Home Konten Pilihan

4 Alasan Kenapa Loe Harus Ikutan Milih Pemimpin BEM UNJ

2206
BAGIKAN

Pemilu UNJ sebentar lagi. ikutan memilih atau tidak? kamu harus tahu kenapa satu suara kamu sangat begitu berperan untuk menciptakan perubahan besar.

Setiap tahun diakan pemilu Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dimana akan diadakan pemilihan pemimpin Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari tingkat Jurusan hingga tingkat Universitas. Mungkin bagi sebagian orang BEM itu gak penting karena tidak berdampak langsung dengan kehidupan dia di kampus. memang BEM di UNJ terutama tingkat Universitas berbeda dengan beberapa kampus yang BEMnya berwenang membawahi seluruh UKM di kampus, namun BEM UNJ tertanya mempunyai beberapa hal stategis yang mungkin bisa menciptakan perubahan besar termasuk diri kamu. apa aja tuh? ini dia 4 alasanya:

Memiliki kekuatan & Jaringan Hingga Jurusan

Sospol Advanture Camp UNJ 2015
Sospol Advanture Camp UNJ 2015: Mahasiswa dari berbagai Fakultas Berkumpul membentuk tim Aksi

ini dia modal kekuatan yang dimiliki BEM dan sulit tersaingi oleh UKM atau komunitas mahasiswa lainya. Jaringan BEM ada di setiap Jurusan, Fakultas dan Universitas. Modal kuantitas ini dapat dipakai BEM untuk melakukan gerakan yang masif. bahkan jaringannya di tingkat jurusan terlembaga dengan baik dalam bentuk BEMJ.

Modal ini tidak dimiliki oleh UKM semacam Era FM, Menwa, KMPF, dll. jikalau ada pun hanya personal-personal yang tergabung dalam UKM tersebut dan tidak terlembaga sebaik BEM. Walaupun BEMJ dan BEMF bisa bersifat independen atau dapat tidak sejalan dengan BEM UNJ dalam beberapa hal. Namun, mayoritas masih dalam kendali BEM UNJ.

Berperan Besar di MPA Sampai ketingkat Jurusan

IMG-20150824-WA0024
MPA 2015

Masa pengenalan Akademik mungkin hampir 70% konsep hingga teknis lapangan dikendalikan oleh BEM  Baik tingkat Jurusan, Fakultas, ataupun Universitas. mungkin hanya tingkat Universitas saja peran BEM UNJ sangat kecil, karena untuk tingkat Universitas, Forum Musyawarah Gedung G yang berperan sangat besar. Tetapi untuk tingkat Jurusan dan Fakultas BEM masih sangat dominan.

MPA mungkin memang cuma beberapa hari saja, namun cukup memberikan efek kejut kepada mahasiswa baru tentang dunia kampus. MPA ibarat sketsa awal Mahasiswa, mau jadi gambar apa? tergantung sketsa yang kamu buat.  MPA adalah kegiatan yang patut diperhitungkan jika kamu ingin melakukan perubahan yang cukup masif, karena kegiatan ini diikuti mayoritas mahasiswa baru. untuk mendapatkan kesempatan itu semua peluang paling besar ya melalui BEM UNJ.

Brand Yang Kuat dan Sejarah nan Heroik

Perhimpunan Indonesia
Perhimpunan Indonesia: Gerakan Pemuda Indonesia di Belanda

BEM mengklaim dirinya adalah representasi pelanjut estafet  perjuangan para pemuda-pemuda hebat dalam membangun negara ini. Era HOS Cokroaminoto, Era Soekarno, Era Mahasiswa 60an, 70an, 80an, dan 90an adalah bagian dari sejarah BEM. baik benar ataupun tidaknya klaim tersebut tidak menjadi persoalan penting. rasa memiliki sejarah indah tersebut memberikan efek yang sangat besar kepada BEM. sejarah itu menimbulkan rasa bangga pada setiap mahasiswa yang terlibat melanjutkan perjuangan membela rakyat.

Cendekiawan Muslim Muhammad Asad mengungkapkan “no civilization can prosper or even exist after having lost this pride and the connection with its own past.” Tidak ada satu peradaban yang akan berjaya atau bahkan akan eksis jika sudah hilang kebanggaannya terhadap dirinya atau terputus dari sejarahnya.

Sejarah panjang nan heroik inilah yang membangun brand BEM sebagai Manusia-manusia pembela kepentingan rakyat. Brand dan Sejarah yang kokoh adalah modal utama dalam membangun & menciptakan perubahan yang besar.

Membantu Advokasi Persoalan Mahasiswa

Gerakan Advokasi Bem UNJ
Salah satu program advokasi BEM UNJ adalah Dana Pendidikan NADI

Mungkin ini dia salah satu manfaat yang paling terasa bagi mahasiswa. biasanya bem akan buka stand ketika mahasiswa baru mulai melakukan pendaftara ulang. BEM tidak hanya mengambil data mahasiswa baru tapi juga membantu bagaimana MARU memulai kehidupan kampusnya. BEM juga terlibat aktif membantu Mahasiswa yang kesulitas masalah akademik baik materi ataupun non materi. memang tidak semua mahasiswa akan memiliki urusan dengan tim advokasi BEM, namun kehadiranya cukup memberikan solusi bagi kamu yang kebingungan dan tidak punya teman.hehe 🙂

Masih ragu untuk ikut berpartisipasi dalam pemilu UNJ? minimal kamu harus ikut memilih siapa pemimpin BEM 1 tahun kedepan. Lebih hebat lagi kalo kamu ikut berpartisipasi mencalonkan diri, siapa tahu kamu adalah sedikit orang yang mampu menciptakan perubahan kearah yang lebih baik.

Komentar Kamu?