Home Suara Anda Ruang Publik

Bakat yang Tidak Tersalurkan

749
BAGIKAN

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera untuk kita semua, pertama-pertama saya ucapkan syukur kepada Ilaahi Robbi yang memberikan jutaan nikmat dan rahmatnya sehingga saya dapat menulis artikel opini saya dan harapan saya bagi UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Dalam rangka perayaan Dies Natalis yang ke-52 dan saya ingin berpartisipasi dalam pesta literasi yang diadakan dengan Saran yang dapat saya sampaikan.

Kita atau khususnya mahasiswa FIP (Fakultas Ilmu Pendidikan) rata-rata sudah mengetahui bahwa BEM FIP memiliki pengurus yang bergerak pada bidang olahraga dan seni (DEPT. OLSEN). Untuk yang belum mengetahui tugas dari Departemen Olsen apa sih? Nah, tugas dari Departemen Olsen salah satunya untuk memfasilitasi minat dan bakat mahasiswa FIP dalam bidang olahraga dan seni.

Apakah Departemen Olsen sudah melakukan tugasnya dengan baik? Saya rasa belum, kenapa? Karena saya sebagai mahasiswa FIP yang gemar bermain futsal tidak merasa bakat yang saya miliki difasilitasi dengan baik. Tengok ke fakultas lain yang mengadakan latihan futsal tiap minggunya.

Kenapa Departemen Olsen FIP tidak mengadakan latihan futsal tiap minggunya? Padahal terdapat lumayan banyak mahasiswa-mahasiswa potensial dibidang olahraga futsal, oalahraga ini juga sangat diminati oleh banyak mahasiswa FIP dan yang saya dengar dari cerita Dedy Kurniawan mahasiswa MP FIP UNJ angkatan 2014, tahun lalu tim futsal FIP berhasil menjuarai Rektor CUP. Dengan pencapaian yang cukup baik itu seharusnya Departemen Olsen mendukung dengan cara memfasilitasinya dengan baik. Saya tidak mengerti apa alasan utama Departemen Olsen tidak memfasilitasinya.

Hal hasil dengan buruknya kinerja Departemen Olsen tim futsal FIP gagal mempertahankan gelar juara yang telah diraihnya tahun lalu. Meskipun tidak 100% salahnya, saya kira tanpa persiapan yang matang dan latihan yang dibilang sangat kurang sekali Departemen Olsen merupakan salah satu faktor kegagalan tersebut. Mengutip dari perkataan Arthur Ashe “Kunci penting bagi kesuksesan adalah rasa percaya diri, dan kunci utama bagi kepercayaan diri adalah persiapan matang”. Sehebat apaun tim tanpa persiapan yang matang tidak akan memiliki rasa percaya diri untung menang.

Harapan saya dalam Dies Natalis UNJ yang ke-52 ini saya berharap Departemen Olahraga dan Seni Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta menjadi lebih baik kedepannya dan tetap komitmen akan tugasnya utamanya, yaitu sebagai fasilitator mahasiswa FIP terutama di bidang olahraga futsal. Jika Departemen Olsen menjalankan tugasnya dengan baik tidak perlu diragukan lagi untuk tahun depan tim futsal FIP akan merebut kembali juara 1 Rektor Cup.

Sekian Saran yang saya sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama untuk kemajuan FIP UNJ. Saya juga ingin mengucapkan maaf jika terdapat kesalahan dalam menyusun perkataan yang saya tulis.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Oleh: Farhan Rama Putra
farhanrmp21@gmail.com

Komentar Kamu?

BAGIKAN

Ruang Publik Kepada Seluruh Civitas Akademika UNJ untuk menyampaikan kritik, & Saran. Yuk Kirimkan Buah Pikiranmu