Home Agenda

Grand EconoChannel Event (GREAT 4)

53
BAGIKAN

Adapun konten acara dan penjelasan konsep dari masing-masing konten yang diadakan dalam rangkaian kegiatan GREAT 4, diantaranya:

1.Lomba

Perlombaan yang diadakan pada GREAT 4 terdiri dari lomba yang bersifat umum (nasional) dan khusus. Adapun jenis perlombaan yang diadakan, yaitu:

a. Cerpen

Lomba cerpen yang diadakan bersifat umum (nasional). Dalam hal ini, peserta yang berhak mengikuti perlombaan adalah peserta yang memenuhi syarat dan ketentuan lomba (terlampir). Cerpen yang telah dikirimkan oleh peserta akan dinilai oleh dewan juri, untuk kemudian ditentukan juara I, II dan III nasional. Hadiah yang didapatkan berupa hadiah dengan total jutaan rupiah.

b. Foto

Lomba foto yang diadakan bersifat umum (nasional). Dalam hal ini, peserta yang berhak mengikuti perlombaan adalah peserta yang memenuhi syarat dan ketentuan lomba (terlampir). Foto yang telah dikirimkan oleh peserta akan dipublikasikan dalam media sosial LPM EconoChannel dengan hashtag dan lambang GREAT 4. Foto yang diikutsertakan dalam lomba akan dinilai oleh dewan juri, untuk kemudian ditentukan juara I, II nasional dan favorit. Hadiah yang didapatkan berupa total hadiah jutaan rupiah

c. Fashion Show

Lomba fashion show yang diadakan bersifat khusus (siswa Taman Kanak-Kanak). Dalam hal ini, peserta yang berhak mengikuti perlombaan adalah peserta yang memenuhi syarat dan ketentuan lomba (terlampir). Peserta tampil menggunakan pakaian/peralatan yang menjadi ciri khas dari suatu daerah, misalnya sarung, ikat kepala, dan lain-lain. Taman Kanak-Kanak (TK) yang diikutsertakan dalam perlombaan ini merupakan TK yang berada di sekitar Kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Peserta akan tampil pada acara puncak GREAT 4 dan dinilai oleh dewan juri secara langsung. Sebelum tampil pada kegiatan fashion show, peserta akan berkeliling UNJ untuk melaksanakan Kampanye Kebudayaan, yaitu mengenakan ciri khas suatu daerah dan mengkampanyekan mengenai nasionalisme. Pemenang terdiri dari juara I, II, dan III, dengan total hadiah jutaan rupiah.

d. Doodle Art

Lomba doodle art yang diadakan bersifat umum (nasional). Dalam hal ini, peserta yang berhak mengikuti perlombaan adalah peserta yang memenuhi syarat dan ketentuan lomba (terlampir). Karya yang dikirimkan berupa softcopy dan hardcopy. Softcopy diupload ke link yang telah disediakan oleh panitia GREAT 4, sementara hardcopy dikirimkan ke sekretariat LPM EconoChannel di Gd. L Kampus A, UNJ. Pemenang terdiri dari juara I, II dan III nasional dengan total hadiah jutaan rupiah.

e. Desain Poster

Desain poster yang diadakan bersifat umum (nasional). Dalam hal ini, peserta yang berhak mengikuti perlombaan adalah peserta yang memenuhi syarat dan ketentuan lomba (terlampir). Desain poster yang dikirimkan berupa softcopy dan hardcopy. Softcopy diupload ke link yang telah disediakan oleh panitia GREAT 4, sementara hardcopy dikirimkan ke sekretariat LPM EconoChannel di Gd. L Kampus A, UNJ. Softcopy poster yang telah dikirimkan akan diupload di media sosial LPM EconoChannel dengan lambang GREAT. Beberapa hasil desain poster berupa hardcopy untuk kemudian digunakan sebagai bagian dari properti kampanye kebudayaan. Pemenang terdiri dari juara I, II, dan III nasional dengan total hadiah jutaan rupiah.

f. Citizen Journalist

Citizen Journalist yang diadakan bersifat umum (nasional). Dalam hal ini, peserta yang berhak mengikuti perlombaan adalah peserta yang memenuhi syarat dan ketentuan lomba (terlampir). Video terpilih yang dikirimkan akan diupload di media sosial LPM EconoChannel. Pemenang terdiri dari juara I, II, dan III nasional dengan total hadiah jutaan rupiah.

Pendaftaran untuk seluruh lomba akan dilakukan melalui link pendaftaran yang akan dibuat oleh LPM EconoChannel. Pendaftaran dilakukan sesuai dengan timeline yang telah ditentukan. Adapun konten pendaftaran bagi peserta setiap lomba, yaitu:

  1. Data diri
  2. Softcopy foto peserta 3×4
  3. Bukti pembayaran lomba
  4. Hasil Karya (kecuali lomba fashion show)

 

2. Festival/Kampanye Kebudayaan

Festival/Kampanye Kebudayaan bersifat khusus, hanya diperuntukan bagi peserta fashion show yang terdiri dari siswa Taman Kanak-Kanak (TK). Kegiatan ini diadakan pada hari puncak GREAT 4, sebelum seminar nasional. Peserta fashion show yang telah menggunakan ciri khas daerah bersama dengan panitia LPM EconoChannel, bergerak mengelilingi kampus A UNJ untuk mengkampanyekan tentang nasionalisme. Adapun properti yang digunakan yaitu, hasil desain poster peserta lomba, lambang LPM EconoChannel, umbul-umbul, spanduk GREAT 4, dan selembaran tentang nasionalisme. Siswa TK yang terlibat akan memberikan selembaran tentang nasionalisme bagi seluruh mahasiswa maupun dosen/karyawan yang ada disekitar kampus A UNJ.

3. Pameran Foto

Pameran foto diadakan pada hari puncak GREAT 4, di lingkungan sekitar Aula Maftuchah. Jumlah foto yang dipamerkan minimal 30 foto dengan judul dan deskripsi singkat tentang foto yang dipamerkan. Foto yang dipamerkan merupakan hasil karya peserta yang mengikuti lomba foto. Selama pameran berlangsung, akan diadakan voting bagi foto terfavorit. Teknis voting yaitu dengan menempelkan lambang hati/great di salah satu foto yang disukai oleh pengunjung. Voting dilakukan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Pemenang lomba terfavorit akan diumumkan pada rangkaian kegiatan puncak GREAT 4.

4. Seminar

Seminar yang diadakan merupakan rangkaian puncak dari kegiatan GREAT 4. Seminar diadakan sebanyak dua kali, dengan masing-masing seminar berisi 2 narasumber. Teknis pelaksanaan seminar akan dijelaskan selanjutnya pada petunjuk.

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Co Founder & CEO of UNJKita.com | Accountant, Public Speaker, Researcher, & StartUp Entrepreneur.