Home Konten Pilihan

5 Profesi Online untuk Mahasiswa yang Ingin Mandiri

639
BAGIKAN

Perkembangan internet yang begitu pesat telah mengubah banyak kebiasaan manusia. Tidak hanya kebiasaan, internet juga menghadirkan banyak pekerjaan-pekerjaan baru yang sangat fleksibel dan tidak memelurkan lagi tempat dan waktu yang khusus.

Kemandirian adalah salah satu tantangan yang patut diperjuangkan oleh seorang mahasiswa. Dalam Islam seseorang sudah harus sudah mulai berusaha mandiri yaitu ketika ia baligh atau mulai umur 15-17 tahun. Bahkan mayoritas ulama berpendapat bahwa kewajiban nafkah seorang ayah hanya sampai usia baligh untuk anak laki-laki dan sampai nikah untuk anak perempuan. Jadi untuk kamu para laki-laki berusahalah untuk mencoba mandiri ketika jadi mahasiswa.

Kali ini Penulis mengumpulkan beberapa profesi yang bisa kamu lakukan dengan cara online. Kenapa online? Karena freelance melalui online memiliki fleksibel waktu & tempat. Ditambah era kamu sekarang ini sudah banyak banget pekerjaan/profesi yang bisa kamu lakukan melalui internet.

Blogger / Publisher / Content Creator

Menjadi blogger/publisher / content creator adalah salah satu profesi yang menarik. Kenapa profesi ini saya taruh di pertama? karena profesi ini memiliki berbagai macam cara untuk memonetasinya/menguangkannya.

Penulis mulai ngeblog melalui penaaksi.com sejak awal semester kuliah. sampai sekarangpun penulis masih terus belajar untuk terus mengembangkan kemampuan ngeblog. Sudah berbagai macam cara monetasi yang penulis lakukan dan lumayan menghasilkan. Ada sekitar xx cara memonetasi blog kamu untuk bisa menghasilkan uang.

Pertama, Review Produk atau Merek. Jika blog kamu sudah mulai banyak yang membaca biasanya job ini akan mulai berdatangan. Penulis sendiri sudah mulai rutin mendapatkan job seperti ini mulai dari review produk, jasa, hingga personal branding (biasanya musim kampanye tiba). Berapa bayarannya? beragam, tergantung panjang-pendek tulisan, berapa banyak pembaca blog kamu, dan seberapa kreatif kamu mengemas konten.

Kedua, Menjadi Publisher Iklan. Pernah dengar google adsense  ? yup itu adalah salah satu contoh mitra yang bisa memonetasi blog kami mempublikasikan iklan, dan tentunya akan mendapatkan pembayaran.

Masih banyak lagi mitra selain google adsense yang bisa kamu coba seperti infolinks, adnow, freakout, dll. Cara kedua ini cukup mudah dan kamu tinggal fokus membuat konten yang kamu suka. Karena mesin iklan dari mitra akan bekerja menampilkan iklan yang sesuai dengan konten kamu.

Selain kedua cara diatas, blog/website juga bisa kita jadikan wadah untuk mempromosikan berbagai macam jasa atau produk yang kita jual secara online. Beberapa poin profesi online berikutnya bisa juga kamu promosikan dengan cara ngeblog. Inilah mengapa menjadi blogger adalah pilihan pertama yang bisa kamu lakukan. Blogger juga cukup fleksibel karena kamu bisa menuliskan apapun sesuai bidang kuliahmu, atau sekedar menulis pengalaman sehari-hari.

O iya sejauh ini ada beberapa macam tema blogger yang berkembang seperti food blogger, travel blogger, tech blogger, fashion blogger, dll.

Desainer Grafis

Era Online/digital menjadikan profesi sebagai desainer grafis cukup menjanjikan. Saya sempat membahas cukup panjang lebar soal situs freelance crowdsourcing yang kini banyak menjamur. Pekerja freelance yang banyak dicari pada situs freelance tersebut didominasi seputar desain grafis.

Ada beberapa situs yang khusus menyediakan lowongan freelance untuk desain grafis saja seperti Devianart dan 99designs. Untuk Lokal ada situs seperti sribu.com. Situs-situs ini memberikan tawaran kerja freelance yang sangat banyak untuk kamu yang ingin memulai profesi online sebagai desainer grafis.

Reseller/ Dropshiper

Profesi ini sangat cocok untuk kamu yang punya jiwa berdagang tapi memiliki minim modal. Yang kamu butuhkan untuk memulai profesi ini adalah akses internet, media sosial, dan website (opsional).

Ada beberapa catatan saya untuk kamu yang mau memulai menjadi seorang reseller/dropshiper. Untuk kamu yang belum paham apa itu droshiper silahkan memulanya dengan membaca artikel panduan dropship.

