Home Mahasiswa Belajar

5 Cara Backup Skripsi Agar Tak Hilang

1349
BAGIKAN

Buat kamu yang sedang menyusun skripsi, ketelitian dan kehati-hatian sangat diperlukan terutama dalam hal menjaga file skripsi kita agar tetap aman. Selama penulis kuliah sudah menemukan setidaknya tiga orang yang kehilangan file skripsinya dan harus memulai dari nol, mulai dari yang laptopnya rusak, file terserang virus, dan flashdisk-nya hilang.

Tentunya kamu gak mau kan jika perjuangan menyusun skripsi yang telah kita lakukan harus diulangi dari nol lagi? Kami akan memberikan kamu lima cara backup skripsi agar punya banyak cadangan. Berikut caranya:

Gunakan Email

cara backup skripsi email

Cara yang pertama adalah gunakan email. Caranya? kirimkan email ke alamat emailmu sendiri dan sisipkan file skripsi kamu di dalamnya. Untuk mempermudah pencarian di subjek tambahkan keterangan skripsi kamu dan tanggal backup.

Simpelkan? Dan lakukan hal ini setiap kamu melakukan revisi,dengan begitu jika file master skripsimu hilang, kamu tinggal unduh cadangannya di email kamu.

Baca Juga: Strategi Jitu Presentasi Skripsi

Terbangkan Ke Awan (Cloud)

awan cloud storage

Masih takut hilang juga? Butuh backup leih banyak? Terbangkan ke awan (cloud storage) sob! Ini fungsinya untuk apa? simpelnya ini adalah hardisk online, kapasitasnya macam-macam, dan mulai dari yang gratis hingga yang bayar.

Caranya? Kamu cukup unggah file skripsi kamu ke akun cloud storage kamu. Kalo sudah diunggah file kamu akan aman di khayangan, loh? kan awan sob, pergi ke langit itu file hehehe.

Mungkin Cloud Storage yang paling terkenal di Indonesia ada Dropbox dan Google Drive. Namun ada beberapa alternatif yang bisa kamu coba seperti One Drive dan BoxSilakan mencoba. 🙂

Sisipkan di Media Sosial

Media Sosial sudah seperti kebutuhan pokok bagi generasi muda di Indonesia. Namun jika kita optimasi sebenarnya media sosialpun bisa berfungssi untuk melakukan backup file-file penting kamu. Gimana caranya? ada banyak sob.

  1. Gunakan Pesan, kirim pesan ke teman baikmu atau akun keluarga kamu, dan sisipkan file skripsimu. memang bisa? bisa kok dicoba saja!
  2. Gunakan Grup, Buat grup yang isinya kamu sendiri, lalu atur dalam mode lock. pokoknya cuma kamu sendirian di group itu. Gunakan fasilitas upload file yang ada di group dan unggah file skripsi kamu. mudah kan. 🙂
Backup skripsi media sosial
ini dia cara via pesan

Pindahkan Ke Flashdisk, Memory Card, Dan Sejenisnya.

Flashdisk, Memory Card

Ini cara yang paling mudah sob, kamu cukup beli flashdisk / memory card dan gunakan sebagai backup penyimpanan file skripsi kamu. Jangan lupa untuk rutin melakukan backup setiap ada revisi dari dosen pembimbing ya!

Cetak ke Bentuk Kertas

Sobat pasti bertanya-tanya kok dicetak? Ngetik ulang dong kalo hilang? Ya itu memang salah satu tujuanya hehehe. Tapi kertas-kertas ini pun bisa dikombinasi dengan cara digital, dan pekerjaan kamu bisa berkurang setengahnya. Gimana caranya? Dengan teknologi Scanner+ OCR kita bisa mengubah hardcopy skripsi kamu kembali menjadi digital.

Backup skripsi Scan OCR

Apaan tuh OCR? OCR (Optical Character Recognition) adalah aplikasi yang berfungsi untuk men scan gambar pada image dan dijadikan text, dan aplikasi ini juga bisa menjadi support /aplikasi tambahan untuk scanner. Dengan adanya OCR, Image yang bertulisan tangan, tulisan mesin ketik atau computer text, dapat dimanipulasi.

 HARDCOPY SKRIPSI ⇒ SCAN ⇒ FILE PDF/GAMBAR ⇒ OCR ⇒ FILE TEKS

OCR ada dimana aja? salah satunya ada di aplikasi Adobe Acrobatdan aplikasi sejenis yang berfungsi mengelola file PDF. Gimana cara menggunakan OCR? coba di googling aja dulu sementara, di lain kesempatan akan saya tuliskan tentang cara menggunakan dan aplikasi yang bagus perihal OCR.

Baca Juga: Cara Meluluhkan Hati Dosen Pembimbing

Sekarang sudah tahu kan gimana cara backup skripsi. Cara-cara di atas dapat berhasil jika kamu rajin dan disiplin dalam melakukan backup setelah revisi. Selamat mencoba!

Komentar Kamu?