Home Mahasiswa Hiburan

9 Resep dan Menu Sahur Praktis ala Anak Kost

3341
BAGIKAN

Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti-nanti oleh sebagian besar umat Muslim. Begitupun dengan mahasiswa. Bagi mereka yang tidak kost, berkumpul dengan keluarga saat makan sahur dan berbuka adalah momen yang sangat dinanti dalam bulan puasa. Namun sepertinya, tidak demikian dengan mahasiswa yang menjadi anak kost, lantaran mereka harus bersantap sahur sendirian atau setidaknya bersama teman satu kost.

Memasuki pekan ke tiga Ramadhan ini, nampaknya semangat mempersiapkan sahur mulai mengendur ya guys. Ditambah lagi jika kamu harus repot mencari menu sahur di pagi yang dingin dengan kondisi masih agak mengantuk. Alternatif umum yang biasa dilakukan anak kost adalah menyeduh mie instan. Wah, padahal terlalu banyak makan mie instan tidak baik loh sobat UNJKita untuk kesehatan. Bagaimana jika mencoba alternatif lain? Nah, berikut kami sajikan alternatif menu dan resep sahur praktis dan hemat yang bisa kamu buat di kost-an mu sendiri.

1. Telur Dadar Spesial

telor dadar spesial

Jika di kost-an mu tersedia dapur, kamu bisa memanfaatkan nya dengan membuat makanan yang dimasak untuk sahur mu. Salah satunya telur dadar spesial ini.

Bahan :

  • 2 Butir Telur (kocok lepas)
  • 1 buah sosis
  • 2 siung bawang merah
  • 2 tangkai cabai
  • daun bawang
  • sayur kol secukupnya
  • garam secukupnya
  • minyak sayur secukupnya

Cara Membuat :

  • iris sabai, bawang merah, daun bawang, sosis, dan kol.
  • kocok lepas telur.
  • campurkan bahan-bahan yang sudah diiris tadi ke dalam kocokan telur.
  • tambahkan garam secukupnya.
  • goreng diatas sedikit minyak yang sudah panas, goreng hingga kecoklatan.
  • dan voila! Telur dadar spesial buatanmu siap disantap.

Cukup mengeluarkan sedikit uang saja, makanan sehat yang kamu buat sendiri ini sudah cukup untuk memenuhi energi kamu seharian ketika berpuasa, karena telur merupakan sumber protein tertingi. Kamu juga bisa tambahkan sayur bening atau sayur tumisan untuk menambah nutrisi bagi tubuhmu.

2. Sosis dan Nugget

sosis nugget

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu alias kesiangan, kamu bisa cukup menggoreng dua makanan olahan ini. Ya, sosis dan nugget sebaiknya menjadi makanan persediaanmu yang bisa kamu olah sewaktu-waktu.

Santap dengan nasi putih yang sudah kamu masak semalam ditambah sambal saset atau saus sambal, sudah membuatmu merasa tercukupi.

3. Tumis Kangkung dan Tempe

kangkung-tumis

Tumis Kangkung dan Tempe goreng merupakan pilihan sahur sehat yang mudah untuk kamu buat.

Bahan Tumis Kangkung :

  • 1 ikat sayur kangkung
  • 2- 3 tangkai cabai, iris tipis.
  • 2 siung bawang merah, iris tipis
  • 1 siung bawang putih, iris tipis.
  • sedikit minyak goreng.
  • air secukupnya.
  • garam secukupnya.

Cara Membuat Tumis Kangkung:

  • panaskan sedikit minyak goreng,
  • tumis cabai, bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  • gunakan api kecil, jangan sampai terlalu matang (gosong).
    masukkan kangkung yang sudah di cuci, tumis dan masukkan air secukupnya.
  • tumis hingga kangkung setengah layu (jangan terlalu layu). masukkan garam secukupnya.
  • Aduk hingga matang, angkat dan sajikan.

Hidangkan bersama tempe goreng yang sudah dibumbui bawang putih. Hmm yummy! menu sahur sehat kamu pun siap disantap 🙂

4. Ikan Sarden

ikan sarden

Selain sosis dan nuget, ikan sarden kaleng merupakan pilihan alternatif lain yang bisa kamu coba jika waktu mu mepet. Selain praktis, ikan sarden juga memiliki gizi yang cukup untuk harimu. Pasalnya karna kandungan protein di dalam ikan juga sangat tinggi, sehingga mencukupi kebutuhan harimu.

