Home Mahasiswa Belajar

5 Program Studi Saintek yang Paling Diminati di UNJ

6368
BAGIKAN

Sudah kepoin postingan yang satu ini “Daya Tampung dan Peminat SBMPTN Universitas Negeri Jakarta 2016”? Jika belum, check deh! Program Studi mana saja sih yang paling diminati di Univeristas Negeri Jakarta? Untuk kamu yang akan mendaftar SBMPTN sangat perlu mengetahui seluk beluk program studi yang telah kamu incar, nih!

Pada kesempatan kali ini, tim unjkita.com telah merangkum lima program studi saintek yang paling diminati di UNJ berdasarkan data yang telah diterbitkan sbmptn.ac.id tentang daya tampung, peminat setiap prodi pada tahun 2015, dan persentase peluang masuknya. Selain itu, ada juga lho testimoni dari mahasiswa UNJ tentang prodinya masing-masing. Penasaran?

Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

Prodi (Program Studi) Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer telah mendapatkan SK Penyelenggaraan Program Studi: 1279/D/T/2009 sejak 31 Juli 2009 lho! Ternyata prodi yang satu ini memiliki peminat berjumlah 1.734 orang pada tahun 2015. Namun, daya tampung prodi Pendidikan TIK hanyalah 12 orang saja, sehingga persentase peluang masuknya adalah 0,69%.

Sistem kuliah di prodi Pendidikan TIK ini sudah dipaketkan 21 SKS setiap semesternya, namun beban maksimal yang dapat diambil mahasiswa setiap semesternya hanyalah 24 SKS saja. Nah, nanti di semester 5 akan ada peminatan, diantaranya peminatan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan), dan MM (Multimedia). Setelah itu juga akan ada PKL (Praktik Kerja Lapangan) dan PKM (Praktik Kegiatan Mengajar). Jadi, total SKS yang harus dituntaskan oleh mahasiswa prodi ini adalah 144 SKS.

Sedangkan untuk peluang kerjanya, cukup beragam sekali mulai dari professional IT sampai menjadi guru TIK. Karena, kompetensi khusus lulusan prodi Pendidikan TIK adalah pengembangan inovasi aplikasi teknologi informasi pada bidang pendidikan.

“Manisnya bisa ngoding bikin aplikasi-aplikasi sederhana sampai rumit. Which is feeling cool! Pahitnya, emm… dosennya sedikit dan sibuk-sibuk nih, jadi gak jarang dosennya gak datang perkuliahan diganti kuliah mandiri atau ganti jam kuliah. Namanya juga mahasiswa, memang sejatinya belajarnya mesti mandiri,” cerita Nadya (Pendidikan TIK, Angkatan 2011) tentang manis pahitnya berkualiah di prodi yang paling diminati di UNJ.

“Mata kuliah paling favorite di prodi ini ternyata beragam lho! Tapi kebanyakan mahasiswa prodi TIK suka sekali dengan mata kuliah basis data, karena seru sekali ngoding di commad promt,” ungkap Nadya.

Tuh kan, makin gak sabar jadi mahasiswa prodi Pendidikan TIK deh!

Sistem Komputer

Kamu tahu, ternyata mahasiswa angkatan pertama prodi Sistem Komputer adalah angkatan 2013 lho! Prodi ini masuk ke dalam Jurusan Matematika Fakultas MIPA. Yaps, prodi ini masih baru sekali, namun peminatnya mencapai 1.254 orang pada tahun 2015. Daya tampung prodi Sistem Komputer hanyalah 12 orang, maka persentase peluang masuknya hanyalah 0,96%.

Sama seperti prodi Pendidikan TIK, sistem kuliah di prodi Sistem Komputer beban maksimal yang dapat diambil mahasiswa setiap semesternya hanyalah 24 SKS saja. Lulus S1 dari prodi ini haruslah menuntaskan 144 SKS dengan minimal 8 SKS mata kuliah pilihan.

