Home Mahasiswa Belajar

Jakarta Mulai Diguyur Hujan, Ini Yang Harus Kamu Persiapkan

1555
BAGIKAN

Musim penghujan saat ini sudah memasuki bulannya, bulan November sampai Maret. Bagi sebagian orang, musim hujan adalah anugerah terindah yang dirasakan, karena dari yang kita tahu di sebagian wilayah Indonesia seperti Palembang, Riau, Jambi dan sebagian besar wilayah di pulau Kalimantan serta masih banyak lagi daerah lainnya sedang mengalami musibah nasional yaitu kabut asap akibat pembakaran hutan oleh sebagian oknum-oknum tertentu.

Turunnya hujan menjadi sangat penting untuk memulihkan kondisi kebakaran dan kabut asap yang sedang terjadi. Lain hal nya dengan turun hujan di Jakarta dan kota kota besar lainnya yang tidak terkena kabut asap. Turunnya hujan di awal musim penghujan menjadi ciri-ciri yang diwaspadai dan penanda musim banjir untuk sebagian besar wilayah termasuk ibukota Jakarta.

Nah, buat kamu-kamu para mahasiswa yang setiap harinya harus pergi dari dan menuju kampus, sudah saatnya kamu punya persiapan mutakhir dalam menghadapi kondisi cuaca yang seperti ini.

Bawa Jas Hujan dan Payung

unj payung

Alangkah baiknya sebelum kamu berangkat kuliah ke kampus, kamu harus menyiapkan dan membawa jas hujan atau ponco bagi yang berkendara motor, atau juga kamu bisa membawa payung untuk persiapan kamu dijalan. Takutnya tiba-tiba ketika kamu sedang dalam perjalanan turun hujan, kamu bisa menggunakan jas hujan atau payung untuk melindungi kamu dari air hujan.

Siapkan Sandal

sandal jepit

Kuliah haruslah rapi, kamu gak maukan kuliah dan masuk kelas dengan kondisi sepatu yang basah akibat terkena hujan. Nah, kamu bisa nih saat pergi kuliah menggunakan sendal untuk mengantisipasi agar sepatu kamu tidak basah. Sampai kampus, kamu bisa kembali memakai sepatu kamu yang tadi kamu simpan didalam tas kamu.

Jangan Lupa Bawa Baju Ganti

kaos kampus

Dengan membawa baju ganti yang kamu gunakan ketika baju yang kamu kenakan basah terkena air hujan. Baju ganti bisa kamu bawa di dalam tas kamu atau kamu bisa membawa baju kamu di dalam tas kamu dan pergi kuliah menggunakan baju lainnya. Agar saat kuliah di kelas, baju kamu tidak basah dan tetap dalam kondisi rapi.

Bawa Handuk Kecil

handuk kecil

Kondisi menerobos hujan dan banjir membuat diri kamu basah terkena air hujan, kondisi yang basah seperti ini sebaiknya kamu membawa handuk kecil untuk kamu mengelap tubuh kamu dan berganti pakaian yang sudah kamu siapkan dari rumah tadi.

Cek Kondisi Kendaraan Kamu

motor terobos

Jika kamu pergi ke kampus dengan kendaraan kamu sendiri, sebelum kamu berangkat cek kembali kendaraan kamu pastikan kendaraan kamu dalam kondisi baik dan prima. Pastikan juga kendaraan kamu bisa menerobos banjir dan hujan. Jangan lupa membawa perlengkapan bengkel buat kamu seketika motor kamu mogok dan rusak di perjalanan.

Simpan Dokumen Dengan Baik

rain cover

Kuliah di musim hujan tentu sangat merepotkan bagi kamu, kondisi kampus yang jauh dan rute yang rawan banjir. Kendala hujan dan banjir pastinya membuat kamu bingung dalam membawa tugas-tugas kamu menuju kampus. Tugas yang sudah kamu kerjakan dengan rapi dirumah serta dokumen-dokumen penting yang kamu sudah siapkan untuk dikumpulkan di kampus harus kamu jaga dengan baik agar tidak terkena air hujan atau pun banjir yang nantinya akan merusak dokumen kamu. Simpan dokumen kamu di tempat yang tidak bisa terkena air, seperti di tas atau ransel kamu yang sudah diberi jas hujan (Cover Bag), selimuti atau tutupi dokumen kamu dengan plastik. Masih banyak cara yang kamu bisa lakukan untuk menjaga dokumen kamu dengan rapi agar tidak terkena hujan, yang jelas simpan dokumen kamu dengan baik ya guys.

Jangan Lupa Cek  Prakiraan Cuaca

cuaca

Sebelum kamu berutinitas dan berangkat ke kampus, pastikan kamu mengecek prakiraan cuaca. Kamu bisa mengecek di televisi tentang perkiraan cuaca pada hari ini, atau kamu mendengarkan radio dan mencari info di internet mengenai cuaca hari ini. Lihat apakah cuaca hari ini akan turun hujan atau panas. Pastikan juga kamu mengetahui daerah mana aja yang akan turun hujan. Prakiraan memang belum selamanya benar 100 persen, namun ada baiknya jika kita waspada sejak dini tuk persiapkan semuanya.

Jangan Lupa lihat Rute

Peta-Banjir-Jakarta

Setelah kamu mengecek prakiraan cuaca hari ini, terakhir kamu juga harus mengecek rute yang akan kamu tempuh dan lewatkan dalam menuju tempat kamu menuju kampus. Kamu harus melihat rute daerah mana saja yang terkena hujan dan daerah rawan banjir. Gunakan rute yang tidak terkena banjir dan kamu bisa berangkat dengan mudah menuju kampus.

Musim hujan jangan kamu jadikan alasan ya guys  buat kamu malas-malasan kuliah. Kamu harus semangat… Nah dengan point-point di atas kamu bisa mempersiapkan diri kamu dengan baik sebelum kamu berangkat pergi ke kampus. Selamat mencoba ya guys…

Komentar Kamu?

BAGIKAN

Co Founder & CEO of UNJKita.com | Accountant, Public Speaker, Researcher, & StartUp Entrepreneur.