Home Komunitas Berpartipasi dalam Pendataan Budaya Indonesia

Berpartipasi dalam Pendataan Budaya Indonesia

153

Budaya adalah cara nenek moyang untuk beradaptasi dengan lingkungan dan sistem ekosistem sekitar. Bisa dibilang setiap hal-hal yang lekat dengan kehidupan manusia adalah hasil dari kebudayaan. Mulai dari makanan, minuman, tempat tinggal, pakaian, senjata, dolanan, ornamen, obat-obat tradisional, ritual, alat musik, bahasa, prasasti, cerita rakyat, pertunjukan, sistem perekonomian, kesenian, sistem pertanian adalah bagian dari kebudayaan yang tak terlepas dari manusia.

“Kebudayaan ini masih diimplementasikan namun dengan takaran dan intensitas yang berbeda dengan zaman dahulu. Yang di sayangkan adalah sudah semakin terkikis pengetahuan dan penerapan akan hal-hal yang berunsur budaya asalnya dalam menjalani kehidupan,” ucap Wulan selaku ketua Sobat Budaya.

Selalu ada ancaman-ancaman kepunahan budaya diberbagai wilayah di nusantara, terlebih ancaman-ancaman klaim dan pemanfaatan sepihak oleh negara lain. Maka sangat perlu dilakukan pengenalan budaya sendiri milik Indonesia kepada masyarakatnya.

Atas dasar tersebut, Sobat Budaya membuat insiasi yang bekerjasama dengan Perpustakaan Digital Budaya Indonesia untuk melakukan pendataan budaya Indonesia. Hal ini sangat membutukan dukungan dan partisipasi masyarakat Indonesia, khususnya generasi Milenial. Dengan bermodalkan smartphone yang Anda miliki Anda bisa ikut serta berperan dalam campaign ini. Yakni dengan ikut mensubmit informasi budaya yang Anda ketahui dan temukan di kehidupan sehari-hari.

Sobat UNJKita, yuk Simak langkah mudahnya:
Pertama, Memotret objek budaya dan menggali informasi mengenai budaya yang ditemukan. Insiatif menyelediki budaya itu lebih dalam dan menemukan asal-usulnya dibutuhkan supaya mengetahui budaya tersebut secara kongkrit dan kebenarannya.

Kedua, Submit ke Pepustakaan Digital Budaya Indonesia melalui website (budaya-indonesia.org). PDBI merupakan situs untuk mengenal secara mendalam budaya lokal, cara pengunaannyapun mudah. Fitur-fitur yang dibuat sederhana memungkinkan pembaca bisa dengan cepat memahaminya.

Ketiga, Bagikan temuan budaya yang telah Anda dapatkan melalui akun sosial media pribadi. Dengan dukungan tekhnologi bisa turut serta bergotong royong secara aktif melestarikan dan menjaga budaya serta pengetahuan-pengetahuan yang ada dibailknya. Cara pengenalan ini juga bisa menjadi media yang menarik, konten-konten dikemas secara visual dan audio supaya mudah untuk dinikmati.

Keempat, Jangan lupa menandai akun @sobatbudaya dan @infobudaya di sosial media. Supaya lebih banyak pembaca yang mengakses hasil temuan Anda. Karena hastag tersbut mewadahi semua hal mengenai budaya Indonesia.

“Semoga hal-hal positif ini bisa disebarluaskan dan menggerakan insiatif anak-anak muda untuk ikut serta dalam gerakan sejuta data budaya ini,” tutup Wulan.

Komentar Kamu?