Home Mahasiswa

ASKLING (Asesmen Keliling) oleh Veronika dan tim

361
BAGIKAN

UNJKita.com – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu program atau ajang yang diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Litabmas), Ditjen Dikti untuk meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi.

Diharapkan mahasiswa kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis, profesional, dapat menerapkan, mengembangkan, meningkatkan sebuah konsep Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta memperkaya budaya nasional.

Ajang PKM ini berupa  pembiayaan kegiatan dan ide kreatif mahasiswa yang telah terpilih berdasarkan seleksi proposal oleh Dirjen Dikti untuk dibiayai.

Dalam pelaksanaannya unjkita.com berkesempatan untuk lebih dekat mengenal ke-13 tim yang mengharumkan nama UNJ tersebut.

Berikut salah satu tim  PKM dari UNJ yang di ketuai oleh Veronika Fresty Florestina, tim mereka maju dengan mengambil judul “PKM-M ASKLING (Asesmen Keliling) : Menemukenali Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Program ASKLING (Asesmen Keliling) di Wilayah Jakarta Timur”

Menurut mereka masyarakat pada umumnya belum mengenali Anak Berkebutuhan Khusus dan bagaimana cara menanganinya. Masih banyak orangtua dan masyarakat yang kurang peduli dikarenakan minimnya pengetahuan. Sehingga kesadaran terhadap tumbuh kembang Anak Berkebutuhan Khusus menjadi terabaikan. Akibatnya, sering terjadi diskriminasi terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di masyarakat.

Dalam upaya memahami kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus, seorang guru dan orangtua akan selalu membutuhkan data yang akurat yang berkenaan dengan kebutuhan belajar dan masalah yang dihadapi setiap anak. Untuk dapat menggali data dan informasi tersebut maka perlu dilakukannya asesmen. Asesmen merupakan proses yang dilakukan dalam kegiatan secara sistematis dalam rangka mengumpulkan informasi tentang perkembangan anak dan  kemajuan belajar yang dicapainya.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka mereka memunculkan ide untuk mengusung program ASKLING (Asesmen Keliling) yang masuk dalam ranah Program Kreativitas Mahasiswa dalam bidang Pengabdian Masyarakat (PKM M).

Kegiatan ASKLING (Asesmen Keliling) ini terbagi menjadi 2 kegiatan utama, yaitu kegiatan konsultasi tumbuh kembang anak dan kegiatan identifikasi kebutuhan belajar anak. Perbedaan program asesmen yang kami lakukan dengan program asesmen lainnya yaitu terletak pada strategi yang kami gunakan dalam konsep pelaksanaan kegiatan. asesmen terhadap setiap anak dengan mendatangi setiap rumah warga atau setiap lingkungan masyarakat, sehingga kegiatan asesmen ini dapat menjangkau semua lapisan masyarakat.

Sehingga Veronika dan timnya, berharap dengan dilaksanakannya program ini secara kontinu diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas tentang kegiatan Asesmen ini dalam menemukenali Anak Berkebutuhan Khusus yang dapat memberikan informasi bagi orangtua dalam menangani dan memperhatikan tumbuh-kembang anaknya juga sebagai salah satu pedoman bagi guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Dengan begitu, Anak Berkebutuhan Khusus dapat di terima dengan baik di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Selain itu, diharapkan semoga program ini dapat melebarkan sayapnya dengan memperluas mitra, wilayah, dan sasaran pelaksanaan kegiatan di wilayah DKI Jakarta lainnya.

Komentar Kamu?