Home Mahasiswa Komunitas

Alumni dan Mahasiswa UNJ berbagi Kiat Sukses Daftar Forum Indonesia Muda 18

3732
BAGIKAN

Forum Indonesia Muda 18 udah sebentar lagi nih. Kamu perlu mempersiapkan diri sebelum melakukan pendaftaran FIM 18, berikut kiat sukses yang coba penulis kumpulkan dari alumni FIM yang berasal dari UNJ:

Ahmad Sajali –  Presiden FIM Dejapu 2015

1. Ceritakan Visi kamu untuk Indonesia

Berbagi tentang konsep diri dan mimpi tentang negeri bisa jadi hal yg menarik untuk FIM menerimamu untuk bergabung berkontribusi bagi negeri.

Syafrida Yanti Pulungan –  FMIPA

2. Lengkapi Berkasmu

Buat teman-teman yg mau daftar FIM 18, perhatikan kelengkapan berkas jangan sampai ada berkas yang tidak lengkap, belum terisi, belum tersubmit, yg lengkap itu lebih baik. Menyegerakan boleh tapi jangan terburu-buru. Isi kelengkapan berkas dengan baik, benar & sungguh – sungguh. Jangan lupa berdoa, positif thingking, semangat dan jangan menyerah sebelum ditolak 21 kali.

Lisfatul – Aktivis Komunitas Peduli Anak Marjinal

3. Kontribusi untuk Masyarakat

Track record kontrubusi kita ke masyarakat sebelum jadi keluarga FIM akan memberi peluang kamu untuk lolos.

Ferly – Co Founder UNJkita.com 

4. Kenali Potensi dan Karaktermu

Mari kenali potensi dan karakter dirimu. Setelah kenali potensi dan karakter diri, lalu tuangkan dalam form pendaftaran yang cukup banyak tersebut secara lengkap dan seksama namun tidak dalam tempo yang sesingkat-singkatnya ya. Ingat, hal yang terburu-buru itu tidak baik. Kamu harus pastikan seluruh isian CV dan esai dalam form pendaftaran terisi dengan lengkap dan detail.

Maksimalkan waktu satu bulan pada masa pendaftaran tersebut. Dalam mengisi form pendaftaran FIM, biasanya ada tiga komponen utama yang perlu dituliskan yaitu pengalaman berorganisasi, pengalaman kepanitiaan, dan daftar prestasi serta keterampilan atau wawasan yang dimiliki.

Tips mendasar untuk ini adalah cantumkan kegiatan-kegiatan dan prestasi yang sedikit banyak memiliki keterkaitan satu sama lain. Jadi apabila kamu punya banyak kegiatan, tak perlu dicantumkan semua, pilihlah yang terbaik dan punya korelasi satu sama lain. Hal ini akan membuat CV yang kamu tulis semakin kuat karena dengan jelas menunjukkan apa passion atau minat kamu. Isian dalam tiap-tiap butir pertanyaan pada form pendaftaran yang sangat detail tersebut menggambarkan kapabilitas calon peserta apakah layak atau tidak bergabung dalam pelatihan FIM ini.

5. Jaga Integritas Diri.

Setelah kita pastikan seluruh isian CV dan esai motivasi dalam form pendaftaran terisi dengan lengkap dan detail. CV dan esai motivasi adalah komponen paling lengkap dalam form pendaftaran FIM. Selain dengan lengkap dan detail, isian CV dan esai motivasi tersebut juga harus benar-benar dan apa adanya (jujur). Disini integritasmu diuji, jangan sekali-kali menulis CV yang dilebih-lebihkan dengan poin-poin pencapaian organisasi dan prestasi yang tidak sesungguhnya, esai motivasi yang copy-paste artikel di internet, apalagi dengan melampirkan surat rekomendasi yang palsu alias hoax. Apa kata dunia jika kita notabene kita yang merupakan calon pemimpin bangsa tapi langkah awal saja sudah kita kotori dengan perbuatan-perbuatan yang tidak sepatutnya.

6. Jangan Mudah Menyerah.

‘’Jangan menyerah sebelum GAGAL 21 kali…!!!’’ Sebuah Quotes dari Pak Elmir Amien (Founder Forum Indonesia Muda) yang selalu menyemangati perjuangan dalam tiap langkah kebaikan kami. Quotes tersebut yang juga selalu tersemat dalam akhir proses pendaftaran.

Dengan total pendaftar hingga 7.000 lebih mahasiswa penjuru negeri dengan kapasitas peserta yang hanya diterima sebesar 120 orang. Artinya probabilitas kemungkinan kita diterima dalam 1 kali periode pendaftaran FIM hanya sebesar 2% atau 1 calon peserta yang bersaing dengan 60 calon peserta lain. Sungguh luar biasa bukan…?? Maka tak heran jika tak sedikit dari para peserta yang lolos pendaftaran FIM adalah peserta yang sudah berjuang lebih dari 1x (2,3,4 hingga 5 kali mendaftar).

Halimah – Kordinator Pusat ASA Muda

7. Tunjukkan Kelebihanmu dengan Jujur

Tunjukkan kelebihan dirimu -yang pasti harus jujur ya- dan apa saja yang sudah kamu lakukan untuk sekitarmu. Isi tiap kolom dalam form dengan seksama!

Ihsan – Founder UNJkita.com & Kampung Sarjana

8. Cari tahu Alumninya

Cari tahu siapa saja yang pernah lolos pendafaran FIM, seperti apa orangnya, apa pretasinya, bagaimana prinsip hidupnya, seperti apa karakternya. Setelah mengumpulkan beberapa data tersebut kamu akan tahu orang – orang seperti apa yang memiliki peluang besar lolos pendaftaran FIM.

Komentar Kamu?