Home Berita

Ahlan Wa Sahlan Raja Salman dari Negeri Sahabat

417
BAGIKAN

UNJKita.com – Tanah air tengah disibukkan menyiapkan jamuan istimewa atas kedatangan  pemimpin kerajaan asal negara sahabat Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud. Animo masyarakat yang tinggi untuk menyambut Raja Salman beserta rombongan, membuat banyak orang penasaran dengan sosok Raja ke 7 dari kerajaan Arab Saudi tersebut. Siapa Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud?

Raja Salman Abdulaziz merupakan anak ke 25 dari Ibn Saud, pendiri kerajaan Arab Saudi. Raja Salman Abdulaziz naik tahta di usia 79 tahun setelah saudara tirinya Raja Abdullah meninggal karena pneumonia. Lahir tanggal 31 Desember 1935, Raja Salman menempuh pendidikan di Sekolah pangeran Riyadh dan melanjutkan hingga  menyelesaikan studi di 5 Universitas terkenal di penjuru dunia. Salah satunya adalah Universitas Waseda di Jepang. Sebelum naik tahta, beliau pernah diamanahkan menjadi wakil gubernur, gubernur, dan menteri pertahanan Arab Saudi.

Bergelar sebagai “Penjaga Dua Kota Suci”

Berbeda dengan raja-raja lainnya, Raja Arab Saudi justru memiliki gelar khadim yang secara harfiayah diterjemahkan sebagai pembantu. Raja-raja Arab Saudi adalah pembantu atau pelayan dua kota suci, Mekah dan Madinah. Raja pertama yang mengenakan gelar ini adalah Raja Fahd bin Abdul Aziz rahimahullah –kakak tertua Pangeran Salman- pada tahun 1986.
Tertanggal di awal Maret 2017 dengan membawa 1500 rombongan beserta 10 menteri dan 25 pangeran yang menyertai akan melakukan kunjungan selama beberapa hari dengan jadwal sebagai berikut:

  • Pada 1 Maret 2017, pukul 12.30 WIB, Raja Salman dan rombongan diperkirakan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma dan disambut oleh Presiden Joko Widodo. Kemudian menuju Istana Bogor.
  • Pada hari Kamis, 2 Maret 2017, Raja Salman akan melakukan pertemuan dengan Ketua DPR RI Setya Novanto dan melakukan pidato mengenai hubungan Indonesia-Arab Saudi di gedung Senayan.
  • Yang selanjutnya Raja Salman dan rombongan mengunjungi Masjid Istiqlal untuk melaksanakan solat sunnah 2 rakaat beserta menulis kesannya selama melawat ke salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara.
  • Pada malam harinya pukul 19.30 WIB, Raja Salman akan menerima Wapres RI Jusuf Kalla di Hotel Raffles sekaligus telah memesan 173 kamar untuk menginap hingga 4

 

Apa pesan presiden RI atas kunjungan Raja Salman ke Indonesia?

Dikutip dari detik.com, “Indonesia sedang mempersiapkan kunjungan Raja Salman ke Indonesia nanti pada tanggal 1 sampai 9 Maret 2017 yang akan datang,” kata Jokowi di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Kunjungan Raja Salman kali ini merupakan hal yang bersejarah bagi Indonesia. Setelah terakhir kali Indonesia kedatangan Raja Faisal sekitar 46 tahun silam..

“Kami meyakini kunjungan Raja Salman akan memperkuat hubungan antara Indonesia dan Arab Saudi, hubungan yang saling menguntungkan,” tambah Jokowi.

 

Komentar Kamu?

BAGIKAN