Home Konten Pilihan

Inilah Mahasiswa Berprestasi UNJ 2016 Jagoanmu!

2449
BAGIKAN

Hi sobat unjkita.com! Dengan bangga, tim unjkita.com mempersembahkan profil Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) S1 UNJ tahun ini. Yang mana jagoanmu?

Palupi Mutiasih – Fakultas Ilmu Pendidikan

IMG-20160331-WA0038

Palupi Mutiasih, Mahasiswa Berprestasi pertama dari Jurusan PGSD yang berhasil mewakili Fakultas Ilmu Pendidikan untuk kompetisi MAWAPRES tingkat UNJ. Cita-citanya menjadi guru sekaligus konsultan penidikan ini, mempunyai pendapat bahwa mahasiswa berprestasi adalah mahasiswa yang berani keluar dari zona nyamannya.

“Menjadi sebuah rasa syukur yang tak terhingga saat dinobatkan menjadi mawapres utama FIP 2016. Ajang ini membuat saya mengerti bahwa berprestasi adalah keharusan untuk setiap mahasiswa. Jika kuliah dan bidikmisi adalah berkah, maka berprestasi adalah implementasi atas berkah yang kita punya,” ungkap Palupi.

Palupi yang juga merupakan Wakil 1 None Buku Jakarta Pusat 2014 ini sangat menyukai dunia anak-anak dan buku tentunya. Hal ini menjadikan ia untuk menuliskan Karya Tulis Ilmiah MAWAPRES tentang pendidikan yang berdaya saing dengan mengusung konsep fun garden literation, sebuah desain pojok literasi yang menyenangkan bagi anak.

“Sehingga minat baca tumbuh bukan karena paksaan namun karena kebiasaan. Fun Garden Literation tidak hanya sebagai gagasan saja, namun sudah diimplementasikan di comdev Rumbel Ceria dan sedang menggagas penggalangan donasi buku untuk mengimplementasikan FGL di Comdev UNJ, Comdev Teko, dan Lebak Banten. Untuk Lebak Banten, insyaAllah akan diimplementasikan tanggal 17 April di Desa Sajira Lebak. Yuk sumbang buku!” jelas Palupi.

Mahasiswi yang juga mempunyai passion di bidang kepenulisan ini aktif sebagai jurnalis muda di koran Media Indonesia dan SINDO. Palupi juga aktif di kegiatan-kegiatan kepemudaan dan kerelawanan salah satunya adalah menjadi pengajar muda untuk anak-anak TKI di Serawak, Malaysia.

Bagi Palupi, berprestasi bukan hanya tentang siapa kita, tapi tentang banyak orang dibelakang layar yang telah mendorong kita untuk berlari cepat mengejar impian. “Ada orang tua, keluarga, Kak Gita, Kak Annisa, semua dosen, Kak Gia dan seluruh keluarga Comdev yang telah menginspirasiku!” pungkas Palupi.

Umi Khumairoh – Fakultas Ilmu Sosial

IMG-20160331-WA0039

Umi Khumairoh adalah Mahasiswa Berprestasi Fakultas Ilmu Sosial dari Jurusan Ilmu Agama Islam. Mahasiswi asli Betawi ini memiliki hobi menulis dan trevelling. Umi yang akan menginjak semester 6 berhasil mempertahankan IPK 4,00 sampai saat ini lho! Oleh karena itu, Umi ingin sekali menjadi dosen muda dan motivator. Mahasiswi berprestasi ini ternyata sangat aktif sekali di kegiatan organisasinya, seperti Sekretaris Umum BEMJ IAI 2015, NuraniKu, FBM UNJ, BSO-ICA, dan Pusgerak Red Soldier. Saat ini, Umi sedang menjabat sebagai pimpinan redaksi Radio JIAI Online dan Staff Departemen Dalam Negeri BEM UNJ 2016.

Menurutnya, mahasiswa berprestasi adalah seorang mahasiswa yang memiliki nilai lebih daripada mahasiswa lainnya baik dari segi akademik dan non akademik, dan yang memiliki mimpi untuk diraih serta semangat yang tinggi untuk membuat bangga kedua orang tua dan orang-orang disekelilingnya.

Alhamdulilah rasa syukur atas segala nikmat yang Allah berikan termasuk anugrah sebagai mawapres utama FIS 2016. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu, menyemangati serta mendoakan saya. Yakinlah bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses. Dan lakukanlah yang terbaik semaksimal mungkin untuk orang-orang yang kita sayang,” ungkap rasa syukur Umi.

Umi mengangkat pembahasan identifikasi budaya Islam Betawi yang ada di Jakarta untuk Karya Tulis Ilmiah yang akan dipresentasikan 21 April 2016 mendatang. Ia menggunakan media aplikasi flip book yang terdiri dari tiga menu utama, diantaranya Tradisi Islam Betawi, Wisata Religi, dan Kesenian Betawi.

“KTI ini bertujuan untuk melestarikan budaya Islam Betawi dan sebagai bentuk sumbangsih kepada pemerintah dalam rangka mengembangkan wisata religi yang ada di Jakarta,” jelas Umi.

