Home Mahasiswa Komunitas

Commuters UNJ : Wadahnya Mahasiswa Pengguna Commuterline Jabodetabek

296
BAGIKAN

Pernah terlambat datang ke kampus karena gangguan kereta ?

Sudah berangkat pagi pagi, ketahan sinyal masuk dan disusul oleh kereta api jarak jauh

Pernah merasakan hal-hal yang tidak mengenakan di kereta ??       

Menjadi mahasiswa tidak lepas dari banyaknya aktivitas yang menyita waktu. Beragam aktivitas mulai dari akademik sampai non akademik ikut digeluti, baik aktivitas yang menyangkut internal kampus maupun eksternal kampus dan pastinya membutuhkan tenaga ekstra dan fisik yang kuat dalam menjalani aktivitasnya.

Rutinitas yang hampir menyita waktu di kampus membuat beberapa mahasiswa memilih untuk menyewa tempat tinggal sementara (kost) di daerah sekitar kampus untuk mempermudah aktivitasnya. Bukan hanya mahasiswa yang bertempat tinggal di luar daerah yang pastinya memilih untuk kost, tetapi beberapa mahasiswa yang tinggal di kota penyangga ibukota baik Bogor, Tanggerang, dan Bekasi, beberapa memilih untuk menyewa tempat tinggal (kost) dan sisanya memilih untuk pulang-pergi (PP).

Namun bagaimana dengan nasib mahasiswa penglaju, yang memilih untuk pulang pergi (PP) karena jarak kampus dengan rumahnya tidak terlalu jauh dan bisa dijangkau dengan transportasi publik seperti kereta, transjakarta, ataupun angkutan umum lainnya, walaupun dirasa cukup menyita banyak waktu. Beberapa mahasiswa yang memilih untuk pulang pergi (PP) dari rumah menuju kampusnya karena berpikir bahwa kost bukanlah solusi terbaik karena jarak rumah dengan kampus terbilang nanggung untuk memutuskan kost.

Commuters UNJ adalah sebuah komunitas yang lahir atas dasar pemikiran seorang mahasiswa yang bernama Aziz Sumarlin (FE 2013) dimana melihat banyaknya mahasiswa UNJ yang pulang pergi ke kampus menggunakan moda transportasi KRL Commuterline. Bukan hanya sekedar untuk menghimpun mahasiswa yang memiliki persamaan dengan menaiki moda transportasi yang sama, lebih dari itu lahirnya Commuters UNJ diharapkan bisa saling mengenal dan menambah relasi pertemanan, dan juga  bisa mencari teman berangkat dan pulang kampus sesama mahasiswa UNJ. Selain itu dengan menjadi bagian dari komunitas Commuters UNJ kita akan mendapat informasi jika kereta mengalami gangguan atau terhambat sinyal masuk, informasi yang didapat melalui account grup Commuters UNJ di instant messaging seperti Line, dan juga official account nya.

Bukan hanya sekedar komunitas, Commuters UNJ memiliki peranan cukup penting dalam kemajuan KRL Commuterline Jabodetabek.  Sifat mahasiswa yang kritis dan mampu menjadi agen perubah, diharapkan mampu mengkritisi hal-hal yang menyangkut kepentingan publik seperti mengkritisi hal-hal yang terjadi di dalam kereta seperti, jadwal kereta yang terlambat yang menyebabkan penumpukan penumpang di berbagai stasiun, gangguan persinyalan, ataupun masalah yang terjadi karena ulah pengguna itu sendiri seperti melanggar peraturan yang dibuat, membuang sampah di dalam kereta, ataupun menganggu kenyamanan penumpang lain di dalam kereta.  Karena sebagai konsumen yang notabennya adalah Mahasiswa, dituntut untuk mampu memberikan ide ataupun solusi demi kelancaran dalam bertransportasi.

Saat ini Commuters UNJ telah memiliki ± 400 members yang terhimpun dalam grup Line. Beberapa aktivitas yang pernah dilakukan oleh Commuters UNJ diantaranya :

  1. Kumpul rutin setiap minggu di Tugu UNJ
  2. Joyride (jalan-jalan keluar kota menggunakan kereta api)
  3. Buka puasa bersama dan diskusi dengan mengundang Kepala Stasiun Tanjung Priuk, masinis commuterline, petugas penutup pintu kereta (PPK), front liner PT. Kereta Api Indonesia, dan petugas perbaikan kereta.
  4. Diskusi bersama PT Kereta Commuter Indonesia, Kementrerian Perhubungan, Dewan Transportasi Kota Jakarta, sampai dengan PT MRT Jakarta
Salah Satu Aktivitas Commuters UNJ

Lalu bagaimana jika ingin bergabung menjadi bagian dari Commuters UNJ ? semua mahasiswa UNJ baik mahasiswa aktif ataupun alumni, rutin menggunakan KRL Commuterline sebagai moda transportasinya menuju kampus, bergabung secara ikhlas, dan kritis dalam menggunakan transportasi kereta.

Ke depannya Commuters UNJ diharapkan mampu menjadi pemerhati transportasi ibukota, dan menjadi mitra dengan PT. Kereta Api Indonesia yang mampu memajukan transportasi khususnya kereta api menjadi lebih baik lagi kedepannya.

 

Official Account Commuters UNJ @faf0201p

Instagram @commuters_unj

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Mahasiswi dengan nama panggung euntri. Penikmat hiruk pikuk ibukota. Suka jajan susu dewa pas lagi ulang tahun. Fans sambel pecel lele 32 kantin Blok M, dan suka jalan-jalan sendiri, sampe lupa kelamaan sendiri