Peluang kerja lulusan prodi Sistem Komputer diantaranya bidang system analyst, programmer, web developer, business development, big data engineer, bisa juga kerja di Bank, dan masih banyak lainnya.

“Mengkin pahitnya itu di awal, namun akan berbuah manis di akhir perjuangan. Misalnya teman-teman saling mengingatkan dan mendiskusikan materi mata kuliah maupun tugas yang harus diseleksaikan. Beberapa mata kuliah yang agak berat, namun dapat dijalani dengan senyuman karena teman-teman seperjuangan yang saling menguatkan,” jelas Putri (Sistem Komputer, Angkatan 2013) tentang pahit dan manisnya kuliah di prodi Sistem Komputer.

“Mata kuliah favorite diantaranya ada Basis Data, Pengolahan Citra, Crytography and Information Security, dan masih banyak lainnya,” ungkap Putri.

Pendidikan Matematika

Prodi Pendidikan Matematika telah terakreditasi dengan nilai A berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI No. 002/BAN-PT/AK-X/S1/V/2006, pada tanggal 11 Mei 2006. Wow keren yah! Ternyata prodi yang satu ini memiliki peminat berjumlah 933 orang pada tahun 2015. Namun, daya tampung prodi Pendidikan Matematika hanyalah 12 orang saja, sehingga persentase peluang masuknya adalah 1,21%.

Sama seperti dua prodi sebelumnya, sistem kuliah di prodi Pendidikan Matematika ini sudah dipaketkan 21 SKS setiap semesternya, namun beban maksimal yang dapat diambil mahasiswa setiap semesternya hanyalah 24 SKS saja. Prodi Matematika ternyata ada dua, yang reguler dan non reguler. Kalau yang non reguler, bahasa pengantar kuliah adalah Bahasa Inggris. Total SKS yang harus dituntaskan oleh mahasiswa prodi ini adalah 144-153 SKS.

Kompetensi utama lulusan prodi Pendidikan Matematika diharapkan mimiliki kemampuan pedagogik yang mampu mengelola kelas yang efektif dalam pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah. Peluang kerjanya menjadi guru/ pengajar di sekolah ataupun bimbel. Tetapi, bisa juga ke bagian matematika yang murni, seperti menjadi data analyst di sebuah perusahaan, dan sebagainya.

“Dosennya beberapa masih banyak yang kuliahnya simple banget, seperti presentasi dan ada sesi tanya jawab ke sesama mahasiswa. Jadi ya gitu, kita belajar yaa dari kita untuk kita. Terus ada juga dosen yang kece badai deh pokoknya! Kemampuannya hebat dan mampu bersahabat dengan mahasiswa,” cerita Sultan (Pendidikan Matematika, Angkatan 2011) tentang manis pahitnya kuliah di prodi yang paling diminati nomor tiga di UNJ.

“Mata kuliah paling favorite di prodi ini kewirausahaan. Soalnya bisa dagang dan menghasilkan uang. Selebihnya selera masing-masing mahasiswa,” ungkap Sultan.

Ada yang semakin tertantang ngincer prodi Pendidikan Matematika?

Pendidikan Biologi

ProdiPendidikan Biologi berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI No. 024/BAN-PT/AK/S1/X/2008, pada tanggal 10 Oktober 2008. Peminat prodi Pendidikan Biologi sebanyak 893 orang pada tahun 2015. Daya tampung prodi ini hanyalah 24 orang dengan persentase peluang masuk sebesar 2,69%.

Tujuan utama prodi Pendidikan Biologi adalah mencetak guru-guru biologi yang professional dan berkarakter. Jadi, mata kuliah di prodi ini terbagi lagi ada mata kuliah keilmuan (biologi) dan materi pendidikan. Proses pembelajarannya dapat berupa tetap muka di kelas, tugas mandiri dan kelompok, praktikum di laboratorium atau di alam (kuliah lapangan) hingga praktik mengajar langsung di sekolah-sekolah.

