Home Mahasiswa Hiburan

Cara Meminimalkan Pengeluaran yang Membengkak Hanya untuk Wisuda

1252
BAGIKAN

Semua orang juga tahu kalau mahasiswa tingkat akhir pasti membutuhkan biaya yang cukup banyak. Mulai dari membayar UKT semester akhir, nge-print revisian skripsi, nge-jilid skripsi, sampai bayar uang wisuda. Dan untuk wisuda, kamu gak cuma membayar saja, tapi kamu juga perlu modal untuk melaksanakan prosesi wisudanya.

Buat kamu yang lagi bokek, yasudah gak usah sedih. Masih ada beberapa cara untuk meminimalkan pengeluaranmu yang membengkak hanya untuk wisuda. Pokoknya yang penting bisa tampil kece dan tetap bahagia kan? Yuk disimak!

Baca juga: Tips Barang Apa Saja yang Harus Dibawa Saat Wisuda

Make Up Sendiri, Kreasi Kerudung/ Rambut Juga Sendiri

Kalau yang punya rezeki berlebih, pasti akan memilih untuk pergi ke salon atau mendatangkan penata rias ke rumah. Gile, pasti mahal banget tuh! Nah, kalau yang lagi bokek, gak usah khawatir, kamu bisa kok make up sendiri. Bahkan kamu juga bisa berkreasi kerudung/ rambutmu sendiri. Caranya? Belajar dari tutorial video-video make up yang sudah tersedia di youtube. Cukup bermodal peralatan make up sederhana yang sudah kamu miliki dan juga kerudung, kamu sudah bisa tampil kece saat wisuda nanti.

Nih, ada beberapa rekomendasi tutorial make up wisuda. Yuk dipelajari!

Gak Perlu Beli Kebaya, Beli Saja Roknya

BAWAHAN KEBAYA

Sudah pernah check berapa harga kebaya modern? Lumayan mahal! Mungkin kalau kamu gak mau beli baru karena lagi bokek, kamu bisa pinjam kebaya bekas kakakmu wisuda. Selain meminjam kebaya punya kakak, kamu juga bisa pakai baju seragam pernikahan saudaramu.

Nah, kalau gak punya juga, yasudah gak usah pakai kebaya, pakai baju biasa saja. Gapapa kok! Antisipasinya, sepanjang prosesi wisuda sampai berfoto-foto sama teman-teman, kamu gak usah buka baju togamu ya.

Kamu cukup membeli rok-nya saja. Kenapa? Karena baju toga itu hanya sampai betis. Jadi rokmu pasti akan terlihat. Kayaknya kalau untuk membeli rok masih bisa deh. Harganya sekitar 150-200 ribu saja kok.

Gak Perlu Beli Kemeja Baru, Pakai Kemeja Bekas Sidang Skripsi

Kemeja Putih

Untuk calon wisudawan yang lagi bokek, kamu gak perlu beli kemeja baru ya. Sayang uangnya! Mending bisa ditabung buat nikah.

Nah, solusinya kamu bisa pakai kemeja putih bekas sidang skripsi. Ingat, jangan lupa dicuci dulu ya! hehehe. Tapi kalau mau tetap kece, kamu bisa membeli dasi yang baru. Harganya sekitar 40 – 70 ribu saja kok.

Pinjam High Heels/ Wedges

High Heels

Buat apa beli baru high heels/ wedges? Toh kalau bisa pinjam punya saudara atau teman gapapa kok. Yang penting demi pengiritan. Tipsnya, berdoa dan berusaha agar kamu bisa mendapatkan pinjaman high heels/ wedges yang ukurannya PAS dengan kakimu. Kalau agak longgar dikit, bisa disumpelin tissue atau kertas kok. Selamat meminjam!

Foto Wisuda Numpang Pakai Kamera SLR Punya Teman

Kamera

Gak lengkap rasanya kalau gak berfoto wisuda bersama keluarga besar. Perlu kamu ketahui nih, di luar ruangan ada banyak background foto tempat wisudawan/wati bisa berfoto bersama keluarga besar. Dan itu berbayar ya! Gak gratis. Soalnya ada abang-abang tukang fotonya.

Tenang, gak usah sedih kalau lagi bokek. Pasti kamu punya handphone berkamera kan? Nah, yaudah pakai kamera handphonemu saja! Terus, kamu bisa pinjam sebentar background fotonya. Jangan lupa ya, permisi sama abang-abang tukang fotonya.

Kalau kamera handphonemu kurang bagus, ada cari lain nih. Kamu bisa pinjam kamera SLR punya teman, semoga temanmu baik hati, aamiin. Sekali-dua kali jepret, yang penting ritual foto bersama keluarga besar tercapai.

Baca juga: 6 Referensi Hadiah Wisuda untuk Sahabatmu

Itulah beberapa cara meminimalkan pengeluaran yang membengkak hanya untuk wisuda. Cara-cara tersebut bisa kamu terapkan saat kamu benar-benar lagi bokek. Gapapa bokek, yang penting masih bisa tampil kece dan bahagia saat wisuda nanti.

Sekali lagi, Happy Graduation, sobat UNJKita.com!

Komentar Kamu?

BAGIKAN

Pendidik muda yang jatuh cinta dengan dunia jurnalistik