  • Jika baru memulai jadilah reseller/dropshiper barang yang digunakan oleh teman-temanmu agar lebih mudah menjualnya melalui akun sosial mediamu.
  • Belajar tentang copywriting marketing. Bagaimana menjual dengan kata-kata.
  • Lakukan analisa terlebih dahulu sebelum mendaftarkan diri menjadi reseller/dropshiper, pastikan suplier tempatmu mengambil barang professional, memberikan respon yang cepat, dan selalu memperbaruhi stoknya.
  • Belajar sedikit tentang desain grafis. Gak harus menggunakan photoshop,coreldraw, ataupun AI. Kamu cukup menggunakan Powerpoint untuk membuat desain barang daganganmu dan save as menjadi JPG/PNG. Bisa dimulai dengan ATM (amati tiru modifikasi) ke poster yang menurut kamu keren.
  • Cari suplier yang memberikan kamu dukungan tools marketing (poster, softcopy leaflet, foto produk,dll) jadi tidak perlu ribet membuat desain poster, dll.
  • Belajar Fotografi Produk. Sajikan foto terbaik dari produk kamu agar orang semakin yakin untuk membeli produk yang kamu jual.
  • Jika kamu seorang dropshiper wajib membeli produknya terlebih dahulu agar mengetahui spesifikasi detail produk yang akn kamu lakukan dropship.

Affiliate Marketing

Marketing Afilisasi mungkin cukup asing di telinga masyarakat umum. Tapi bagi orang – orang yang berkelut di Digital Marketing  profesi online menjadi  affiliate marketing adalah salah satu sumber pemasukan yang cukup dominan.

Simpelnya Affiliate Marketing adalah kita berprofesi menjadi seorang sales / tim marketing sebuah produk dengan dimodali sebuah link / Banner Ad website yang sudah ditanmkan Link. Link? yup. Kalau biasanya seorang sales di modalin brosur atau tools marketing sejenisnya, seorang affiliate marketing di modali sebuah link khusus yang sudah di pasang kode pelacak untuk mengetahui seberapa banyak orang yang masuk melalui link affiliate kita.

Komisi

Ada berbagai macam skema komisi yang bisa kita dapatkan ketika menggeluti dunia afiliasi ini. Saya akan membahas beberapa skema yang paling sering digunakan.

CPC adalah singkatan dari Cost Per Click. Setiap ada 1 orang yang menklik link kamu, kamu akan mendapatkan komisi senilai yang telah ditentukan oleh pihak pemilik produk. Nilainya berapa? biasanya nilai ditentukan langsung oleh pihak pembuat produk.

CPA adalah Cost Per Action. Action ini bisa bermacam-macam seperti terjualnya barang, medaftar email, ikutan survey, dll. Intinya seseorang masuk ke sebuah web afiliasi melalui link afiliasimu kemudian ia melakukan sebuah aksi.

saya akan berikan contoh, misalkan kamu menjadi seorang afiliator di program accestrade. Dalam program ini skemanya adalah CTA yaitu menjadi member accestrade. kemudian kamu menyebarkan link yang telah disediakan oleh pihak accestrade . Setelah itu seseorang menklik link yang kamu sebarkan dan ia mendaftar menjadi member accestrade Maka otomatis orang yang mendaftar melalui link kamu terhitung sebagai hak komisi yang akan kamu dapatkan.

Penyedia Program Affiliate Marketing

Ada banyak perusahaan atau startup yang membuka program affiliate marketing. Affiliate marketing e commerce ada Lazada, Blibli,Berybenka Ada juga marketplace produk digital seperti Ratakan dan Idaff atau bisa juga ke accestrade yang menyediakan banyak produk dan merek.

Tutor Online

Salah satu dampak kemajuan teknologi internet adalah hadirnya perangkat – perangkat komunikasi seperti Whatsapp, Telegram, Line, Youtube, Facebook, Skype, dll. Kamu sekarang dapat mengirim gambar dengan mudah, melakukan video call, video conference, ngirim rekaman audio, mengirim dokumen, dan masih banyak hal lagi yang bisa kamu lakukan.

Semua kemajuan ini sangat mendukung kamu untuk melakukan profesi online sebagai seorang tutor. Ngajar private gak harus selalu datang ke rumah murid private, kamu bisa mengajarkanya melalui media social atau social chat.

Itulah 5 profesi online yang bisa kamu coba untuk memulai mencari uang tambahan. Meskipun di Indonesia masih banyak orang ragu untuk berprofesi di dunia online, nggak ada salahnya untuk kamu mencoba. Faktanya banyak orang – orang yang cukup berhasil menjalani profesi online dan menjadikanya sumber penghasilan utama.

 

Komentar Kamu?