mahasiswa untuk turut ikut merasakan atmosfer persaingan dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.

Sebuah paksaan juga bukan merupakan jalan satu satunya yang menjadi solusi dari ke-13 tim PKM ini. Mereka lebih setuju dengan konsep mewajibkan dan mengayomi karena tidak luput dalam merealisasikan sebuah ide kreatif kita perlu dibimbing dan diayomi untuk paham dan tetap pada jalur yang ada.

Jadi, bagaimana tertarik untuk menjadi bagian di PKM selanjutnya?

Komentar Kamu?