Home Mahasiswa Hiburan

Game Android Asah Otak yang Wajib Kamu Coba!

156
BAGIKAN

Suka main tebak-tebakan? Atau, kamu suka dengan hal-hal yang membuat kamu menjadi aktif berpikir?

Ada beberapa game android seru yang recommended untuk kalian yang suka dengan permainan asah otak ataupun sekedar iseng mengisi waktu luang. Mau tahu apa saja permainannya? Check this out!

1. Loop
Loop merupakan salah satu game menyusun garis. Dalam game tersebut, kita harus menyusun garis-garis yang teracak agar menjadi pola yang unik. Sesuai dengan namanya yaitu loop, pola yang akan terbentuk pun menjadi spiral dan meliuk-liuk, dan yang paling penting, antar garis tidak putus. Selain menyususn garis acak menjadi sebuah pola, ada satu macam lagi permainan dalam game ini. Kebalikan dari yang sebelumnya, permainan yang satu ini justru mengubah garis-garis yang sudah rapi berpola agar saling terpisah, tanpa ada yang bersinggungan antar garis satu sama lain. Kalian pun bisa membuat pola loop versi kalian di game ini, serta tersedia banyak level yang dapat kalian selesaikan.

2. Tes Koran
Tes Krapaelin atau yang biasa disebut dengan Tes Koran ini ini merupakan salah satu bentuk soal psikotes yang terdiri dari angka yang tersusun ke bawah. Dalam tes ini, sebenarnya hanya diminta untuk mengerjakan penjumlahan sederhana. Namun, karena banyaknya soal, tentu akan membutuhkan fokus dan ketelitian saat mengerjakannya. Kamu akan diminta untuk menjumlahkan 2 angka yang berdekatan (atas-bawah). Hasil penjumlahan yang kamu dapat tidak semuanya diinput, melainkan hanya angka ke dua dari hasil hitung tersebut yang kemudian diinput saat bermain game.

3. Logic Master 1
Logic Master merupakan sebuah game kreatif yang cocok untuk melatih logika berpikir seseorang. Kamu akan diminta untuk menjawab berbagai teka-teki dengan penyelesaian yang kreatif. Tak hanya tulisan, permainan ini dilengkapi dengan berbagai gambar. Game ini dijamin akan memberikan sensasi mind twist saat kamu mencobanya. Ada sekitar 203 level yang perlu kamu selesaikan. Selain itu, skor yang kamu dapatkan akan terbagi menjadi beberapa kategori penilaian, yaitu flexibility, memory, spatial visual processing dan attention.

4. Einstein’s Riddle Logic Puzzle
Tahukah kalian tentang teka-teki Einstein?
Albert Einstein yang merupakan seorang fisikawan asal Jerman ini memang sudah sangat terkenal di dunia berkat teori relativitasnya yang menyatakan jika E=m.c2. Selain teori relativitasnya, Albert Einstein juga terkenal dengan teka-teki buatannya, yang konon telah dibuat sejak ia masih kecil dan mengklaim jika hanya 2% penduduk dunia yang mampu menyelesaikannya.

Jika kamu sudah tahu tentang teka teki Einstein dan tertantang untuk menyelesaikannya, kamu sangat wajib untuk mencoba game ini. Sedikit berbeda dengan teka teki Einstein pada umumnya yang berupa tulisan, di game ini juga dilengkapi dengan gambar. Ada 5 level kesulitan yang diberikan, mulai dari easy, medium, hard, extreme hingga insane. Masing-masing level memiliki ratusan teka-teki yang dapat kamu jawab. Kamu bisa sangat ‘puas’ bermain teka-teki dengan aplikasi yang satu ini

Contoh soal Teka Teki Einstein
• Teka-teki ini tidak mengandung trik, hanya murni logika.
• Ada 5 buah rumah yang masing-masing memiliki warna berbeda. Setiap rumah dihuni satu orang pria dengan kebangsaaan yang berbeda-beda.
• Setiap penghuni rumah menyukai jenis minuman tertentu, merokok satu merk rokok tertentu dan memelihara satu jenis hewan tertentu.
• Tak satupun dari kelima orang itu yang minum minuman yang sama, merokok satu merk rokok yang sama, dan memelihara hewan yang sama seperti penghuni yang lain.
PERTANYAAN : Siapakah Yang memelihara IKAN?
PETUNJUK:
1) Orang Inggris tinggal di dalam rumah berwarna merah.
2) Orang Swedia memelihara anjing.
3) Orang Denmark senang minum teh.
4) Rumah berwarna hijau terletak tepat disebelah kiri rumah berwarna putih.
5) Penghuni rumah berwarna hijau senang minum kopi.
6) Orang yang merokok PallMall memelihara burung.
7) Penghuni rumah yang terletak di tengah-tengah senang minum susu.
8) Penghuni rumah berwarna kuning merokok Dunhill.
9) Orang Norwegia tinggal dirumah paling pertama.
10) Orang yang merokok Marlboro tinggal disebelah orang yang memelihara kucing.
11) Orang yang memelihara kuda tinggal disebelah orang yang merokok Dunhill.
12) Orang yang merokok Winfield senang minum bir.
13) Disebelah rumah berwarna biru tinggal orang Norwegia.
14) Orang Jerman merokok Rothmans.
15) Orang yang merokok Marlboro bertetangga dengan orang yang minum air.

Akan lebih mudah jika kamu mengerjakan Teka Teki Einstein ini di selembar kertas untuk mencoba berbagai kemungkinan (trial and error) sesuai petunjuk yang ada.

(sumber TTE: http://www.beritaunik.net/unik-aneh/teka-teki-einstein-hanya-2-orang-yang-bisa-menjawab.html)

5. TTS Cak Lontong
Game yang dipelopori oleh komedian Cak Lontog ini tidak mengharuskan kamu untuk berpikir logis, namun berpikir kreatif dan ‘di luar nalar’. Pertanyaan-pertanyaan yang menuntut jawaban kreatif ini akan memaksa kamu untuk berpikir secara berbeda. Permainan ini sangat populer di kalangan anak muda karena sulit ditebak, contohnya sebagai berikut:

Ketika ke sekolah, kita harus pakai

__ __ __ __ __ __ __ __
Nah, apa kira-kira jawaban yang terpikir oleh kamu? Seragam? Sepatu? atau segala macam atribut sekolah? Sayangnya jawabannya bukal hal tersebut, melainkan ANRAPIH. Ya, jika disusun maka akan menjadi kalimat:

Ketika kita ke sekolah, kita harus pakaian rapih.

Bagaimana menurut kamu? Unpredictable, kan?

Nah, itulah sederet permainan asah otak yang bisa kamu coba. Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satunya? Komen di bawah ya!

 

Oleh : Sarah Maryadi

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Ruang Publik Kepada Seluruh Civitas Akademika UNJ untuk menyampaikan kritik, & Saran. Yuk Kirimkan Buah Pikiranmu