Home Agenda

Mahasiswa UNJ Bebenah Pendidikan di Daerah

785
BAGIKAN

BANTEN memiliki potensi sumber daya alam yang begitu melimpah. Tapi, ketersedian sumber daya tersebut tidak didukung dengan kualitas yang baik. Ketimpangan prioritas pembangunan pendidikan di kota dan desa pun sangat begitu terasa. Sehingga persebaran kualitas sumber daya manusia yang ada tidak merata hingga ke desa.

Selain itu minimnya sarana pendidikan menghambat kinerja guru dan kreativitas guru dalam membangun keharmonisan dikelas. Terhambatnya penerapan beberapa tema pembelajaran karena ketidaktersediaan sarana belajar. Pembelajaran oleh guru pun relatif terbatas seperti dalam kegiatan praktikum maupun kegiatan yang memerlukan pembelajaran outdoor. Padahal guru sebagai pilar utama pendidikan. Sehingga siswa pun ikut kurang berkembang dan tidak mampu bersaing dengan siswa pada sekolah unggulan.

Dalam upaya mengatasai hal tersebut, Komunitas Lentera Surosowan berkolaborasi dengan Ikatan Keluarga Mahasiswa Banten Universitas Negeri Jakarta (IKMB UNJ) dan Forum Beasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Jakarta (FBM UNJ) mengadakan kegiatan Bebenah Pendidikan berupa kegiatan sosial edukasi yang bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa dan pengembangan inovasi media dan pembelajaran kreatif bagi guru agar mampu membangun kegiatan belajar mengajar yang interaktif dan harmonis dan Beswan Goes to School. Kegiatan dilaksanakan di Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang Banten pada tanggal 21-24 Januari 2016.

Rangkaian kegiatan meliputi sekolah binaan yang terdiri kelas sains, kelas seni dan kelas bahasa dengen pendekatan indoor class dan outdoor class. Siswa di ajak belajar dan bermain sekaligus bereksperimen dengan bidang sains, seni dan bahasa. Di waktu yang sama ketika siswa di ajak belajar dan bermain oleh para relawan, beberapa kelompok guru dilatih untuk pengembangan media pembelajaran. Pelatihan media pembelajaran bagi guru mengajak para guru se Kecamatan Cimanuk Pandeglang Banten sebanyak 40 lebih guru dari perwakilan tiap sekolah.

Tidak hanya kegiatan sekolah binaan dan pelatihan guru, beberapa relawan pun mengunjungi sekolah menengah atas atau sederajat untuk berbagi informasi seputar beasiswa menempuh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Kampanye “Jangan Takut Kuliah” menjangkau sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Cimanuk dan sekitarnya. Melalui Beasiswa Goes to School (BGTS) pelajar SMA diberikan motivasi dan mengenai pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Rangkaian di akhiri dengan focus group discussion (FGD) secara fokus kepada para mentor yang disebar selama acara dan memberikan informasi kepada guru yang bersangkutan seperti kepala sekolah dan BK untuk mendorong siswa dan memberikan tata cara pendaftaran beasiswa. Harapannya unsur guru dan siswa ada keselarasan informasi.

“Di desa itu banyak benih-benih unggul yang merupakan aset untuk kemajuan pembangunan SDM daerah yang perlu kita dorong bareng-bareng. Kita terjun langsung bersama mereka dan kita bagi apa yang kita bisa. Kesenjangan itu kita bisa potong tanpa ada sekat. Dan gotong royong antar komunitas” Ujar Mardy, Ketua Komunitas Lentera Surosowan.

Kegiatan Bebenah Pendidikan merupakan bagian untuk berkontribusi kepada masyarakat dalam upaya mengamalkan Tridarma Perguruan Tinggi berupa Pengabdian Masyarakat dengan meningkatkan sumber daya manusia melalui pendidikan. Kegiatan tersebut melibatkan 45 relawan yang berasal dari Mahasiwa Universitas Negeri Jakarta dan Kampus Jakarta lainnya. Salah satu harapan dari serangkaian acara ini adalah terbentuknya SDM dengan tingkat pendidikan yang lebih baik yang nantinya mereka akan kembali dan melanjutkan pembangunan daerah khususnya Banten. (MJ)

Komentar Kamu?

BAGIKAN

Ruang Publik Kepada Seluruh Civitas Akademika UNJ untuk menyampaikan kritik, & Saran. Yuk Kirimkan Buah Pikiranmu