Tentang peluang pekerjaaan lulusan prodi ini adalah sebagai tenaga pengajar/ guru biologi, dosen, dan peneliti. Tak jarang juga lulusan yang berpeluang kerja di berbagai bidang seperti pertanian, kehutanan, kesehatan, peternakan, dan lingkungan hidup.

“Manisnya dosen-dosennya keren, professional, banyak banget teman, belajaranya seru karena sering banget kuliah lapangan jadi bisa jalan-jalan. Kuliah di laboratorium juga seru. Pahitnya, jarang banget punya waktu libur karena tugasnya lumayan banyak!” cerita Esihana (Pendidikan Biologi, Angkatan 2010).

Pendidikan Teknik Mesin

Prodi Pendidikan Teknik Mesin telah mendapatkan SK Pendirian Program Studi (136/DIKTI/KEP/2007) sejak 21 September 2007. Prodi Pendidikan Teknik Mesin memeliki beberapa konsentrasi, diantaranya Produksi Pemesinan, Mesin Perancangan, Otomotif, Material, dan Keselamatan dan Proteksi Kebakaran. Peminat yang ingin menjadi mahasiswa prodi ini adalah 822 orang. Namun, daya tampung prodi Pendidikan Teknik Mesin hanyalah 36 orang dengan persentase peluang masuk sebesar 4,38%.

Sistem kuliah di prodi Pendidikan Teknik Mesin ternyata memperhitungkan kehadiran mahasiswa di dalam kelas lho! Persentase kehadiran mahasiswa 80% dengan boleh alpha tiga kali selama menjalani perkuliahan, nah kalau lebih dari tiga kali tidak diperbolehkan mengikuti UTS dan UAS deh! Serunya, sebelum praktikum, mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Mesin harus mengambil mata kuliah teori sebelum melakukan mata kuliah praktikum di semester berikutnya. Intinya gak bisa ngambil praktik, kalau belum mengambil mata kuliah teori.

Sama seperti prodi lainnya, sistem kuliah di prodi Pendidikan Teknik Mesin beban maksimal yang dapat diambil mahasiswa setiap semesternya hanyalah 24 SKS saja. Lulus S1 dari prodi ini haruslah menuntaskan 144 SKS dengan 6 SKS mata kuliah pilihan.

Tentang peluang pekerjaan lulusan prodi ini, ternyata banyak lho yang diterima di industri dan perusahaan-perusahaan besar, seperti Astra, United Tractor, Toyota, dan lain-lain, walaupun dasarnya adalah pendidikan. Keren banget yah!

Mata kuliah paling favorite mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin adalah Gambar Mesin. “Kenapa mata kuliah gambar mesin yang paling jadi favorite, karena banyak mahasiswa prodi pendidikan teknik mesin yang sudah merasa ½ sarjana kalau sudah berhasil melewati mata kuliah itu,” ungkap Esa (Pendidikan Teknik Mesin, Angkatan 2011).

“Pahitnya sih lebih ke nilai. Soalnya untuk mendapatkan nilai A itu gak mudah, bahkan ada yang sudah bersyukur banget bisa mengantongi nilai C. Kalau manisnya, sistem kuliah di prodi kita sudah sistematis dari UTS/UAS yang memang sudah terjadwal dan jangan berharap bisa mencontek ya saat ujian, karena CCTV di ruang kelas kita sudah tersebar di setiap sudut ruangan. Selain itu, asiknya kuliah di prodi pendidikan teknik mesin, kita belajar dan merencana suatu benda, lalu kita analisis, baru jika oke kita buat setalah dibuat baru diberikan ke masyarakat,” jelas Esa.

 

Itulah lima program studi saintek yang paling diminati di UNJ. Ada yang semakin tertantang untuk menjadi bagian dari mahasiswa UNJ? Saatnya dari sekarang perbanyak belajar dan berdoa, agar Tuhan memberikan program studi yang terbaik untuk kamu.

 

Baca Juga : 5 Program Studi Soshum Yang Paling Diminati di UNJ

Komentar Kamu?