Tahun lalu, Umi juga menjadi delegasi UNJ untuk mengajar anak-anak TKI di Serawak Malaysia. Selain itu, saat ini Umi sedang bersiap-siap untuk Student Exchange ke Leipzig University bulan Mei mendatang dalam program Exploring Legal Culture“Jadilah mutiara yang selalu berkilau, meski dalam tumpukkan pasir sekalipun” (Umi Khumairoh).

Wanda Amelia Rahma – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Wanda Amelia

Wanda Amalia Rahma, perempuan berhijab anggun kelahiran Tasikmalaya, 18 Maret 1995 ini berhasil terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi dari FMIPA UNJ tahun 2016. Perempuan yang sering disapa dengan sebutan Wanda dan merupakan sosok pengagum B. J. Habibie ini merupakan mahasiswa dari Prodi Pendidikan Kimia UNJ yang sangat senang membaca. Salah satu buku favoritnya, yaitu “Sepatu Dahlan”.

Masa kecil Wanda dihabiskan di Kota Tanggerang, Banten. Ayahnya merupakan seorang karyawan swasta sedangkan ibunya adalah seorang pedagang. Kedua orang tuanya sangat memperhatikan pendidikan anaknya, karena itulah Wanda sangat termotivasi untuk terus berprestasi.

“Sosok menginspirasi dalam hidup saya adalah Ibu. Ibu yang selalu mengajarkan bahwa hidup tak sesempit angka di atas kertas. Menebar kebermanfaatan akan jauh lebih mulia. Ibu dengan segudang kisah perjuangannya di masa lalu sehingga berhasil mendorong diri ini untuk terus bangkit dari segala kegagalan yang dialami!” ungkap Wanda.

Prestasi Wanda semakin meningkat ketika memasuki bangku perkuliahan. Mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi ini turut aktif di berbagai perlombaan dan berhasil menjadi yang terbaik. Prestasi yang pernah diraihnya yang menurutnya merupakan prestasi terbesar, yaitu saat berhasil menjadi juara 1 poster tervaforit Olimpiade Sains Nasional Pertamina pada tahun 2014.

Winda juga aktif menulis karya tulis untuk disertakan dalam perlombaan penyusunan karya tulis tingkat nasional yang diadakan beberapa universitas. Beberapa karya tulisnya juga diterbitkan oleh surat kabar nasional SINDO, yaitu “Desa Butuhkan Inovasi Mahasiswa” dan “Enzim Mahasiswa”. Pada kompetisi MAWAPRES tingkat UNJ, Wanda akan mempresentasikan Karya Tulis Ilmiahnya yang berjudul “Video Kalender Kimia Online Berbasis Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Asam Basa.”

Impian Wanda selanjutnya adalah segera lulus sarjana. “Mohon doanya, orang tua Wanda berharap bisa lulus cepat, karena sebentar lagi Ayah pensiun. Jadi, Wanda harus segera melanjutkan estafet perjuangan Ayah. Biar adik-adik Wanda bisa sekolah lebih tinggi lagi. Untuk MAWAPRES FMIPA ini, bonus dari Allah. Alhamdulilah,” pungkas Wanda.

Ines Wahyuniati Riza – Fakultas Teknik

Ines Wahyuniati Riza

Mahasiswi Berprestasi selanjutnya adalah Ines Wahyuniati Riza. Mahasiswi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik angkatan 2012 ini merupakan anak kedua dari tiga bersaudara yang bercita-cita menjadi insinyur yang cinta lingkungan. Mahasiswa keturunan Jawa-Padang ini, mempunyai pendapat bahwa mahasiswa berprestasi adalah mahasiswa yang dapat menyeimbangkan prestasi akademik, non akademik, serta memiliki kemampuan soft skill yang baik.

Ines yang juga merupakan penerima hibah penuh lelang ide ini sangat menyukai olahraga futsal, menggambar, dan menjahit. Prestasi Ines yang membanggakan lainnya adalah pemakalah dalam ACCMES dan ICENS di Jepang. Untuk kompetisi MAWAPRES tingkat UNJ tahun ini, Ines mempersembahkan Karya Tulis Ilmiah tentang masalah struktur bangunan di kawasan kumuh pada penduduk yang mengabaikan aspek kesehatan, lingkungan, dan hemat energi.

“Salah satu solusinya dengan memodifikasi atap flat jadi atap standar karena bisa memaksimalkan pencahayaan alami, sirkulasi udara, dan juga menambah nilai estetika,” jelas Ines.

Perempuan rendah hati ini, berencana untuk melanjutkan S2 di Osaka Univeristy. Ines mempunyai motto “Life is not about gaining more, but giving more.”

Alhamdulilah jadi mawapres FT, semoga saya dapat menginspirasi dan lebih berkontribusi untuk Indonesia,” pungkas Ines

Fransiskus Asisi Bagus – Fakultas Ilmu Keolahragaan

Fransiskus Bagus

Fransiskus Asisi Bagus Winata, pria kelahiran Depok, 2 Juni 1994 ini berhasil terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi dari Fakultas Ilmu Keolahragaan tahun 2016. Pria yang sering disapa dengan sebutan Bagus, ternyata jago sekali taekwondo dan sepak bola. Prestasinya di bidang sepak bola sudah tidak diragukan lagi, baik tingkat nasional maupun tingkat internasional.

