Home Berita

Himpunan Mahasiswa Manajemen Tingkatkan Minat Wirausaha Mahasiswa dengan Komunitas Business Plan

206
BAGIKAN

Universitas Negri Jakarta adalah kampus yang terkenal sebagai kampus pendidikan. Kebanyakan orang mengenal UNJ sebagai kampus pencetak guru. Akan tetapi tahukah kamu, bahwa UNJ bukan hanya kampus yang terdepan dalam bidang pendidikannya saja, tetapi juga terdepan dalam ekonomi.

Salah satu fakultas yang ada di Universitas ini adalah Fakultas Ekonomi. Fakultas Ekonomi UNJ terdiri dari tiga program studi, yaitu program studi Akuntansi, program studi Ekonomi dan Administrasi serta program studi Manajemen. Salah satu yang menjadi fokus penulis adalah, program studi manajemen yang melalui himpunan mahasiswanya mencoba membuat wadah bisnis untuk para mahasiswa manajemen di UNJ.

Hal ini dikarenakan Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) menyadari bahwa, minat bisnis dan wirausaha di lingkungan manajemen masih terbilang rendah, untuk itu Himpunan Mahasiswa Manajemen mengupayakan suatu gerakan yang bisa meningkatkan minat dan potensi mahasiswa manajemen dalam berwirausaha. Salah satunya dengan membuat program KAMU Manajemen (Kelompok Mahasiswa Unggul) yang di dalamnya ada room pengelompokan business plan.

Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) FE UNJ melalui divisi Research and Development (RnD) agaknya sadar betul bahwa, minat berwirausaha di kalangan mahasiswa manajemen butuh wadah yang tepat untuk memberikan bekal dan ilmu kepada teman-teman mahasiswa yang berminat menjadi pengusaha muda. Sesuai dengan tujuan yang diusung, yaitu untuk meningkatkan minat wirausaha dan mewadahi mahasiswa manajemen yang ingin berwirausaha. Melalui program KAMU Manajemen yang diusung RnD HMM, mahasiswa memiliki wadah dan tempat, untuk bisa mendapatkan ilmu, dan menjalin hubungan langsung melalui media sosial dengan para pengusaha muda yang telah sukses.

Program KAMU Manajemen sudah berjalan kurang lebih selama tiga bulan. Program ini terbagi dalam tiga room pengelompokan, yaitu kelompok penulisan, kelompok mahasiswa berprestasi, dan kelompok business plan. Masing-masing kelompok, dilengkapi dengan penanggung jawab yang berasal dari pengurus HMM, dan memiliki tutor yang merupakan alumni dari prodi Manajemen itu sendiri. Setiap mahasiswa manajemen berhak untuk mendaftar, dan memilih room pengelompokan sesuai passion mereka. Maksimal dua room untuk satu orang mahasiswa. Yang menjadi perhatian dalam program ini adalah room business plan, dimana program ini berhasil membuat startup dalam peningkatan minat dan kualitas mahasiswa dalam berwirausaha.

Kelompok business plan dalam program KAMU Manajemen memiliki dua orang tutor tetap, yaitu Sidiq Munajat dan Khairunnisa Mulya Hidayati. Keduanya adalah alumni dari prodi manajemen FE UNJ yang telah memiliki bisnis dan usahanya masing-masing. Kedua tutor bertugas membimbing dan mengarahkan para mahasiswa yang tergabung untuk bisa merencanakan bisnis mereka, dan keduanya juga menjadi tempat sharing para mahasiswa mengenai bisnis. Dalam kelompok business plan ini, kegiatan yang dilakukan adalah berupa diskusi online melalui media WA, yang dilakukan seminggu sekali setiap hari Jumat, dan diskusi terbuka, yang dilakukan di kampus dua minggu sekali. Program ini juga mengarahkan mahasiswa ke dalam lomba-lomba bisnis yang bisa mereka ikuti baik dari dalam, ataupun dari luar kampus.

Yang menarik adalah, narasumber atau pembicara dalam diskusi online ini adalah para wirausahawan yang telah sukses dengan bisnis mereka. Wirausahawan tersebut bukan hanya dari kalangan mahasiswa atau alumni UNJ, tetapi juga ada yang berasal dari kampus lain. Semua pembicara adalah orang-orang yang merintis bisnis atau usaha mereka dari bawah. Dan dalam diskusi online tersebut, narasumber menjelaskan dan sharing mengenai pengalaman bisnis mereka, dan bertanya jawab dengan mahasiswa yang tergabung dalam diskusi online tersebut.

Narasumber yang didatangkan dalam diskusi online selama kurang lebih 3 bulan ini diantaranya:
1. Umma Sa’idah, S1 Akuntansi FE UNJ 2014
Kak Umma, S1 Akuntansi FE UNJ yang sekarang diamanahkan sebagai Wakil Kepala Departemen Edukasi BEM FE UNJ. Dia juga seorang mahasiswi yang memiliki bisnis dibidang clothing atau produksi kerudung syar’i.

