Home Mahasiswa

Berikan Manfaat Nyata, Apa yang Dilakukan FBM UNJ?

479
BAGIKAN

Forum Bidik Misi (FBM) UNJ merupakan sebuah forum yang berisikan mahasiswa-mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi yang memiliki visi untuk terus mengembangkan potensi dan memberikan manfaat nyata, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang membawa kebermanfaatan.

Bersama divisi Sosdiklat (Red: Sosial, Pendidikan dan Pelatihan), FBM UNJ membuktikan jargon yang selama ini diserukan “Berikan Manfaat Nyata”. FBM mencoba mendedikasikan yang terbaik untuk bersama-sama membenahi negeri ini bahkan dimulai dari hal terkecil. Sebagaimana kita ketahui bahwa beasiswa ini merupakan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah, oleh sebab itu sudah saatnya kita bergerak untuk turut membenahi negeri dan turun ke lapangan untuk memberikan apa yang kita mampu kepada masyarakat.

Kampoeng Mandiri menjadi salah satu program yang dilakukan untuk menjadi wadah bagi mahasiswa bidikmisi yang ingin mengembangkan potensi dan berbagi skill maupun pengetahuannya kepada masyarakat. Acara yang berlangsung di RPTRA Beringin Indah, Rawamangun ini mendapatkan respon yang baik dari pihak kelurahan maupun wakil rektor bidang kemahasiswaan. Hal tersebut terbukti dengan dihadirinya Ibu Yati selaku ketua PKK Kelurahan Rawamangun dan wakil rektor bidang kemahasiswaan yang pada saat itu diwakili oleh Ibu Vera Maya Santi, M.Si dalam beberapa rangkaian kegiatan Kampoeng Mandiri.

Acara yang diselenggarakan pada tanggal 9 September 2017 dan ditutup pada tanggal 01 Oktober ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menuntaskan salah satu tridharma perguruan tinnggi ialah pengabdian masyarakat. Kampoeng Mandiri hadir dengan beragam kegiatan yang tentunya bertujuan untuk memberikan bekal kepada masyarakat agar dapat menjadi masyarakat yang mandiri. Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah seperti pelatihan pembuatan prakarya, penyuluhan kesehatan, pelatihan pembuatan minuman sehat bagi masyarakat. Tidak hanya itu, Kampoeng Mandiri juga mengadakan kegiatan yang sasarannya adalah anak-anak seperti dongeng, memberikan bimbingan belajar dan membuka kelas inspirasi untuk memotivasi anak-anak agar semangat menggapai cita-citanya serta mengadakan berbagai perlombaan kreativitias.

“Saya sangat berterimakasih kepada kakak-kakak yang membagikan ilmunya di sini. Saya berharap semoga acara ini terus berlanjut,”, ujar salah satu warga yang mengikuti kegiatan Kampoeng Mandiri.

Dalam acara tersebut, Bu Yati juga menyampaikan harapannya untuk meminta acara ini terus berlanjut meski keterbatasan waktu pelaksanaan telah sampai pada acara ceremony penutupan.

“Besar harapan saya acara Kampoeng Mandiri ini dapat terus berlanjut. Setidaknya, kakak-kakak ini dapat memberikan wadah untuk bisa memasarkan produk-produk warga yang sudah dibuat ini.”, ujarnya.

Melihat antusiasme warga dan anak-anak untuk mengikuti rangkaian kegiatan Kampoeng Mandiri ini membuat FBM tidak berhenti sampai di situ. FBM menyatakan dirinya siap membantu untuk keberlangsungan kegiatan pelatihan kepada ibu-ibu di RPTRA Beringin Indah seperti yang disampaikan oleh Ade Sofyan selaku Ketua Forum Bidik Misi.

“Kalau memang acara ini akan terus berlanjut, silahkan. Sampaikan saja juga apabila ada keperluan yang dibutuhkan dalam kegiatan tersebut, forum akan siap membantu bahkan untuk urusan pendanaan.”, ujarnya pada saat evaluasi kegiatan tersebut.

Penutupan kegiatan Kampoeng Mandiri ini pun seakan hanya menjadi ceremony, tetapi kegiatannya akan terus berlanjut dan FBM berusaha untuk terus memberikan manfaat nyatanya.

Komentar Kamu?