Home Mahasiswa Belajar

Jurus Jitu Mendapatkan Judul Skripsi

2128
BAGIKAN

Hi sobat unjkita.com! Sudah ada rencana menyusun skripsi? Atau masih bingung mencari judul skripsi? Jangan khawatir, kali ini tim unjkita.com akan berbagi tentang tips mendapat judul skripsi. Buat kamu mahasiswa semester enam dan tujuh harus baca nih!

Skripsi merupakan mata kuliah pamungkas yang harus dihadapi mahasiswa untuk dapat lulus kuliah S1. Bukan rahasia lagi jika mata kuliah ini terkadang menjadi monster menakutkan yang menghantui para mahasiswa. Namun, benarkah skripsi itu menyeramkan? Jawabannya tergantung pada kita dalam menyikapinya.

Memang banyak tantangan dan pengorbanan dalam menyusun skripsi. Salah satu tantangan adalah sulitnya mendapat judul skripsi. Namun, jika kita tekun dan gigih, tantangan seberat apapun pasti akan ada solusinya kok. Berikut ini jurus jitu untuk mendapatkan judul skripsi:

Kenali Minatmu

stack-of-books-1001655_640

Skripsi bukan sembarang karya tulis. Skripsi merupakan sebuah maha karya yang harus disusun dengan cinta, kasih dan kerelaan dari relung hati terdalam, hehe. Nah, agar selalu enjoy dalam menyusun skripsi, tema skripsi harus sesuai dengan minat. Untuk mengenali minatmu, kamu dapat menenangkan diri dan menganalisis minat dengan membuat list minat. Susunlah beberapa minat yang ada dari minat tertinggi hingga minat terendah.

Baca juga: 7 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Mahasiswa Skripsian

Rajin Membaca Jurnal Penelitian

Sobat unjkita.com, sudah sering baca jurnal penelitian? Jika belum, mulai sekarang kamu harus rajin baca jurnal ya. Berbeda dengan buku, jurnal lebih mudah diperoleh dan lebih kekinian. Kamu cukup search di mbah google. Banyak jurnal yang gratis kok!

Dengan membaca jurnal penelitian kamu akan memperoleh banyak informasi yang dapat dijadikan bahan penelitian. Terkadang ada saja jurnal yang memiliki kelemahan, kekurangan atau membutuhkan imformasi tambahan. Justru ini kesempatan bagi kamu untuk mengembangkan dan menyempurnakan penelitian tersebut.

Rajin Berkunjung ke Perpustakaan dan Membaca Skripsi Senior

Skripsimu cuma bisa nongkrong di perpustakaan kampus aja nih?

Berkunjung ke perpustakaan sangat bermanfaat untuk mencari hidayah dalam mendapatkan judul skripsi. Rajinlah membaca skripsi senior yang disediakan di perpustakaan. Mungkin saja kamu dapat mengembangkan penelitian dari skripsi senior yang kamu baca. Kamu tidak perlu membaca skripsi dari awal hingga akhir. Cukup dengan membaca judul, latar belakang masalah dan rumusan penelitian. Oh iya, jangan sampai jadi plagiat juga ya!. Kamu cukup mengambil inspirasi, lalu memodifikasi atau subtitusikan (mengganti) variabel yang belum pernah diteliti sebelumnya.

Berkonsultasi ke Senior

Salah satu jurus jitu mendapatkan judul skripsi adalah dengan rajin berkonsultasi dengan senior terutama senior yang telah lulus. Para senior biasanya memiliki banyak pengalaman dan informasi tentang skripsi. Jika beruntung, kamu akan diberi judul skripsi dari catatan list judul skripsi yang tidak dipakai olehnya. Pokoknya jangan sungkan ya. Kamu bisa berkonsultasi melalui WA, BBM, Line atau SMS kok. Asal jangan modus, lho! Biasanya senior akan sangat terbuka jika ada adik tingkat yang membutuhkan bantuan.

Bergabung dengan Proyek Dosen

startup-photos

Sering kali ada dosen yang mengadakan proyek penelitian dengan bantuan dana hibah dari pemerintah. Kesempatan emas nih! Biasanya dosen tersebut akan meminta bantuan mahasiswa untuk mengerjakan proyeknya. Jika ada peluang seperti ini, kamu bisa mendaftarkan diri segera. Kalau bisa sih dosennya yang meminta langsung ke kamu untuk membantu proyek penelitiannya. Artinya, sejak awal kamu harus bisa dekat dengan dosen dan membuktikan kualitasmu ya. Selain tidak pusing mendapatkan judul, kamu juga akan lebih hemat dana dan tidak perlu pusing mencari dosen pembimbing.

Jangan Terlalu Perfeksionis

Terkadang ada saja mahasiswa yang ingin penelitiannya berkelas dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Namun, karena tidak diimbangi dengan sarana dan fasilitas, justru menjadi bumerang bagi diri sendiri. Terlebih jika masih sering memelihara rasa malas yang dapat menyerang kapan saja. Tentu hal tersebut menjadi kendala yang berdampak pada pelaksanaan penelitian. Hmmm, serem juga ya. Jangan sampai skripsi tidak kunjung kelar karena terlalu idealis dan perfeksionis ya. Harus lihat kondisi dan sarana presarana penunjang juga. Pertimbangkan pula batas waktu penelitian ya!

