Home Berita

Batavia Generation Team UNJ Raih 10 Besar Shell Eco Marathon Singapore

714
BAGIKAN

UNJKita.com – Berita membanggakan kembali datang dari Batavia Generation Team Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang berhasil mencapai peringkat ke-10 pada ajang mobil prototipe, Shell Eco-Marathon (SEM) Asia 2017.

Kontes yang diadakan di pada tanggal 19 Maret 2017 tersebut di ikuti oleh 124 team di beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia maupun di Dunia. Kontes ini menguji kendaraan hemat bahan bakar karya mereka di lintasan buatan di ajang kompetisi SEM Asia pada tahun ke delapan.

Tim-tim mahasiswa dari Indonesia adalah tim-tim yang telah hadir sejak kompetisi  SEM Asia diadakan untuk pertama kalinya pada 2010. Tahun ini, terdapat 26 tim mahasiswa Indonesia dari 19 perguruan tinggi di 8 propinsi yang mewakili Indonesia di ajang SEM Asia 2017. Mereka adalah tim-tim yang telah berkompetisi di SEM Asia pada tahun-tahun sebelumnya yaitu tim Nakoela/Sadewa dari Universitas Indonesia (UI) serta Tim Bumi Siliwangi dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yang menjadi juara pada SEM Asia Manila 2016 dan tim Batavia Gasoline dan Batavia Generation dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Luar biasanya, kejuaraan yang diadakan setiap tahunnya ini juaranya di dominasi oleh Mahasiswa dari Indonesia, termasuk Batavia Team yang berhasil mencapai peringkat ke-10 pada ajang internasional ini.

Batavia Generation Team FT UNJ & Mobil ”Si Pitung”

Shell Eco-Marathon Asia 2017 diadakan di Changi Exhibition Centre, Singapore. Setiap tim akan melintasi lintasan sirkuit sepanjang 10,6 KM selama 9 lap. Dalam perlombaannya, Batavia team mengirimkan team dengan mobil yang berjenis Prototype. Batavia Gasoline Team, dengan mobil yang dinamakan “Si Pitung” mengikuti kelas ICE – Internal Combustion Engine (Kelas gabungan dari bahan bakar, gasoline, etanol, diesel dan CNG), dan berhasil meraih peringkat ke-10 dengan hasil 435 km/liter.

Komentar Kamu?