Home Suara Anda Opini

Hai Pemuda… Indonesia Butuh Kamu!

609
BAGIKAN

Pemuda jelas telah mencatatkan sejarah di bangsa ini. Tepatnya hari ini Indonesia merayakan hari Sumpah Pemuda. Namun Setiap Jaman mempunyai ciri karakteristik Pemudanya masing masing. Pemuda yang jaman dulu jelas berbeda dengan Pemuda saat ini. Pemuda pada masa sebelum kemerdekaan mereka memliki keberanian yang sangat luar biasa, berani berkorban, semangat nasionalisme untuk memerdekakan Indonesia.

Pemuda pada masa Orde baru memiliki gairah untuk menyuarakan kebebasan dalam berpendapat di muka umum walau pada saat itu ancaman nya sangat mengerikan dan mereka berhasil meruntuhkan rezim tersebut. Lalu pada saat ini Pemuda seperti apa yang dibutuhkan Indonesia? Apalagi Indonesia saat ini Sudah Merdeka 71 Tahun yang lalu ditambah kita bebas mengeluarkan pendapat didepan muka umum. Berikut Karakteristik Pemuda yang dibutuhkan saat ini untuk menjadikan Indonesia lebih baik.

  1. Berahlak Mulia. Pemuda saat ini krisis terkait budi pekerti, seperti kurangnya rasa menghormati, menghargai, serta saling tolong menolong. Sehingga kita mudah timbul pepecahan antar pemuda seperti tawuran pelajar ataupun tawuran antarwarga. Sehingga Pemuda saat ini harus mempunyai ahlak yang mulia agar bangsa ini semakin maju dan lebih baik lagi serta tidak ada lagi pertentangan sesama pemuda Indonesia.
  2. Aktif. Pemuda hari ini harus aktif dan tidak boleh diam dalam segala hal. Ada kata kata mutiara yang menurut saya menarik seperti ini: “Hancurnya sebuah Negara bukan karena banyaknya orang jahat tetapi banyak orang baik yang mendiamkan kejahatan” kata kata tersebut harus kita dalami. Jika kita sebagai pemuda diam saja melihat bangsa ini porak poranda maka sama saja kita sebagai bom waktu yang akan meledak di negara tersendiri. Jadi Pemuda Indonesia harus Aktif dalam segala sesuatu hal, Aktif dalam berorganisasi sosial dan juga politik.
  3. Jiwa Kompetitor. Saat ini perubahan jaman semakin cepat, tidak hanya dibidang IT saja, dibidang ekonomi dan bidang sosial mempunya perubahan jaman yang sangat cepat. Dengan hal tersebutlah bangsa ini harus mempersiapkan Para Pemudanya untuk mempunya Jiwa Kompetitor yang baik. Apalagi tahun depan Indonesia ikut yang namanya MEA, jadi harus siap bersaing dengan para pemuda dari Asean lainnya. Jika ditanamkan jiwa kompetitor yang baik maka Indonesia semakin maju dalam berbagai bidang walau perubahan jaman yang sangat cepat berubah-ubah.
  4. Disiplin Waktu. “Time is Money” Pepatah tersebut menggambarkan bagaimana berharga nya waktu. Banhkan telat bisa menjadi budaya yang sangat mengkhawatirkan, pasti kalian sering mendengar jika ingin berkumpul “Akh tenang aja Indonesia mah selalu ngaret” Ini yang berbahaya jika terus mengakar. Pemuda Indonesia harus merubahnya dengan hal simple, seperti bagi yang agama Islam bisa bangun pagi untuk melaksanakan sholat subuh tepat waktu. Jika mereka sudah bisa disiplin terhadap waktu maka bangsa ini tidak akan kelewatan moment moment penting karena disitu pemudanya yang akan menjemputnya.

Itulah sebagian kecil yang harus dimiliki pemuda Indonesia saat ini. Saat ini yang kita lawan adalah keegoisan diri sendiri untuk memenangkan suatu golongan bukan lagi memenangkan bangsa ini. Ayo Pemuda Indonesia kita ubah diri ini untuk kepentingan bangsa karena sesungguhnya INDONESIA BUTUH KAMU…

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Seorang Pembelajar yang Ingin Terus Belajar