Home Mahasiswa Hiburan

5 Mata Uang Terlemah di Dunia

3244
BAGIKAN

Mata uang adalah bagian penting dalam perekonomian suatu negara.  Uang adalah alat pembayaran yang digunakan saat ini menggantikan emas, perak, dan metode barter. Setiap negara memiliki mata uang yang berbeda-beda.

Saat ini US Dolar $ menjadi kiblat tinggi rendahnya nilai mata uang suatu negara. Kuat lemahnya sebuah mata uang dibandingkan dengan besarnya nilai mata uang US Dollar.  Kali ini kita akan berbagi daftar negara dengan mata uang terlemah di dunia, berikut daftarnya:

1. Zimbabwe

Zimbabwe_Hyperinflation

Mata uang negara Zimbawe menggunakan Dolar Zimbawe. Kabar terakhir menyebutkan Bank Setral Zimbawe mengeluarkan uang pecahan sebesar 100 Triliyun Dolar Zimbawe. tampaknya untuk menjadi milioner di Zimbawe sangatlah mudah. uang triliunan Zimbawe cukup kamu bawa dalam sehelai kertas di dompet kamu.

Sebagai perbandingan, biaya transportasi bis saja kamu harus membayar 3 Triliyun Dolar Zimbawe yang jika disetarakan hanya 50 sen Dolar AS. Akibat keadaan ekonomi yang sangat buruk, akhirnya banyak orang Zimbawe yang memakai uang Dolar AS sejak tahun 2009.

2. Iran

rial iran

Iran negara Mayoritas Syiah ini ternyata memiliki mata uang yang termsuk lemah di dunia.Mata uang negara ini adalah Rial Iran(IRR). Nilai Tukar adalah 1 Dollar AS sebanding dengan 27.008 IRR. Pecahan terbesar dari IRR bernilai 100.000 sedangkan pecahan koin terbesar bernilai 5.000 IRR

3. Vietnam

Vietnam Dong

Vietnam juga termasuk ke dalam jajaran negara yang mempunyai mata uang terendah di dunia. Negara yang berhasil mengalahkan Amerika dalam peperangan ini memiliki mata uang Vietnam Dong (VND). Nilai 1 dolar AS sebanding dengan 21.275 VND. Bahkan, Bank Central Vietnam mengeluarkan uang kertas dengan nominal sebesar 500.000 VND.

4. Sao Tome

Dobra

Mungkin negara Sao Tome terdengar asing di telinga kita. Negara ini berada di benua Afrika. Bentuk geografis negara ini adalah negara kepulauan yang didalamnya terdapat pulau-pulau kecil serta gunung berapi. Sao Tome ini merupakan negara bekas jajahan Portugis. Negeri ini merupakan salah satu negara terkecil di Afrika dengan luas 1.001 km persegi.

Mata uang Sao Tome bernama Dobra (STD). Jika dibandingkan, 1 Dolar AS sama dengan 30.032 STD. Uang kertasnya memiliki nilai nominal tertinggi yakni 100.000 STD.

5. Rupiah

Rupiah melemah

Kita masuk keurutan ke-lima, harus kita ketahui di urutan ini adalah negara kita tercinta, yaitu Indonesia.  Mata uang Indonesia sendiri adalah Rupiah. 1 Dolar AS bernilai 14.000-13.000 Rupiah. Nilai Dolar AS terhadap Rupiah selalu naik turun, hal ini sangat dipengaruhi oleh situasi dalam negeri. Nominal terkecilnya bernilai 100 rupiah, sedangkan nominal terbesarnya adalah 100.000 Rupiah.

Korupsi yang menggurita, infrastuktur yang buruk, sitauasi dalam negeri yang tak kondusif, buruknya birokrasi yang ada di pemerintahan, dan banyakanya sumber daya alam yang justru dikuasai asing adalah beberapa hal yang membuat lemahnya mata uang Rupiah.

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Pendiri gerakan Kampung Sarjana, pemberdayaan pendidikan di daerah terpencil. Pegiat internet marketing.