Home Berita

Dosen Bergelar Doktor Baru 31 Ribu Orang Di Seluruh Indonesia

436
BAGIKAN

UNJKita.com – Jumlah dosen bergelar doktor se-Indonesia saat ini baru mencapai 31 ribu orang. Pernyataan ini disampaikan Sekretaris Direktur Jenderal (Dijen) Sumber Daya dan Iptek Pendidikan Tinggi Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Dikti) Prof John Hendri Saat peresmian Rumah Sakit Pendidikan, Rabu (29/3)

“Jumlah ini dari keseluruhan dosen sebanyak 270 ribu orang baik yang telah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional atau Nomor Induk Dosen Khusus,” ujarnya seperti dilansir oleh republika..

Hendri menambahkan, jumlah ini termasuk 5.417 orang guru besar yang tersebar di 4 ribu Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. Menurutnya fakta ini jumlah yang mengkhawatirkan bila dibandingkan beberapa negara di Asia seperti Malaysia, Thailand terlebih Jepang.

“Di negara tersebut dosennya minimal memiliki gelar doktor dan tidak ditemukan dosen bergelar master ke bawah seperti yang banyak ditemui di Indonesia. Untuk profesor pun persyaratan menjadi guru besar di Indonesia hanya menyertakan satu publikasi terindeks internasional” ungkapnya.

Profesor di Jepang harus minimal menyertakan 40 jurnal terindeks internasional.

“Kekurangan ini menjadi tugas bagi Kemenristekdikti dan pimpinan kampus,” pungkasnya.

 

Komentar Kamu?