Home Konten Pilihan

7 Pekerjaan Paruh Waktu yang Cocok Untuk Mahasiswa UNJ

2471
BAGIKAN

Menjadi Mahasiswa UNJ tentu tugas utamanya adalah menuntut ilmu. Persoalan keuangan biasanya masih d tanggung orang tua atau mengandalkan beasiswa, namun tidak sedikit juga mahasiswa yang sudah mandiri walaupun masih berstatus mahasiswa.

Nah, penulis mengumpulkan beberapa pekerjaan paruh waktu yang mungkin cocok dengan kamu untuk mulai mandiri. Selain untuk nambah-nambah uang jajan, bekerja paruh waktu juga akan memberimu tambahan pengelaman hidup yang mungkin tidak akan kamu dapatkan di ruang-ruang kelas. Berikut tujuh pekerjaan paruh waktu yang cocok untuk mahasiswa UNJ.

Penulis Lepas

coffee-cup-desk-pen

Buat kamu yang suka dan ingin mengembangkan kemampuan menulis pekerjaan ini sangat cocok untuk dipilih. Kemajuan era media blog, majalah, dan koran digital membuat kesempatan menjadi penulis lepas semakin lebar.

Ketika era kejayaan media cetak mungkin kamu harus bersaing dengan banyak penulis lepas, bahkan tokoh-tokoh publik mendominasi kolom opini dikoran-koran cetak. Menjamurnya media online di era digital, membuat ruang untuk penulis lepas semakin luas. Kamu bisa mencari lowongan penulis lepas melalui situs sribulancer.com.

Guru Private/Bimbel

Lowongan Guru

Pekerjaan berikutnya ialah guru private, kalo ini pekerjaan yang UNJ banget. Biasanya lowongan guru private itu banjir di mata pelajan IPA dan IPS, dengan kata lain mata pelajaran yang di UN kan atau dijadikan acuan untuk kita masuk ke perguruan tinggi. Namun gak menutup kemungkinan ada juga guru private macam guru musik, berenang, dll.

Menjadi guru private bukan berarti kamu harus terjebak dalam tujuan-tujuan praktis seperti dapat nilai tinggi, masuk perguruan tinggi, dst. Kamu juga harus menyelipkan tujuan sesungguhnya dari kita menuntut ilmu. Kalo menurut Imam Al Ghazali di Kitab Ihya Ulumuddin, Hasil dari ilmu sesungguhnya ialah mendekatkan diri kepada Allah, Tuhan semesta alam.

O iya untuk mendapatkan pekerjaan ini kamu bisa bergabung dengan bimbel, biro private, atau bisa juga ke ruanguru.com (baca juga: 7 Situs Freelance Untuk Mendapatkan Tambahan Uang Jajan )

Jasa Desain

Mahasiswa Mengerjakan Skripsi

Buat Kamu yang mempunyai kemampuan desain, era digital juga membuat pekerjaan ini semakin banyak peluang. Selain itu terbangunya iklim wirausaha dan pendirian start up juga menjadi faktor semakin berkembangnya industri jasa desain.

Produk desain banyak sekali bentuknya mulai dari logo, kartu nama, website, poster acara, dan masih banyak lagi. Kamu juga diuntungkan dengan hadirnya banyak situs kerja paruh waktu untuk para desainer seperti 99designs, sribu.com, dan masih banyak lagi. Jadi walaupun kamu gak punya kemampuan untuk marketing dan seterusnya manfaatkan saja market-market yang sudah diciptakan oleh beberapa situs diatas.

Reporter Berita

jurnalis reporter

Reporter Berita kurang lebih peluangnya sama dengan penulis lepas, bedanya kamu terjun kelapangan untuk mengumpulkan informasi dan melakukan investigasi.

Penerjemah Bahasa

Berikutnya adalah ladang basah untuk anak-anak jurusan bahasa. Apa aja sih yang diterjemah? macam-macam, mulai dari artikel, dokumen, website atau bisa juga video-video bahasa asing yang bertebaran di youtube. Biasanya pembayaran akan dilakukan per halaman, atau jumlah yang kamu terjemahkan.

Guru Honorer

Pekerjaan ini paling cocok untuk kamu yang jam kuliahnya sudah sedikit, atau hanya mengerjakan skripsi. Banyak sekolah-sekolah swasta yang membutuhkan tenaga-tenaga honorer dan kamu diwajibkan datang di waktu jam mengajar saja, mau datang setiap hari? silahkan aja. 🙂

Admin Sosial Media / Website

sosial media

Ini dia pekerjaan yang baru muncul ketika dimensi digital dibuka oleh Allah SWT, jadi admin sosmed atau website. Kerjaanya cukup simpel, kamu harus membuat konten, membalas komentar, dan beberapa kerjaan rutinitas.

Yang pasti untuk melakukan pekerjaan ini kamu harus tersambung dengan jaringan internet, honor menjadi admin nilainya bervariasi mulai Rp500k sampai jutaan rupiah, tergantung banyaknya pekerjaan yang kamu lakukan.

 

Bekerja paruh waktu bukan berarti kamu harus membuat berantakan akademik kamu. Bagaimanapun juga kamu harus menyelesaikan perkuliahan di kampus, karena tidak sedikit mahasiswa yang bekerja dan sudah kenal duit akhirnya lupa ngerjain skripsi. Jangan lupa kalo udah dapat honor pertama wajib bersyukur dan sedekah, minimal traktir orang tua deh. selamat mencoba guys.

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Pendiri gerakan Kampung Sarjana, pemberdayaan pendidikan di daerah terpencil. Pegiat internet marketing.