Kamu cukup tambahkan irisan cabai dan bawang lalu tumis dan hangatkan bersama dengan ikan sarden kaleng mu. Santap bersama nasi putih hangat dan kerupuk.

5. Nasi Goreng Telur

nasi goreng telur

Jika waktu mu cukup, kamu bisa menggoreng nasi yang sudah kamu buat semalam. Cukup gunakan bumbu siap saji dan ceplokan telur untuk lauk nya, ditambah kerupuk yang kamu beli sehabis tarawih semalam. Praktis dan tentu hemat.

6. Roti Panggang Coklat

roti panggang coklat

Jika di kost mu tidak tersedia dapur dan alat masak yang cukup. Kamu bisa membuat menu sahur yang praktis tanpa perlu dimasak menggunakan kompor seperti menu Roti Panggang Coklat ini. Kamu bisa memanfaatkan setrikaan untuk memanggang roti. Lalu tambahkan susu kental manis coklat. Voila! Roti panggang coklat ala anak kost siap disantap untuk sahur mu. Kamu juga bisa kreasikan roti mu sesuai selera.

7. Oat / Sereal

Oat-Cereal-Crispies-Manufacturers

Oat/ Sereal memiliki kandungan karbohidrat dan serat yang banyak sehingga sehingga mampu membuatmu merasa kenyang lebih lama. Kamu bisa menyantapnya dengan menyiram susu cair di semangkuk oatmeal/ sereal mu. Kamu juga bisa tambahkan buah seperti pisang dan apel untuk melengkapi nutrisi mu. Yummy! semangkuk oat/sereal kreasi mu sudah sangat bisa memenuhi kebutuhan nutrisi mu seharian. Menu oat/sereal ini juga bisa menjadi alternatif jika kamu tidak memiliki banyak waktu, atau kesiangan.

8. Makaroni Keju

macaroni keju

Jika kamu biasa menggunakan Rice Cooker di kost-an mu untuk memasak mie, cobalah kali ini untuk memasak makaroni keju. Kamu bisa merebus segenggam makaroni (atau pasta pendek lainnya sesuai seleamu). Rebuslah hingga al-dente. Kemudian tiriskan dan campur dengan mentega atau margarin sebagai perasa gurih, lalu campurkan dengan perutan keju dan sosis siap santap yang sudah dipotong kecil-keciil. Jika kamu suka pedas, kamu bisa tambahkan merica atau saus sambal. euum yummy! Makarony keju buatanmu siap disantap dan cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu seharian. Satu porsi pasta gandum akan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Pasalnya, pasta gandum memiliki jumlah serat yang tinggi dan memiliki kadar protein yang tinggi.

9. Kurma dan Madu

kurma dan madu

Selain menu-menu diatas, kami menyarankan agar kamu selalu sedia kurma dan madu di kost-an mu ya! Minumlah 2 sendok madu dan 3 butir kurma saat sahur. Selain karna sunnah Rasul, kurma dan madu juga memiliki kadar kalori dan karbohidrat yang cukup tinggi yang mampu membuatmu merasa kenyang lebih lama dan mencukupi energi mu seharian.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah R.A, Rasulullah SAW. bersabda:

نِعْمَ سَحُوْرِ الْمُؤْمِنِ التَّمْرُ

“Sebaik-baik makanan sahur seorang mukmin adalah tamr (kurma).” (HR. Abu Dawud, Ibnu Hibban dan Al-Baihaqi, dan dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah no. 562 dan Shahihul Jami’ish Shaghir, 2/1146 no. 6772)

Bagaimana? Sangat praktis dan sehat bukan? Mulai sekarang, upayakan kurangi mie instan, dan ganti sahurmu dengan makanan yang jauh lebih bernutrisi ya. Jika tidak ada kompor, manfaatkan rice cooker mu sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat! 🙂

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Aktivis Perempuan, Pegiat Dunia Anak, Pecinta Fotografi dan Jurnalistik.