Home Mahasiswa Hiburan

CAPA Band : Calon Papa yang Gemar Bermusik

86
BAGIKAN

Musik adalah instrumen persahabatan dan pembangun suasana hati, sebagai manusia kita adalah mahluk sosial yang sulit dipungkiri untuk mengelak bahwa kita selalu menjadi bagian dalam suatu perkumpulan. Dan karena bersosialisasi adalah suatu kebutuhan yang tidak dapat disangkal. Dengan hubungannya dengan orang lain manusia dapat menyalurkan gagasan dan aspirasinya serta saling terhubung satu sama lain.

CAPA (Calon Papa) Band,  lahir dari sebuah kegemaran dan hobi yang sama tentang musik. Berawal dari keresahan tiga orang Muhammad Bahrul Kamal , Raihan Aditya Putra dan Reza Pebriyandi (Akuntansi 2016) yang merasa bingung dengan aktivitasnya di kampus dengan terlalu statisnya kegiatan. Hingga akhirnya sepakat untuk mengaktualisasikan dirinya dengan melahirkan sebuah komunitas bernama CAPA.

CAPA pada awalnya memiliki mimpi untuk bergerak dalam industri kreatif bagi anak muda, sehingga membentuk sebuah band juga salah satu bagian dari cara mereka untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki. Terbentuknya sebuah band juga berawal dari sebuah acara jurusan dari Akuntansi yaitu AGT (Accounting Got Talent).

Mahasiswa UNJ harus memiliki sebuah wadah untuk menyalurkan hobi mereka, menyampaikan ide mereka dengan minat yang sama pula. Kalimat inilah yang menjadi ‘pegangan’ dalam menjalankan CAPA band hingga saat ini.

Hingga dipertemukan dengan Bagas Rizky Nugroho (Akuntansi 2015) dan Muhammad Satrio Wibisono (Akuntansi 2017) oleh Muhammad Solihin (Akuntansi 2016), Setelah itu juga CAPA Band mulai melebarkan sayapnya dengan posisi Reza sebagai Vokalis dan Gitar, Raihan sebagai Gitar, Bagas sebagai Bass dan Satrio sebagai Drummer dan Solihin sebagai Manajer.

Pertemuan mereka dilandaskan dengan proyek untuk membuat jingle acara Unity in Glory Jinggle oleh Unit Kegiatan Olahraga (UKO) UNJ, serta untuk mengisi acara Silahturahmi dan Buka Puasa Bersama (Silabus) Jurusan Akuntansi UNJ.

Hingga jam terbang mereka mulai di akui untuk diundang sebagai band hiburan di Kalsium Econochannel, Pizza HUT goes to kampus yang bekerja sama dengan BEM FE, dan acara 2nd Anniversary UNJKita.

Dalam perjalanannya Capa Band memiliki mimpi untuk memiliki lagu orisinal mereka sendiri, membangun komunitas band di jurusan Akuntansi UNJ dan tentunya untuk menyatukan angkatan yang ada, mereka meyakini bahwa walau dengan jurusan Akuntansi mereka akan mampu mengaktualiasikan diri melalui bidang seni.

Akan tetapi setiap perjalanan tentunya memiliki kendala, Raihan menuturkan bahwa dalam segi  fasilitas musik di UNJ untuk setiap ruangan dan aula masih belum mencukupi dari ketersediaan alat musik hingga kualitas dari sound yang ada. Serta, masih banyak yang masih salah paham dengan fungsi manajer yang digagas oleh Capa Band sendiri.

“Manager kami sediakan, untuk mempermudah jalur komunikasi dari pihak panitia dan kami tentunya, hingga apabila ada yang perlu kami siapkan akan kami segera jalankan.” Jelas Solihin

Tujuan Capa Band sendiri adalah menjadi wadah untuk menghubungkan dan merangkul seluruh mahasiswa yang ada di UNJ. Tidak harus jago untuk bermain alat musik untuk bergabung asal memiliki kegemaran yang sama pada bidang ini dan memiliki niat belajar.

“Harapan kami seluruh kegiatan dari organisasi dan komunitas yang ada di Universitas Negeri Jakarta tentunya, ketika mengadakan acara memiliki jingle sendiri dan kami siap untuk membantu akan hal tersebut, serta mengembangkan bakat seni juga tentunya adalah mimpi kami” Jelas Solihin selaku manajer CAPA Band

Dan bila kalian ingin tahu lebih banyak mengenai CAPA BAnd? Kalian bisa menghubungi mereka di Line @SolihinSG.

Komentar Kamu?

BAGIKAN

Mahasiswa Akuntansi dengan nama pena “Awan Tijel” yang tertarik dengan dunia jurnalistik…