Home Berita

“Fatahillah” Andalan Batavia Team UNJ di Hari Listrik Nasional

246
BAGIKAN

UNJKita.com – Universitas Negeri Jakarta terus menorehkan prestasinya dalam berbagai bidang. Meski kampus ini dikenal sebagai kampus pendidikan, pada kenyataannya banyak keilmuan-keilmuan murni non-pendidikan yang tak kalah dalam mengepakkan sayapnya dan terus berprestasi. Batavia Team misalnya, salah satu komunitas yang bergerak di bidang perancangan bahkan pembuatan mobil hemat energi ini turut mencetak prestasi.

Sejak didirikan pada tahun 2012, Batavia telah melahirkan beberapa mobil hemat energi. Salah satunya adalah Fathahillah. Fatahillah adalah nama mobil hemat energi yang dirancang oleh Batavia Team. Fathahillah merupakan mobil hemat energi jenis prototype listrik yang menggunakan energi batteray listrik dengan spesifikasi body dan sasis fiberglass, semi monuque. Fatahillah berhasil memboyong tropi juara satu dalam Kontes Mobil Hemat Energi yang diadakan oleh Ristekdikti di Jogjakarta. Batavia Team mampu membuktikan bahwa kampus Pendidikan ini juga mampu bersaing dan menghasilkan prestasi-prestasi lain di luar bidang kependidikan.

Pada momen hari listrik nasional kemarin yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), Batavia Team UNJ turut berpartisipasi dengan memperkenalkan karya mahasiswa yaitu mobil hemat energi. Fathahillah menjadi andalan bagi Batavia Team untuk mengenalkan kepada masyarakat atau bahkan tokoh-tokoh penting dalam bidang teknologi bahwa mahasiswa UNJ mampu membuat mobil hemat energi yang sudah mencetak juara. Fathahillah menjadi harapan untuk memperkenalkan karya anak bangsa, “Harapannya ya untuk memperkenalkan buatan mobil kita ke masyarakat”, ujar Fajri, ketua Batavia Team yang ditemui hari kamis lalu pada Pameran Hari Listrik Nasional di JCC. Keterlibatan UNJ khususnya Batavia Team mendapatkan apresiasi dari Ikatan Alumni (IKA) UNJ seperti Bu Ummi yang ditemui di stand Batavia Team pada saat itu. Beliau mengungkapkan rasa bangganya kepada Batavia Team termasuk apresiasinya terhadap Fathahillah yang menjadi andalan pada hari listrik kemarin.

Tidak hanya sampai di situ, Batavia Team terus berusaha untuk mendedikasikan yang terbaik dan kembali mencetak prestasi. Setelah Fathahillah, Batavia Team berencana untuk melakukan riset mobil-mobil lain dengan menggunakan energi terbarukan yang akan diikutsertakan pada perlombaan kontes mobil bulan november yang akan datang.

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Mahasiswa program studi pendidikan kesejahteraan keluarga, fakultas tenik, angkatan 2014. Menyukai dunia literasi dan sastra. Karena berbagi tidak melulu tentang harta, tetapi juga dalam bentuk tulisan yang menginformasi dan menginspirasi.