Alumni SD-SMP-SMA Mardi Yuana Depok ini, sedang bekerja sebagai administrasi laboratorium di Laboratorium Sint Carolus sejak 2012.

Bagi Bagus, Mahasiswa Berprestasi adalah mahasiswa yang mampu memberikan dampak manfaat untuk orang-orang di sekitar kita.

Ajeng Pratiwi  – Fakultas Ekonomi

IMG-20160116-WA0035

Mahasiswi berprestasi selanjutnya adalah Ajeng Pratiwi. Mahasiswi jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi angkatan 2013 ini beberapa bulan lalu menjadi delegasi UNJ untuk mengikuti kegiatan VTIC (Volunterism Teaching Indonesian Children) di Serawak, Malaysia. Di sana, Ajeng mengajar dan memotivasi anak-anak TKI untuk mau melanjutkan sekolah setinggi-tingginya.

Cita-citanya yang ingin menjadi dosen Ekonomi Syariah dan pengusaha jasa bimbingan belajar ini, mempunyai pendapat bahwa kunci sebagai mahasiswa berprestasi sebenarnya ada dalam kebermanfaatan untuk orang lain, sehingga prestasinya itu ada dampaknya dan terasa untuk lingkungannya. Mahasiswa berprestasi juga tidak bisa hanya dipandang dari sisi akademis atau non akademis semata, karena Ajeng yakin bahwa setiap individu itu berrprestasi pada bidangnya masing-masing.

“Yang menginspirasi saya sampai saya bisa menjadi MAWAPRES FE adalah Keluarga BSO KSEI UNJ dan Keluarga BEM FE UNJ,” pungkas Ajeng.

Ajeng aktif di kegiatan organisasi, salah satunya sebagai Wakil Kepala Departemen Edukasi BEM FE. Mahasiswi yang mempunyai hobi membaca dan menulis ini, sering mengantarkan ia meraih berbagai prestasi dalam bidang kepenulisan. Motto hidup Ajeng, Faizaa azamta fatawakkal ‘alallah (maka apabila telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah). Ia telah berencana untuk mengejar impiannya untuk bisa berkuliah di jurusan ekonomi syariah, Durham University, UK.

Kecintaannya kepada topik ekonomi syariah, membuat Ajeng mengembangkan sebuah aplikasi yang ia berinama GO ZAKAT. Aplikasi tersebut dituliskannya menjadi Karya Tulis Ilmiah untuk Kompetisi MAWAPRES tingkat UNJ.

Dina Chaerani – Fakultas Bahasa dan Seni

IMG-20160331-WA0043

Sama seperti Palupi, Dina Chaerani Sinaga merupakan MAWAPRES pertama dari Jurusan Bahasa Jerman yang berhasil mewakili Fakultas Bahasa dan Seni untuk kompetisi MAWAPRES tingkat UNJ.

Alhamdulilah… Dinobatkan menjadi mapres FBS adalah salah satu wish list Allah kabulkan untuk saya di tahun ini. Semoga saya bisa memberikan hasil yang terbaik untuk semuanya. Well actually the biggest challenge after reach this succsess is shutting up about it. Sukses untuk kita semua!” ungkap Dina.

Tahun 2013, Dina berangkat ke New York sebagai Indonesian Representative in International Day of The Girl United Nations Youth Take Over Malala Day. Selain itu, Dina juga menjadi delegasi Indonesia dalam ajang Jakarta-Berlin Sister City 2014 di Berlin, Jerman!

Mahasiswi yang pernah mewakili UNJ untuk lomba debat Mahasiswa TVone ini, juga aktif sebagai Youth Advisory Panel di Plan Indonesia dan Youth Anti-Corruption Ambbasador. Dan beberapa waktu lalu, Dina juga menjadi youth panelist to speech in Ministerial Conference on Civil Registration and Vital Statistics in Asia and The Pacific, UNESCAP di Bangkok.

Seorang Dina tentu mempunyai sosok inspirator dalam hidupnya. “My Father is the best creature that Allah has ever made and sent to me. Beliau gak pernah maksain kehendak. Beliau selalu ada di saat aku susah dan senang. Mulai dari adegan ketabrak motor kerena harus jalan subuh-subuh buat visa ke USA. Sampai rela-rela jemput tengah malam sehabis ikut kegiatan. Aku gak butuh alasan buat selalu bikin beliau bangga. Tugasku cuma satu, bikin beliau gak sedih dan selalu terkaget-kaget dengan perkembanganku. No one could even compare him.”

“Karya Tulis Ilmiahku tentang festival anak-anak di ASEAN dalam rangka menghadapi MEA. Kalau pengen tahu lebih lanjut datang tanggal 21 April 2016 ya!” pungkas Dina.

 

Yuk, sobat unjkita.com jangan lupa hadir Kompetisi Mahasiswa Berprestasi UNJ pada tanggal 21 April 2016 ya! Sekali lagi yuk dukung MAWAPRES jagoanmu!

 

Komentar Kamu?