Home Konten Pilihan

5 Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Magang di Sebuah Startup

1286
BAGIKAN

Apa itu Startup? Mungkin masih banyak orang yang belum memahami istilah ini. Kata Startup sendiri merupakan serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis. Menurut Wikipedia, Startup merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Definisi diatas mungkin lebih pada terminologinya, namun menurut penulis akan lebih mudah jika istilah Startup diartikan sebagai perusahaan baru yang sedang dikembangkan. Mulai berkembang akhir tahun 90an hingga tahun 2000, nyatanya istilah Startup banyak “dikawinkan” dengan segala yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut.

Banyak mimpi yang ingin diwujudkan oleh seorang mahasiswa ketika akan lulus dari jenjang pendidikan di perguruan tinggi. Hal ini wajar kok, mengingat idealisme mahasiswa akan membawa pemikiran mengenai pekerjaan yang worthed di perusahaan-perusahaan besar. Namun pemikiran yang idealis tersebut harus diimbangi dengan pemahaman akan kenyataan yang ada di dunia kerja.

Semakin besar suatu perusahaan, maka akan semakin kecil pula kesempatan seorang mahasiswa atau fresh graduate untuk memperoleh posisi pekerjaan yang baik. Semua sistem dan proses di perusahaan besar sudah diatur dan dijalankan oleh orang-orang yang berpengalaman. So, ini saatnya untuk mulai memilih magang di suatu startup daripada mengharapkan perusahaan besar yang tidak bisa memberikan banyak ilmu dan pengalaman baru.

Kenapa sih mahasiswa sebaiknya magang di suatu perusahaan Startup yang sedang berkembang?

  1. Belajar Untuk Bertanggung Jawab

Di sebuah startup yang baru dirintis dan masih dalam tahap pengembangan, setiap pihak yang terlibat didalamnya memiliki tanggung jawab yang besar untuk membawa startup tersebut berkembang ke arah yang lebih baik. Tanggung jawab ini rupanya juga harus dipikul oleh anak magang secara langsung.

Misalnya saja, ketika magang di sebuah startup modern, kita akan diminta untuk menangani beberapa akun #media sosial dan memegang kendali penuh terhadap strategi online yang akan dijalankan oleh startup. Hal ini tentu jauh lebih bermanfaat daripada magang di perusahaan besar dan hanya mengamati sistem operasional yang sudah dijalankan dengan rapi dan teliti. Karena praktek secara langsung akan membuat kita menjadi lebih paham dan aware terhadap dunia kerja.

  1. Belajar Lebih Banyak Hal Melalui Startup

Perusahaan yang besar biasanya sudah membagi timnya ke dalam divisi-divisi khusus agar bisa lebih fokus terhadap pengembangan yang ingin dicapai. Namun hal ini tentu berbeda dengan apa yang ada di startup.

Dengan melakukan magang di startup, kita berkesempatan untuk mempelajari proses bisnis secara keseluruhan. Tim startup yang kecil dan baru dibentuk menjadi suatu peluang tersendiri untuk mempelajari bisnis secara komplit tanpa harus fokus pada suatu divisi tertentu.

  1. Menemukan Banyak Hal Baru

Bagi kita yang menyukai tantangan dan hal-hal baru, kita bisa menemukan dan mempelajarinya ketika melakukan magang di suatu startup. Jika kita sangat tertarik dengan dunia maya namun belum berkesempatan untuk mempelajari banyak hal, maka startup adalah tempat yang tepat untuk mempelajari semuanya.

Startup modern akan membuat kita belajar memasang iklan di Facebook Ads, Google Adwords, mempelajari teknik #SEO serta mempelajari kebiasaan para pengguna internet melalui Google Analytics. Pengetahuan-pengetahuan baru ini tentu saja tidak bisa kita dapatkan di bangku kuliah. Sehingga pengetahuan kita akan perkembangan teknologi akan bertambah seiring dengan pengetahuan akan proses bisnis secara real.

  1. Bergaul Dengan Orang Berbakat dan Memiliki Passion

Perkembangan startup biasanya menjadi magnet bagi orang-orang berbakat yang memiliki passion. Passion tersebut akan membawa orang-orang berbakat untuk mewujudkan ide mengenai suatu startup. Tidak heran bila anak magang di startup akan memperoleh energi dan semangat yang positif dari orang-orang berbakat di sekelilingnya.

Pancaran mata yang hangat dan penuh inspiras dari orang-orang berbakat di suatu startup akan memberikan semangat baru bagi anak magang setiap hari. Semangat bahwa impian bisa dicapai melalui passion, kemauan untuk belajar serta ketekunan.

  1. Suasana Kerja yang Santai dan Fleksibel

Biasanya startup belum memiliki sistem untuk memeriksa ketuntasan pekerjaan kita. Sehingga pekerjaan yang tuntas dan efektif biasanya bisa dianggap tuntas bila proses pengerjaannya dilakukan secara santai dan fleksibel. Hal ini yang mendorong startup menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang lebih nyaman dan fleksibel. Dari kenyamanan tersebut, maka timbullah ide-ide brilian yang akhirnya mendukung pengembangan startup tersebut.

So, sekarang bukan saatnya lagi meragukan startup sebagai wadah untuk mempelajari banyak hal ketika magang. Mmulailah mengambil sisi positif dari suatu startup dan jalankan proses magang dengan sungguh-sungguh. Karena banyak sekali pelajaran baru yang bisa diperoleh ketika magang di sebuah startup. Keep up your awesome work!

Baca Juga : Magang, Penting Gak Sih…???

Komentar Kamu?