Home Agenda

6 Hal Menarik Yang Bisa Kamu Temukan Saat Ramadhan di UNJ

826
BAGIKAN

unjkita.com – Dunia kampus memang sangat menarik untuk diamati secara mendalam. Hal-hal menarik yang tidak terduga bisa saja terjadi pada kondisi-kondisi tertentu. Begitu banyak agenda kebaikan yang dilaksanakan setiap harinya. Begitu juga tak terkecuali saat bulan Ramadhan. Bahkan tak jarang, hal-hal menarik saat bulan Ramadhan ini lah yang ditunggu-tunggu oleh segenap mahasiswa. Berikut beberapa hal menarik yang bisa kamu temui di Universitas Negeri Jakarta versi UNJKita.

1. Ta’jil Gratis Setiap Maghrib

Ini dia yang sangat dinantikan selama bulan Ramadhan. Ta’jil Gratis. Saat bulan ramadhan, nikmatnya berbagi semakin berkali-kali lipat rasanya. Ta’jil gratis setiap maghrib ini diadakan di MNI. Menu yang disajikan pun seringkali menambah nikmatnya berbuka. Es buah, kurma, atau menu ta’jil lainnya sudah tersaji dengan rapi beberapa menit menjelang adzan maghrib. Jadi, tak ada salahnya untuk mencicipi menu ta’jil di MNI. Sambil menikmati menunya, sambil kita berdo’a untuk orang-orang yang sudah berbaik hati menyedekahkan rezekinya.

2. Buka Puasa Bareng Kurang Lebih 100 Orang di MNI (Mahasiswa dan Dosen)

Terlebih bagi mahasiswa yang kost biasanya rindu berbuka puasa bersama keluarganya di kampung. Saat-saat inilah yang ditunggu-tunggu agar moment berbuka tidak lagi menjenuhkan. Terdapat hampir 100 orang yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan karyawan berbuka puasa bersama di Masjid Nurul Irfan (MNI). Dapat dibayangkan kan betapa ramainya? Memang pantas jika moment ini sangat dinantikan. Selain mendapat teman berbuka puasa, hal ini juga dapat mengeratkan tali silaturahim antar keluarga UNJ lho.

3. Ngaji Bareng Birokrat Fakultas Menjelang Shalat Dzuhur

Pertemuan antara dosen dan mahasiswa biasanya terjadi ketika tatap muka di saat perkuliahan. Namun, berbeda saat bulan Ramadhan, mahasiswa dan dosen bisa berkumpul bersama dalam masjid untuk ngaji bareng setiap menjelang shalat dzuhur. Setiap fakultas diagendakan sebanyak dua kali melaksanakan tadarus bersama di MNI. Eits, bukan hanya bisa berkumpul dan duduk bersama tapi juga lantunan ayat suci Al-Qur’an pun menyatu dalam indahnya ukhuwah. So sweet kan?

kajian zuhur ramadhan

4. Kajian Ba’da Dzuhur di MNI

Hari selasa dan jum’at adalah dua hari yang wajib dicatat setiap pekan. Karena kajian dengan tema-tema seru sudah menjadi minuman lezat yang dinatika oleh segenap mahasiswa atau pun warga UNJ lainnya untuk duduk meneguk ilmu. Kajian asik juga ada di hari lainnya yang diadakan oleh LDF tiap fakultas.

kajian islam unj

Namun yang sangat spesial adalah kajian ketika bulan Ramadhan tiba. Terdapat kajian hampir setiap hari setelah shalat dzuhur di Masjid Nurul Irfan. Pembicaranya juga dosen UNJ sendiri lho. Jadi, kalau sekitar jam 12-an bingung karena belum ada agenda, jangan segan untuk hadir kajiannya ya. Selain menambah berkah puasa kita, sudah pasti ilmu akhirat juga insya Allah akan kita dapatkan.

5. Pawai Tarhib Ramadhan

Jangan heran ya kalau ketika kamu sedang jalan di sekitara kampus, tiba-tiba melihat ada mba-mba dan mas-mas yang memakai pakaian muslim sambil membawa sound system, banner, dan perlengkapan lainnya sambil menyanyi “Marhaban yaa Ramadhan, marhaban yaa Ramadhan” ala Opick. Itu artinya sedang ada pawai tahrib Ramadhan.

Kegiatan ini rutin diadakan tiap awal Ramadhan lho. Selain untuk menyemarakan hadirnya Ramadhan dengan berkeliling di sekitar kampus A UNJ, ini juga jadi momen spesial sebagi bentuk kasih sayang terhadap sesama yakni mengingatkan mahasiswa UNJ yang melihat pawai tersebut tentang apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi bulan Ramadhan yang penuh berkah dan bagaimana seharusnya selama kita berpuasa di bulan Ramadhan.

tarhib ramadhan unj

6. Lomba-lomba Edisi Ramadhan

Selain kegiatan yang menambah keimanan kita, di UNJ juga biasanya ada lomba-lomba seru yang sangat disayangkan apabila dilewatkan. Mulai dari lomba kemuslimahan seperti lomba memasak, lomba membuat kreasi kain flanel sampai dengan lomba-lomba untuk mahasiswa UNJ secara umum seperti lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), lomba Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), lomba menulis cerpen edisi Ramadhan dan masih banyak lagi.

Ohya, lomba-lomba seperti ini insya Allah pasti mudah untuk kamu temukan dan ikuti karena biasanya di setiap fakultas sudah diagendakan program kerja tersebut. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk mendaftarkan dirimu untuk ikut lomba-lomba tersebut ya. Kapan lagi bisa berprestasi di bulan suci Ramadhan?

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Ruang Publik Kepada Seluruh Civitas Akademika UNJ untuk menyampaikan kritik, & Saran. Yuk Kirimkan Buah Pikiranmu