Home Konten Pilihan

Dropship, Bisnis Tanpa Modal untuk Mahasiswa

1792
BAGIKAN

Pertama sobat harus tahu apa itu bisnis model dropship, Dropship adalah sistem berjualan di mana sobat tidak perlu memiliki produk untuk dipasarkan. Sobat hanya perlu melakukan kerja – kerja marketing dan pembayaran, pengiriman barang akan dilakukan langsung oleh supplier kepada pembeli. Masalah stock produk dan pengemasan barang menjadi tanggung jawab supplier anda.

Bisnis online model dropship bisa dilakukan hampir tanpa modal awal. Jadi tidak perlu khawatir soal merugi. Karena yang kita lakukan adalah seperti broker, menjadi perantara namun kita sebagai dropshiper mendapatkan harga khusus dari si supplier.

Kebanyakan pembeli Anda juga tidak tahu bahwa Anda sedang menggunakan jasa sistem dropship untuk pengiriman. Hal ini dikarenakan, privasi label pengiriman beridentitas diri Anda lengkap dengan alamat yang terulis ketika Anda melakukan pemesanan awal ke supplier.

Manfaat dari Dropship

Banyak banget manfaat dari bisnis model dropship ini, apa lagi buat kamu mahasiswa yang sering terkendala dengan permodalan. Berikut beberapa poin manfaat dropship menurut penulis:

Hanya Mengeluarkan Sedikit Uang

Untuk mendapatkan hak dropship masing – masing supplier memiliki kebijkan yang berbeda – beda. ada yang gratis, ada juga yang syarat membayar dengan nilai tertentu. Namun dropship pasti mengeluarkan uang lebih sedikit dari pada menjadi reseller dimana kamu harus menyiapkan stock barang yang cukup banyak. Cocok banget deh buat mahasiswa, “murah” 🙂

skema-dropship
Alur Distribusi Dropship

Mudah dan Efisien

Sistem dropship juga mempermudah kamu dalam hal  pembungkusan dan pengiriman barang. Karena pekerjaan ini akan dilakukan oleh Suplier, dan pengiriman tetap dilakukan atas nama brand yang kamu inginkan.

Bagaimana Memilih Suplier Dropship yang Berkualitas?

Sebelum melakukan bisnis sistem dropship kamu harus riset dahulu suplier yang akan menjadi mitra pilihan untuk menjalankan bisnis ini. penulis memberikan beberapa tips yang bisa menjadi acuan kamu untuk memilih.

Mau Jualan Apa?

Nah pertanyaan awal ini harus bisa kamu jawab. mau jualan apa? sebelum memilih supliernya kita harus tahu jualan apa dulu nih. Gampangnya pilih aja bisnis yang berkaitan dengan yang kamu gemari.

Produk Beragam

Keberagaman produk bisa menjadi bahan pertimbangan kamu untuk memilih suplier. semakin banyak acam produk peluang terjual akan semakin besar, karena akan memberikan banyak pilihan kepada calon pembeli.

Respon Cepat

Kecepatan respon suplier kepada kita juga menjadi aspek yang penting, karena kita harus melakukan komunikasi dua arah dengan pembeli juga. semakin lama suplier kita menjawab semakin lama juga pembeli kita menunggu. lama menunggu? sudah pasti hal yang menyebalkan dan membuat si pembeli menggagalkan pembelianya.

Kualitas Produk

Ini dia poin utama kamu dalam berdagang, kualitas produk adalah  hal yang utama. Selihai apapun kita mempromosikanya kalau kualitasnya buruk lambat laun orang – orang pasti meninggalkan produk tersebut. Penulis rekomendasikan sobat untuk coba membeli 1-2 produk dari suplier untuk memastikan dari produk tersebut.

Sukses
Untuk Sukses di bisnis dropshiping kamu harus teliti memilih suplier

Dukungan Marketing

Kamu harus mencari tahu, apakah suplier juga mendukung kamu dalam hal marketing? seperti menaru no handphone kmu di websitenya, atau seminimalnya menyediakan foto berkualitas tinggi yang dapat meyakinkan para calon pembeli. Tidak sedikit suplier yang malas menyiapkan konten – konten marketingnya, foto produk yang berkualitas rendah akan membuat calon pembeli tidak percaya.

Proses Pengiriman

Poins selanjutnya adalah bicara soal kualitas packing, dan pengiriman. bagaimana produkya di packing? apakah packingnya rapih dan baik? terus pengirimanya gimana? apakah cepat, dan dikirim di hari yang sama dengan pembayaran? atau menunggu besok hari? bahkan kamu juga harus tahu bagaimana ketentuan suplier ketika barang yang dikirim ternyata rusak, dibiarin aja? atau langsung di ganti dengan sigap?

Pertanyaan –  pertanyaan itu harus kamu cari tahu jawabanya tentunya untuk menjamin bisnis dropship yang kita bangun dengan suplier adalah bisnis yang professional dan mengedepankan kualitas. semoga beberapa tips diatas bermanfaat untuk sobat agar tidak salah langkah dalam memulai.

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Pendiri gerakan Kampung Sarjana, pemberdayaan pendidikan di daerah terpencil. Pegiat internet marketing.