2. Mohammad Farhan Yusron, Alumni S1 Management FE UNJ 2011
Kak Farhan adalah seorang warausahawan yang merintis bisnisnya sejak di bangku kuliah. Dan sekarang dia memiliki usaha perternakan ikan yang beromset puluhan juta rupiah.

3. Fajar Faishal Iskandar, S1 Ekonomi Administrasi FE UNJ 2011
Kak Fajar telah lebih dari satu tahun menjadi team dari Billy Boen (Pengusaha dan Mentor Big Circle Metro TV) dan penanggung jawab dalam program Webinar (seminar online) yaitu Connext Mentoring Program.

4. Nuha Aisyah Amatulloh, S1 Bahasa Arab FBS UNJ 2011
Kak Nuha berwirausaha dalam bidang design creative. Founder dari @riekicreativa

5. Yusmaniar Aprilianti, S1 Ekonomi Administrasi FE UNJ 2011
Kak yusma berbisnis dalam bidang jasa. Ia mendirikan Bimbel bersama kedua temannya dari Universitas Indonesia dan Universitas Gunadarma

6. Triana Rachmawati Psikology, UNS 2011
Kak Tria adalah seorang sociopreneur, founder dari youthproject.com

7. Nastiti Cahyaning Hapsari, Pendidikan Kimia FMIPA UNJ 2010
Kak Anis adalah seorang wirausahawan yang fokus pada produksi hijab, pendiri @athiyyahhijab dan @shalihahpreneur dan sudah memiliki penghasilan 40-50 juta perbulan.

Kelompok business plan ini telah berhasil menjaring kurang lebih 38-40 orang mahasiswa manajemen, dan kedepannya diharapkan mampu meningkatkan lagi jumlah mahasiswa yang bergabung.

Untuk mengetahui dampak dari program ini terhadap mahasiswa yang tergabung, saya berhasil mewawancarai seorang mahasiswi yang tergabung dalam program KAMU Manajemen kelompok business plan bernama Fitri Sintiya Dewi, yang sedang duduk di semester 3.

Berikut cuplikan wawancara kami:
Dalam program KAMU Manajemen, room pengelompokan apa saja yang kamu pilih?
Room pengelompokan Mawapres dan business plan

Apa pendapat kamu tentang room pengelompokan yang kamu pilih?
Menurut saya, kedua pengelompokan tersebut sangat bagus dan sangat menarik. Program ini sangat membantu saya mengasah dan melatih kemampuan saya terhadap penulisan, karya tulis, maupun dalam membaca peluang bisnis yang ada.

Apa alasan kamu mengambil kelompok business plan?
Karena saya ingin menjadi wirausaha dan punya kemauan yang tinggi dalam berbisnis. Karena bisnis itu menurut saya suatu hal yang menarik, yang wajib diketahui lebih dalam lagi. Karna nanti nya saya akan menjadi sarjana ekonomi, saya ingin bisa membuka peluang usaha sendiri dan membuka banyak lapangan pekerjaan buat memajukan perekonomian kita.

Apa yang kamu rasakan setelah mengikuti kelompok business plan ini? Adakah perubahan dalam dirimu?
Iya ada, jadi lebih terarah semangatnya,dan menambah wawasan saya terhadap bisnis. Dan karna ada meet up sama tutor, serta diskusi online dari orang-orang yang sukses di bidangnya, kita menjadi lebih semangat dalam mempelajari bisnis itu sendiri.

Apa kesan dan pesan kamu untuk program ini?
Kesannya adalah program ini sangat memotivasi, bagus, kreatif dan luar biasa. Pesannya semoga kedepannya semua tutor yang ada bisa mengajarkan kita cara untuk membuat business plan yang baik, buat pelatihan ikut lomba, supaya kedepannya bisa membawa nama manajemen dan UNJ.

Dilihat dari perkembangan wirausaha muda di Indonesia yang semakin hari semakin meningkat, agaknya pilihan program yang berfokus pada bisnis, memang sudah selayaknya ada di universitas.

Kedepannya, kampus yang menjadi tempat mahasiswa berkembang tentunya harus mendukung setiap program kerja yang dibentuk himpunan mahasiswa atau badan eksekutif mahasiswa, hal ini penting karna dukungan dari pihak birokrat tentulah bisa membantu perkembangan dari setiap program yang di bentuk. Semoga semakin banyak lagi program business plan lain yang turut ambil bagian dalam meningkatkan minat dan kualitas mahasiswa untuk berwirausaha.

Oleh: Rianti Dea Rizky Pratiwi

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Ruang Publik Kepada Seluruh Civitas Akademika UNJ untuk menyampaikan kritik, & Saran. Yuk Kirimkan Buah Pikiranmu