Home Agenda

Bebenah Pendidikan Banten Lentera Surosowan

588
BAGIKAN

Banten adalah provinsi yang baru berdiri pada tahun 2000 dan merupakan pecahan dari Provinsi Jawa Barat. Sebagai provinsi yang telah berdiri sendiri, Banten memiliki potensi sumber daya alam yang begitu melimpah. Akan tetapi, ketersedian sumber daya ini tidak didukung dengan masih minimnya sumber daya manusia yang baik.

Pendidikan di Banten umumnya masih fokus pengembangan sekolah unggulan dan sekolah non‐unggulan. Ketimpangan antara sekolah unggulan dan sekolah non‐unggulan berdampak pada prioritas pembangunan dan kualitas sumber daya manusia yang ada didalamnya. Sekolah non‐unggulan yang sebagian besar berlokasi di wilayah pedalaman di Banten kurang mendapat akses baik fasilitas maupun lainnya.

Minimnya sarana pendidikan menghambat kinerja guru dan kreativitas guru dalam membangun keharmonisan dikelas. Terhambatnya penerapan beberapa tema pembelajaran karena ketidak tersediaan sarana belajar. Pembelajaran pun relatif terbatas seperti dalam kegiatan praktik maupun kegiatan yang memerlukan pembelajaran outdoor. Padahal guru sebagai pilar utama pendidikan. Sehingga siswa pun ikut kurang berkembang dan tidak mampu bersaing dengan siswa‐siswa sekolah unggulan.

Dalam upaya membentengi diri dan mempersiapkan generasi – generasi tangguh Banten yang akan menjadi garda terdepan Bangsa, kami, Komunitas Lentera Surosowan berkolaborasi dengan Ikatan Keluarga Mahasiswa Banten Universitas Negeri Jakarta (IKMB UNJ) dan Forum Bidikmisi UNJ ingin berkontribusi dalam upaya mengatasi masalah‐masalah tersebut, yaitu dengan mengadakan kegiatan sosial edukasi yang bertujuan meningkatkan motvasi belajar siswa dan pengembangan inovasi media dan pembelajaran kreatif bagi guru agar mampu membangun kegiatan belajar mengajar yang interakif dan harmonis.

Rangkaian kegiatan meliputi sekolah binaan, kelas karya, kelas sains, kelas pemimpin, Scholarship goes to school dan proyek sosial berupa pelatihan media pembelajaran bagi guru di daerah dan pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat. Harapan kami dari serangkaian acara ini adalah terbentuknya SDM dengan tingkat pendidikan yang lebih baik yang nantinya mereka akan kembali dan melanjutkan pembangunan Pendidikan Banten.

Kegiatan Bebenah Pendidikan Banten, telah memasuki tahun kedua setelah program tahun sebelumnya terselenggara dengan sukses di Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang Banten pada bulan januari 2016. Terdorongnya kami, untuk kembali menggerakkan ini sebagai bagian langkah nyata yang dapat kami lakukan untuk daerah. Kegiatan ini sepenuhnya dikelola secara mandiri oleh Komunitas Lentera Surosowan, yaitu sekelompok mahasiswa dan alumni Universitas Negeri Jakarta asal Banten yang mempunyai tekad untuk berkontribusi kepada Banten.

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Co Founder & CEO of UNJKita.com | Accountant, Public Speaker, Researcher, & StartUp Entrepreneur.