Home Mahasiswa Belajar

Jurus Andalan Tepis Salah Jurusan

572
BAGIKAN

Berbeda dari SMA, SMK, atau sederajat, kalian yang baru lulus dan akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi tentulah tengah pusing menghadapi beragam jurusan yang tersedia.

Ingin kuliah sesuai cita-cita, tapi masih kelimpungan memilih jurusan yang pas? Atau hendak masuk perguruan tinggi favorit yang didesaki saingan, namun takut salah jurusan dan tak cocok dengan pilihan?

Setiap orang yang akan berkuliah pasti pernah merasa kebingungan dalam menentukan jurusan. Biar enggak jadi menyesal karena jurusan, cobain hal berikut deh!

1. Kumpulin Info Sebanyak-banyaknya

Informasi akan memandumu memahami jurusan-jurusan yang ada di bangku perkuliahan. Tentulah di kampus, ada beberapa nama jurusan yang mungkin tidak sesuai dengan bobot perkuliahan namun masih berkaitan. Agar mendapat gambaran detail, coba mulai menggali tentang jurusan yang sedang kamu inginkan lewat internet, media sosial, tanya para alumni yang kalian kenal, atau berdiskusi pada senior di sekolah yang sedang berkuliah di jurusan tersebut.

2. Perhatikan Potensi Diri Sendiri

Bicara jurusan, pasti mengarah pada profesi idaman. Buatlah sesegera mungkin list prestasi apa saja yang sudah kamu capai, dan tulis pula jurusan yang berhubungan dengan minat dan aktivitas penunjang prestasimu. Setelah itu, hubungkan dengan jurusan yang telah kamu ketahui yang menurutmu sesuai.

3. Sering-seringlah Berdiskusi dengan Guru BK

Gunanya guru Bimbingan Konseling di sekolah, kerap diartikan sebagai guru yang menangani kenakalan siswa. Padahal enggak demikian lho! Kamu yang sedang galau jurusan, mintalah saran dari guru Bimbingan Konselingmu di sekolah. Karena mereka telah berpengalaman mengurus rangkaian seleksi penerimaan mahasiswa baru bagi siswanya dari tahun ke tahun, tentulah pandangan dan pengetahuan mereka tentang jurusan lebih luas dan pasti akurat.

4. Lihat Nilai Akademik

Beberapa jurusan memiliki syarat sesuai nilai mata pelajaran khusus. Semisal, kalian meminati jurusan teknik, maka yang perlu diperhatikan adalah nilai pada mata pelajaran IPA.

5. Catat Beragam Syarat

Setiap universitas dengan jurusan tertentu mutlak memberi ketentuan bagi calon mahasiswanya dalam menentukan kelulusan CAMABA (Calon Mahasiswa Baru), kalau kalian ingin mendapat jurusan sesuai keinginan, jangan pernah melupakan apalagi mengabaikan syarat-syarat yang telah diberikan. Baik itu syarat dokumen-dokumen yang perlu dilengkapi, tes, wawancara, ataupun hal lainnya.

6. Bertekad kuat

Saat menentukan jurusan yang kita inginkan, seseorang tak hanya menghadapi ego dirinya sendiri, tetapi juga mesti bertanya pada diri sendiri dan membuat perjanjian. Kuliah tak lagi seperti sekolah, banyak waktu yang mesti dikorbankan, apalagi ketika terjun ke dunia skripsi, maupun kesabaran menghadapi tuntutan jurusan yang memiliki tenggat masa perkuliahan. Kalau tidak memiliki komitmen tinggi, meski awalnya terdapat kesesuaian antara keinginan dan jurusan, nantinya seseorang bisa saja bosan kemudian berhenti di tengah jalan.

7. Jangan Terpaku dan Terlalu Kaku

Jurusan dalam perkuliahan tak mutlak jadi penentu dalam masa depan. Banyak faktor lain yang bisa dijadikan acuan seseorang dalam mewujudkan impian selain jurusan. Kalau kamu masih setia menunggu dan berjuang demi jurusan yang kamu harapkan, baiknya diperkuat dengan doa serta usaha yang lebih. Namun, tak ada salahnya membuka diri dengan menyiapkan jurusan lain yang masih berkesinambungan dengan cita-cita kamu. Selain usia tidak terbuang hanya untuk menunggu, bisa jadi memang takdir yang menuntunmu sukses meski dengan berpindah haluan.

Sekian motivasi tentang memilij jurusan dari Tim UNJKita. Apapun keinginan dan jurusan yang hendak ditekuni, perkuatlah motivasi sobat ya!

Perkuliahan sejatinya gerbang kedewasaan, bukan hanya memaksakan keinginan pada satu jurusan.

Oleh: Dian Pertiwi Joshua (PKK, Fakultas Teknik 2012)

Komentar Kamu?