Home Mahasiswa Belajar

5 Kebiasaan Kecil yang Membuat Ramadhanmu Makin Indah

720
BAGIKAN

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, setiap amalan kita akan dilipatgandakan ganjaranya. gak percaya? tanya ustadz deh ya, biar penjelasanya benar.hehe. Untuk berubah drastis dan mendadak jadi orang suci mungkin agak sulit ya. Apa lagi di luar bulan ramadhan kita-kita ini terbiasa berbuat buruk yang kecil-kecil tapi banyak, naudzubillahimindzalik.

Untuk Jadi orang baik itu gak harus langsung berbuat amalan yang besar kok. kamu bisa memulainya dari hal-hal kecil namun konsisten. Kita harus menghargai proses dengan sifat sabar dan tawakal.Bagaimana mau dihargai orang lain jika kamu gak pernah menghargai proses yang kamu jalani sendiri. Penulis mencoba berbagi beberapa kebaikan kecil yang bisa kamu mulai di ramadhan tahun ini, yuk simak apa saja sih:

Keliling Bangunin Sahur

Mungkin ini adalah budaya khas Indonesia, ada berbagai macam genre dalam bangunin orang sahur ada genre kentongan, ada Bedugan, ada juga yang modern. Apapun genrenya pada dasarnya ini budaya yang baik.

Budaya baik bukan berarti tanpa aturan, kamu juga harus menggunakan beberapa adab agar gak disiram kuah sayur sama warga.

Pertama, berdoa terlebih dahulu sebelum keliling. Berdoa agar diberikan kemudahan, berdoa semoga pada legowo dengerin suara kamu yang cempreng itu.hehe. Ya intinya berdoa dulu sob, terkadang ada beberapa orang tersinggung jika kamu terlalu berisik.

Kedua, bangunin di waktu yang tepat. Waktu adalah hal yang juga harus diperhatikan. jangan sampai kamu bangunin orang sahur ketika sudah banyak yang bangun. Bangunkan sahur di waktu orang-orang masih tidur dan tak jauh jaraknya dengan waktu imsyak.

Kira-kira rentan waktunya itu cukup untuk masak atau sekedar ngangetin makanan + makan sahur seluruh anggota keluarga. Waktu yang ideal adalah 1,5 – 2 jam sebelum imsyak.

Ketiga, ditutup dengan syukur. Perbanyak syukur perbuatan amalmu kali ini berjalan lancar dan tidak mendapakan teguran dari warga.

Kumpulkan Recehanmu Bagikan ke Kaum Dhuafa

Koin Recehan

Mungkin uang receh bagi kita gak terlalu berarti, bergeletak kemana-mana dibiarkan di dalam tas berbulan-bulan, bahkan jika uang receh jatuh terkadang kita malas dan membiarkan uang itu tercecer.

Tapi yang namanya sedikit itu kalau dikumulin pasti akan banyak juga kan.:) Untuk melakukan kebiasaan ini kamu membutuhkan Celengan atau apapun yang bisa dijadikan tempat penyimpanan.

Isi terus celenganmu sampai penuh, ketika sudah penuh donasi siap didistribusikan. Biasanya untuk celengan ukuran sedang ketika sudah penuh nilai uang yang terkumpul bisa Rp100-200ribu.

Lalu bagaimana? apa langsung disalurkan? boleh – boleh saja sih tapi alangkah baiknya uang tersebut kamu tukarkan dulu dengan pecahan uang besar, kamu bisa menukarkanya ke tukang parkir atau orang yang membutuhkan banyak recehan. Yuk buat ramadhanmu makin indah dengan berbagi.

Memberikan Senyum kepada Orang yang Membuatmu Kesal

Senyum marah sedih

Bulan ramadhan adalah tempat melatih hawa nafsu, salah satunya adalah menaklukkan amarah. Biasanya di bulan ramadhan gini makin banyak aja kejadian-kejadian yang memancing emosi kita untuk meledak. betul gak?

Seperti nasihat populer dari Rasulullah”Jangan Marah”. Selain itu marah juga gak baik sob, menurut Penelitian yang dilakukan oleh Iowa State University menyebutkan bahwa 25 persen orang yang mudah marah memiliki risiko kematian hampir dua kali lipat dibanding mereka yang mampu menahan amarah.

Allah SWT telah memberi pentujuk kepada kita melaui QuranNya dalam surat Fushilat: 35  “Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik……”. Balaslah dengan kebaikan sob, minimal dengan sebuah senyuman? dengan senyum kamu gak akan mendapatkan kerugian apapun kok.. Yuk buat ramadhanmu makin indah dengan senyuman.

Sediakan Kurma & Mineral Gelas Lebih untuk berbagi dengan orang lain

Kurma

Kebiasaan ini cocok untuk kamu yang terbiasa menggunakan transpotasi umum. Selama ramadhan akan ada banyak orang yang berada di dalam kendaraan transportasi ketika waktu berbuka tiba terutama di Kereta dan Bis. Pejalanan pulang apa lagi di jakarta yang sangat macet kerap kali membuat orang-orang kurang persiapan untuk berbuka di perjalanan.

Momen seperti ini adalah momen yang pas untuk kamu berbagi. Kamu bisa berbagi minimal kurma dan segelas air putih untuk orang-orang yang kurang persiapan. Lumayan loh pahala orang yang memberikan makan untuk berbuka seperti orang yang berpuasa. Yuk buat ramadhanmu makin indah dengan berbagi

Jadi Relawan di TPA dekat Rumahmu

Perempuan hebat

Rasulullah bersabda dalam sebuah hadist riwayat Bukhari “Orang yg paling baik di antara kalian adalah seorang yg belajar Al Qur`an & mengajarkannya.” Menjadi Relawan TPA di lingkungan rumahmu adalah kegiatan yang sangat positif. Selain itu kegiatan ini akan membangun ikatan silaturahmi kamu dengan warga setempat.

 

Semua kebiasaan diatas akan semakin indah jika kamu melakukanya dengan niat ikhlas sob. Tanpa keikhlasan bukan keindahan yang akan kamu temukan, namun kekesalan dan banyak kekecewaan. Yuk buat ramadhanmu makin indah.

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Pendiri gerakan Kampung Sarjana, pemberdayaan pendidikan di daerah terpencil. Pegiat internet marketing.