Home Mahasiswa Belajar

7 Tips Persiapan Menghadapi Ujian

617
BAGIKAN

Tak ada yang lebih menyakinkan selain telah melakukan persiapan dengan sangat baik.

Hi sobat UNJKita.com! Persiapan yang sangat baik sebelum mengahadapi ujian adalah salah satu langkah awal yang sangat penting untuk membuktikan kemampuan sobat semua. Ujian merupakan salah satu bentuk hasil aktualisasi diri dari persiapan yang telah kamu lakukan.

Pasti kamu gak mau kan gagal mengerjakan ujian hanya karena tidak melakukan persiapan yang baik?

Nah, tim UNJKita.com telah berhasil merangkum tips-tips persiapan untuk menghadapi ujian. Yuk disimak dan semoga bermanfaat ya!

1. Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman Ala Kamu

Tentu persiapan yang paling utama sebelum menghadapi ujian adalah belajar. Dalam melakukan persiapan ini, kamu harus menciptakan suasana yang nyaman dan tenang untuk belajar, agar tidak mengganggu konsentrasimu. Jangan sampai aktivitas belajar kamu mengganggu dan terganggu oleh pihak lain. Hal ini mengingat bahwa masing-masing diri kita memiliki gaya belajar sendiri-sendiri, nah kamu harus menyesuaikan dengan diri kamu sendiri ya! Misalnya, kamu bisa belajar di luar ruangan dengan suasana yang fresh dan tenang atau kamu bisa juga belajar sambil mendengarkan alunan musik yang sesuai dengan mood kamu sendiri.

2. Pilih Waktu Belajar yang Tepat dan Terencana

Tentu tidak semua orang mempunyai waktu belajar yang sama. Pilihlah waktu belajar yang tepat disesuaikan dengan ketersediaan waktu yang kamu miliki. Waktu belajar yang paling pas adalah pada saat tubuh kita masih segar. Biasanya saat pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh.

Selain memilih waktu belajar yang tepat, kamu juga harus merencanakan waktu belajar yang terstruktur. Waktu belajar yang sudah terencana dengan baik, harus dilakukan dengan konsisten lho ya! Misalnya, setelah belajar materi yang pertama, lanjut ke materi yang kedua. Selang istirahat dan makan, lanjut lagi materi yang ketiga.

Persiapkan dengan matang dari jauh hari sebelum waktu ujian akan lebih efektif daripada harus belajar sehari sebelumnya atau yang sering dikenal dengan SKS (Sistem Kebut Semalam). Fokuslah terlebih dahulu pada materi yang kurang dikuasai. Buatlah rencana waktu belajar yang realistis ya!

3. Belajar untuk Memahami Materi yang Diujikan

Untuk memahami materi yang akan diujikan, kamu harus rajin membaca materi-materi baru ataupun materi-materi yang sudah dipelajari. Buatlah target minimal membaca materi baru dua kali dalam sehari serta mengulang materi yang sudah dipelajari minimal satu kali dalam sehari. Adanya taerget untuk mengulang materi akan membuatmu lebih memahami terhadap materi yang akan diujikan.

Tips agar kamu mudah memahami materi yang akan diujikan adalah dengan menuliskan intisari atau kesimpulan dari setiap materi yang telah dibaca ulang. Temukan kata-kata kunci dalam materi tersebut. Kata-kata kunci akan berguna saat kita mengulang materi sebelum menghadapi ujian. Selain menemukan kata-kata kunci, kamu juga bisa membuat peta konsep, karena dengan adanya peta konsep akan menambah daya ingatmu terhadap materi yang sedang dipelajari.

4. Persiapkan Diri dengan Banyak Berlatih Mengerjakan Soal-soal

Salah satu persiapan paling efektif sebelum menghadapi ujian adalah menguasai berbagai tipe-tipe soal yang akan diujikan. Tentu sebelum mengerjakan berbagai tipe-tipe soal, kamu harus sudah mampu menguasai materi-materi yang akan diujikan ya!

Jika sudah menguasai materi dengan baik, kamu bisa melatih dirimu sendiri dengan memahami berbagai tipe soal. Kamu bisa membeli buku-buku prediksi soal-soal yang akan diujikan. Kerjakanlah soal-soal mengacu pada target yang telah kamu buat. Misalnya, dalam satu hari, kamu harus sudah mampu menguasai 10 tipe soal yang berbeda pada materi yang salam. Semoga sangat membantu!

5. Menjaga Kesehatan dan Harus Sarapan pagi

Terkadang banyak diantara kita yang melupakan waktu untuk beristirahat. Padahal, salah satu persiapan yang baik sebelum menghadapi ujian adalah istirahat, mengistirahatkan otak dan tubuh kita. Belajar yang diforsir dan terlalu memaksakan kapasistas otak dan tubuh sangatlah tidak baik. Oleh karena itu, istirahat disela-sela waktu belajar sangatlah baik untuk menghilangkan pikiran yang sudah suntuk. Setelah istirahat, tubuh akan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi-materi yang akan dipelajari selanjutnya untuk menghadapi ujian.

Selain beristirahat yang cukup, persiapan yang tidak kalah penting adalah sarapan pagi. Untuk menghadapi ujian, sangatlah diperlukan energi yang banyak untuk berpikir. Salah satunya dengan sarapan pagi sebelum ujian ya!

6. Adanya Persiapan Mental dan Harus Relaks

Jika materi ujian sudah kamu kuasai, maka persiapan mental (psikis) juga sangatlah penting. Kurangnya persiapan mental (psikis) akan menyebabkan ketidakpercayaan diri (pesimis) pada saat ujian. Tentu hal tersebut akan membuat konsentrasi kamu menjadi terpecah dan materi yang sudah dikuasa akan lupa pada saat ujian.

Kamu harus memastikan diri kamu sendiri relaks dan tidak terbebani. Ingat, rezeki sudah Tuhan yang mengatur. Tugas terpenting kamu adalah berusaha yang terbaik saat mengerjakan ujian. Percayalah, proses tidak pernah mengkhianati hasil.

7. Berdoa dan Mintalah Doa Restu dari Kedua Orang Tua

Berdoa sangatlah penting. Perbanyaklah doa kepada Tuhan Maha Segalanya. Mohonlah petunjuk dan dilancarakan oleh-Nya saat menghadapi ujian nanti. Semoga Allah selalu membersamai setiap hamba-Nya yang memohon pertolongan. “Bersemangatlah atas apa yang bermanfaat bagimu, minta tolonglah pada Allah SWT, janganlah engkau lemah.” (HR. Muslim).

Selain itu, salah satu doa yang paling mujarab adalah doa dari kedua orang tua kepada anaknya. Mintalah restu kepada orang tua kamu agar dilancarkan menghadapi ujian. Hal ini dapat menjadi semangat dan menambah rasa percaya diri yang luar biasa bagi kamu. Semoga!

 

Itulah tujuh tips persiapan untuk mengahadapi ujian. Semoga bermanfaat! 🙂

Komentar Kamu?