Home Konten Pilihan

7 Tips Produktif Mengawali Perkuliahanmu

515
BAGIKAN

Masuk dunia perkuliahan adalah salah satu tonggak sejarah yang harus kamu siapkan dengan matang. Kesempatan ini mungkin hanya terjadi satu kali seumur hidupmu, kecuali jika kamu mau pindah kampus atau pindah program studi dan mengulang dari awal lagi di tahun yang akan datang.hehe.

Masa-masa awal perkuliahan sebagai mahasiswa baru sangat mempengaruhi perjalanan perkuliahanmu di kemudian hari. Karenanya persiapkanlah dengan baik dan laluinya dengan semaksimal mungkin. Yuk simak 7 tips supaya kamu bisa melakukan start dengan baik di dunia kampus.

1. Manfaatkan Masa Pengenalan Akademik (MPA) mencari sebanyak mungkin kenalan dan pilih beberapa teman untuk kamu jadikan sohib di awal perkuliahan.

MPA UNJ 2012
Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Mengikuti MPA 2017

Sebelum kamu mulai kuliah kamu harus melalui Masa Pengenalan Akademik terlebih dahulu. Kegiatan ini akan mengenalkan kamu tentang dunia kampus mulai dari kegiatan belajar, sistem perkuliahan, fasilitas, hingga kegiatan mahasiswa.

MPA adalah waktu yang tepat untuk kamu berkenalan dengan sebanyak mungkin orang. Semakin banyak teman yang kamu kenal akan semakin banyak informasi yang bisa kamu raih yang nantinya akan berguna dalam proses adaptasi mengawali perkuliahanmu di kampus.

2. Jangan lupa untuk kenalan juga ke para senior. Kedepanya mereka akan banyak memberika manfaat untukmu terutama soal perkuliahan.

Aksi mahasiswa UNJPergaulanmu jangan berhenti di teman seangkatan saja. Kenalan juga dengan para senior mereka memiliki segudang pengalaman yang bisa membantumu untuk akselerasi lebih cepat baik dari segi akademik ataupun akademik.

3. Jangan terus kumpul dengan teman SMA kamu, Awal Kuliah waktunya perluas jejaring pertemanan.

Pertemanan di awal kuliah
Luaskan jejaring pertemananmu

Penyakit lingkungan baru biasanya kita segan untuk berkenalan dengan orang lain dan cenderung berkumpul dengan orang-orang yang kita kenal saja. Dunia perkuliahan tidak seperti masa SMA dulu. Sistem perkuliahan dapat memungkinkan kamu akan terpisah dengan teman-teman seangkatanmu.

IPK nanti akan menentukan seberapa banyak kamu dapat mengambil SKS dan berapa banyak mata kuliah yang harus kamu ulang. Jangan heran kalau nanti kamu bisa saja bertemu di kelas dengan mahasiswa lintas angkatan dan lintas program studi. Seperti tips nomor satu dan dua, sekarang waktunya kamu mencari teman baru

4. Beli Buku Kuliah? Mahal? Pinjam aja Sob!

Buku KuliahSudah menjalankan tips nomor 2? inilah saatnya kamu fungsikan pertemanan dengan para senior yaitu pinjem buku-buku kuliah mereka. Jika kamu dapat bonus bisa jadi apa yang mereka corat coret di bukunya adalah soal-soal yang menjadi UTS atau UAS, karena tak jarang dosen mengeluarkan soal yang sama dari tahun ke tahun.

Senior juga gak punya? pinjam aja ke perpustakaan kamu bisa ke perpustakaan fakultas ataupun perpustakaan universitas. Kamu harus secepat mungkin meminjamnya karena akan bersaing dengan teman-temanmu dari lintas fakultas.

5. Luangkan Waktumu ikuti kegiatan Mahasiswa di Gedung G atau kegiatan mahasiswa yang ada di UNJ

berorganisasi dan memberikan kontribusi untuk sekitar

Hasil penelitian dari Thomas J. Stanley, Ph.D seorang pakar di dunia bisnis serta penulis buku New York Times’ best sellers The Millionaire Next Door and The Millionaire Mind mungkin akan mengubah apa yang kamu yakini mengenai kesuksesan.

Dari 100 faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang, IQ hanya menempati urutan ke-21, bersekolah di sekolah favorit berada di urutan ke-23, dan lulus dengan nilai terbaik/hampir terbaik cuma faktor kesuksesan di urutan ke-30.

Beberapa faktor utama yang berpengaruh kepada kesuksesan adalah sikap Jujur, Disiplin, Interpersonal Skill, Dukungan dari pasangan hidup, pekerja keras, Mencintai apa yang dikerjakan, Kepemimpinan Yang Baik dan Kuat, dll. Semua hal ini bisa kamu latih dan kamu dapatkan dengan cara ikut dan aktif berorganisasi. Jadi yuk mulai tentukan apa kegiatan mahasiswa yang cocok dengan cita-cita kamu.

6. Ketahui Semua Fasilitas Kampus yang Menjadi Hak Kamu.

BI Corner Perpustakaan UNJ

Sebagai mahasiswa baru kamu perlu tahu segala macam hak-hak kamu seperti perpustakaan, akses jurnal, wifi gratis, peluang beasiswa, hak cuti, dana perjalanan untuk seminar tingkat nasional, dll.

Kenapa hal ini perlu kamu ketahui? kamu perlu merencanakan sebaik mungkin rencana studi perkuliahan dengan mempertimbangkan fasilitas-fasilitas yang ada. Dengan memanfaatkan hak dan fasilitas yang menjadi hak kamu diharapkan hasilnya bisa menjadi lebih maksimal dan terencana.

7. Cari tahu peluang beasiswa yang bisa kamu raih di semester berikutnya.

Beasiswa adalah impian setiap orang. Kamu harus cari tahu sebanyak mungkin peluang beasiswa dan apa saja syarat-syaratnya. Berapa IPK minimumnya? mulai semester berapa bisa menerima beasiswa? Haruskah berprestasi? apa saja fasilitasnya.

Pengempulan informasi sejak awal perkuliahan tentunya sangat membantu kamu untuk memilih apa beasiswa terbaik yang bisa kamu raih. Kamu juga bisa lebih mempersiapkan diri dan tidak menyesal di kemudian hari.

Semoga artikel tips kali ini bermanfaat untuk kamu. Silahkan di praktikan dan selamat mengarungi kehidupan kuliah!

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Pendiri gerakan Kampung Sarjana, pemberdayaan pendidikan di daerah terpencil. Pegiat internet marketing.