Home Alumni

4 Tips Mencari Lowongan Kerja

1088
BAGIKAN

Setelah lulus kuliah biasanya sebagian dari kita disibukan dengan rutinitas mencari pekerjaan. Tidak sedikit dari kita yang bingung memulainya dari mana. tidak terasa hari demi hari telah berlalu, setelah mencapai satu dua bulan orang-orang mulai khawatir menanyakan pekerjaan kita. saya mau berbagi beberapa tips yang mungkin berguna untuk sobat semua, berikut tipsnya:

Berdoa dan luruskan niat

berdoa

Sebelum berburu pekerjaan tentunya harus diawali dengan doa dan niat apa yang ingin kita capai. Dapatin Dunia? Akhirat? Kebahagiaan? Ketentraman? nyatanya kebahagiaan bukan cuma soal harta yang melimpah. Buya Hamka dengan apik menjabarkan permasalahan definisi kebahagian  dalam bukunya Tasawuf Modern.

Orang fakir mengatakan bahagia itu pada kekayaan. Orang sakit mengatakan bahagia pada kesehatan. Orang yang terjerumus ke lembah dosa mengatakan bahwa terhenti dari dosa itulah kebagiaan.

Seseorang pengajur rakyat berpendapat, bahwa kemerdekaan dan kecerdasan ummat bangsa yang dipimpinnya itulah bahagia.

Seorang Ulama dari kalangan generasi sahabat Ibnu Abbas ditanya oleh seorang tabi’in tentang kebahagiaan dunia. ia memberikan 7 kunci kebahagiaan di dunia,yaitu:

  1. Qalbun syakirun (hati yang selalu bersyukur)
  2. Al azwaju shalihah (pasangan hidup yang sholeh)
  3. Al auladun abrar (anak yang sholeh)
  4. Albiatu sholihah (lingkungan yang kondusif untuk iman kita)
  5. Al malul halal (harta yang halal)
  6. Tafakuh fi dien (semangat untuk memahami agama)
  7. Al-umrul mabruk (umur yang baroqah)

yup kunci-kunci diatas bisa menjadi rujukan kita dalam meluruskan niat mencari kerja. minimal apa yang kita kerjakan mampu membuat kita menjadi pribadi yang  bersyukur dan gemar mencari harta yang halal.

Daftarkan dirimu disitus lowongan kerja

Website

Di Era digital saat ini kita diberikan kemudahan dalam hal distribusi data. semuda data kita dengan mudahnya didistribusikan secara online, sehingga bermuncuan beberapa situs lowongan kerja. kamu cukup upload dan buat sebaik mungkin CV kamu. berikut beberapa situs lowongan kerja yang kami rekomendasikan:

  1. Jobstreet.co.id
  2. Jobsdb.com
  3. Karir.com
  4. Jobindo.com

Ada juga opsi untuk kamu yang mau mencoba menjadi freelancer seperti:

  1. sribulancer.com (indonesia)
  2. freelancer.com (internasional)
  3. ruangguru.com (privat pendidikan)

Manfaatkan Mesin Google

Optimasi Mesin Google

Mungkin bagi kita generasi Y mesin pencari google bukanlah hal asing, namun masih banyak yang belum mengoptimalkan mesin ini. ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu kamu menemukan lowongan pekerjaan di mesin pencari.

Salah satu tips paling penting adalah dengan mengatur alat penelusuran kamu mode waktunya menjadi sebulan terakhir. Sangat penting dilakukan karena lowongan kerja biasanya dibuka selama satu bulan saja. tips ini perlu dilakukan untuk memastikan kamu tidak mendapatkan lowongan yang kadaluarsa. ikuti langkah berikut:

  1. Masukkan kata yang mau kamu telusuri, misalkan “lowongan guru sejarah 2015.”
  2. klik tombol alat penelusuran
  3. ubah pengaturan “Sembarang waktu” menjadi “Sebulan terakhir.”

Tanya Keluarga, dan Teman yang sudah Berkerja

team-spirit-bisnis

Poin ini adalah yang paling mudah, dan bisa kamu gunakan untuk mengawali tips lainya. tanyakan kepada keluarga besar, kerabat, dan teman kamu yang sudah bekerja apakah ada lowongan pekerjaan yang mereka ketahui. Biasanya seseorang yang sudah bekerja mengetahui perihal pos-pos kosong di kantornya yang sedang membutuhkan karyawan.

Semoga tips kali ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca. jika sudah mendapatkan pekerjaan jangan lupa untuk belajar juga tentang perencaan keuangan agar gaji kamu bisa termanajemen dengan baik.

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Pendiri gerakan Kampung Sarjana, pemberdayaan pendidikan di daerah terpencil. Pegiat internet marketing.