Home Mahasiswa Hiburan

Badai di Hari Musik Nasional Indonesia

348
BAGIKAN

Layaknya sebuah badai yang ramai akan segala dentumannya, pesona musik selalu menjadi salah satu alternatif bagi orang-orang untuk relaksasi, menjaga kesehatan, mengatur mood, meningkatkan intelegensi dan banyak lagi manfaat lainnya.

Namun, tahukah kamu bahwa hari ini adalah peringatan dari Hari Musik Nasional di Indonesia? Dan tentunya sejak kapan sih Hari Musik Nasional ini ada?

Hari ini ditetapkan sebagai peringatan Hari Musik Nasional (HMN). Dipilihnya tanggal 9 Maret ini adalah karena merupakan tanggal kelahiran dari salah satu musisi dan sang pencipta lagu “Indonesia Raya” sekaligus pahlawan nasional Indonesia tidak lain beliau adalah Wage Rudolf Supratman.

Wage Rudolf Supratman lahir pada tanggal 9 Maret 1903 di Jakarta. Sehingga hari lahirnya kini diperingati sebagai hari musik nasional yang baru pertama kali diperingati pada tahun 2013 yang diusulkan oleh Persatuan Artis, Pencipta dan Rekaman Musik Indonesia (PAPRI) yang disahkan melalui ketuk palu pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013.

Dan UNJKita, sudah merangkum beberapa pandangan mahasiswa dan mahasiswi di UNJ terhadap musik tentunya, yaitu genre musik yang diminati dan alasannya. Dan inilah beberapa pendapat dari mahasiswa Universitas Negeri Jakarta:

Apakah mewakili dirimu juga, Sobat?
1. Ahmad Efendi, FBS 2014
“Musik kesukaan saya ada beberapa, seperti Punk Melody, Punk Rock, Screamo, Nasyid, dan Qasidah. Ya, karena saya kurang suka dengan musik yang mellow cinta dan yang cengeng.”

2. Andi Aditya Hardinto, FE 2014
“Musik menurut saya yang terbaik sudah pasti “Dangdut” dan sudah jelas karena dangdut is the music of my country dan enak dibawa goyang hahaha.”

3. Ashadah, FMIPA 2013
“Musik yang paling saya suka ya jelas Pop dan Jazz, ya karena enak bikin rileks kalau dengerinnya hehehe…”

4. Solehudin, FIP 2013
“Rock dan Islami Nasyid yang paling ane suka, suka aja sama musiknya yang rusuh-rusuh gitu apalagi Welcome to the Black Parade – My Chemical Romance dan kalau Islami Nasyid kayak Maher Zain karena bikin adem hati hehe…”

5. Muhammad Fachrurozi, FT 2014
“Lebih lagu berbau EDM (Electronic Dance Music), karena aransemennya yang keren dan sinkron banget dengan penyanyinya.”

6. Zulvia Alamanda, FBS 2016
“Kalau buat genre musik aku banyak suka, seperti classic, rock alternative kayak coldplay, dan lagu Marry your Daughter – Brian McKnight/”

7. Nofiani Annisa Rosifa, FBS 2013
“Genre musik yang paling seru sudah tentu EDM, Pop, Jazz, Blues karena selain gak bikin pusing tentunya bikin tenang didengar selama apapun.”

Tanpa kita sadari musik yang kita sukai juga bisa mencerminkan pribadi kita lho, sobat! Seperti genre musik pop dengan nada penggugah semangat sehingga membuat kamu menjadi sosok yang selalu membuat suasana semakin mencair dan menyenangkan. Atau bagi kamu yang suka dengan akustik bisa mengartikan bahwa kamu orang yang mudah berempati terhadap sesuatu. Serta untuk para pecinta musik klasik beserta instrumental, sepertinya kamu mempunyai karakter yang kalem. Kalau ada masalah, kamu sanggup menyelesaikan dengan tenang.

Tanpa kita sadari musik yang kita sukai juga bisa mencerminkan pribadi kita lho, sobat!

Untuk pecinta dangdut bisa jadi kamu adalah orang yang tetap santai menghadapi masalah seberat apapun. Sedangkan untu pecinta alunan suara Jazz yang mengalun di telinga, kamu punya pembawaan kalem dan pendiam. Nah, untuk kamu yang selalu mempunyai cara main sendiri dalam mengambil keputusan biasanya ada pada penyuka musik Reggae. Jadi, jangan coba diatur-atur deh karena bebas yang bertanggung jawab adalah kelebihan mereka.

Serta si pantang menyerah dan gigih adalah salah satu kelebihan pecinta musik rock dan metal. Untuk kamu yang suka sama EDM, maka kamu selalu punya cara untuk bisa santai. Angguk-angguk dikit, tetap bisa dilakoni walau pusing dengan tugas dosen yang menumpuk, hehehe.

Jadi, apa arti musik menurut kalian?

*tulisan ini merupakan analisis karakter musik berdasarkan sudut pandang dari penulis sendiri.

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Mahasiswa Akuntansi dengan nama pena "Awan Tijel" yang tertarik dengan dunia jurnalistik...