Jangan Khawatir Jika Mengambil Kajian yang Sederhana

Banyak mahasiswa yang berpikir bahwa semakin sulit penelitian, maka peluang mendapat nilai A semakin besar. Adakalanya pemikiran tersebut benar namun adakalanya kurang tepat. Dalam penilaian skripsi, para dosen yang terdiri dari ketua sidang, dosen pembimbing, dan dosen penguji umumnya tidak melihat seberapa rumit variabel dalam penelitian skripsi. Walau tidak dipungkiri rumitnya variabel penelitian menjadi nilai lebih tersendiri. Namun, para dosen umumnya lebih melihat pada metode penelitian, penguasan materi, cara penyajian, kemampuan berbahasa, kemampuan berkomunikasi, kemampuan menjawab pertanyaan dan sikap kita.

Artinya, jangan sampai kamu mengambil variabel yang sulit namun tidak diimbangi dengan kemampuan dalam menguasai materi. Bisa dibantai nanti di sidang skripsi! Untuk mengantisipasinya, kamu dapat mengambil variabel dengan kajian yang sederhana. Walau sederhana, kamu akan berpeluang besar mendapat nilai A jika menguasai apa yang kamu kerjakan. Semangat mencoba!

Komunikasi dengan Dosen PA

person-hand-smartphone-technology (1)

Siapa yang belum hafal nama dosen PA? Parah banget jika tidak tau nama dosen PA! Memiliki dosen PA merupakan sebuah anugrah yang indah karena kamu bisa berkonsultasi tentang akademik. Jangan sungkan menemui dosen PA ya. Mereka akan sangat terbuka jika ada mahasiswa yang memiliki tekat kuat untuk segera merajut untaian ribuan kata menjadi skripsi.

Dosen PA biasanya juga sangat berpengalaman dalam hal mencari judul skripsi karena mereka biasanya sudah sering menjadi dosen pembimbing atau dosen penguji. Beruntung jika kamu bisa dapat judul dari dosen PA. Kuncinya satu, jangan malas berkonsultasi!

Baca juga: Cara Meluluhkan Hati Dosen Pembimbing

Jangan Takut Jika Judulmu Dikatakan Tidak Bermutu

Ada lagi nih persepsi dari kebanyakan mahasiswa. Umumnya mahasiswa akan bertanya-tanya dalam hati tentang mutu judul skripsi. Terkadang banyak pula yang membandingkan judul skripsinya dengan judul skripsi teman atau senior. Lumrah sih, tapi jangan sampai karena hal seperti itu membuat terlalu lama mencari judul skripsi ya!

Kamu hanya butuh meyakinkan diri bahwa judul skripsi yang kamu ambil memang bermutu. Ingat, dosen biasanya melihat pada kemampuan kamu dalam menguasai materi penelitian saat ujian skripsi. Banyak lho judul penelitian yang katanya bermutu tapi justru gagal dapat nilai A. Itu karena pembuatnya kurang menguasai materi saat ujian skripsi.

Pahami Jenis Penelitian dan Pasang Target Penelitian

Kamu harus paham jenis penelitian yang hendak kamu lakukan dan pasang target penelitian. Jangan asal memilih judul mengingat judul dapat merepresentasikan jenis variabel dan sampel penelitian.

Sampel penelitian skripsi bisa “mahasiswa” sehingga bisa mudah mengambil data kapan saja. Jika sampelnya siswa dan bentuk penelitian adalah R and D (Research and Development) maka harus benar-benar menyusun skenario jadwal mengingat penelitian ini biasanya menyesuaikan dengan jadwal di sekolah. Jangan sampai penelitian gagal hanya karena tidak bisa menyesuaikan dengan jadwal di sekolah. Bagi yang non-kependidikan, harus bisa memperkirakan akhir penelitiannya supaya segera olah data dan pembahasan.

Membuat List Judul Skripsi

startup-photos (1)

Setelah menemukan minat dan mencari wangsit dengan berkonsultasi kepada banyak pihak, langkah selanjutnya adalah membuat list judul skripsi. Siapkan alat tulis dan selembar kertas, lalu cobalah menuliskan beberapa judul skripsi yang sesuai dengan minatmu. Susunlah beberapa judul skripsi tadi berdasarkan urutan dari minat tertinggi hingga minat terendah. List judul skripsi inilah yang nantinya harus kamu ajukan ke kaprodi untuk mendapat persetujuan.

Ajukan List Judul Skripsi ke Kaprodi

Setelah membuat list judul skripsi, kamu harus segera finalisasi proses mencari judul skripsi. Umumnya proses persetujuan judul skripsi dilakukan oleh kaprodi. Berikut langkah-langkah setelah menyusun list judul skripsi.

  1. Ajukan beberapa judul tersebut kepada kaprodi. Pada saat mengajukan ke kaprodi, kamu harus paham seluk beluk dari judul yang kamu ajukan meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah, variabel penelitian, hingga hipotesis. Semakin kamu meyakinkan kaprodi, maka semakin besar peluang untuk langsung disetujui judul yang kamu ajukan.
  2. Jika kaprodi menolak semua judul yang kamu ajukan, segera susun kembali judul lainnya. Jika perlu minta saran dari kaprodi langsung. Jangan menyerah ya.
  3. Jika sudah mendapatkan judul, segera mencari Dosen Pembimbing bersama kaprodi. Biasanya kaprodi akan memetakan nama dosen pembimbing sesuai dengan bidang penelitian yang kamu ajukan. Keuntungan jika mengajukan judul di awal adalah kamu bisa merekomendasikan dosen pembimbing yang kamu inginkan ke kaprodi yang pada umumnya disetujui. Bahkan kamu bisa merekomendasikan ke kaprodi dalam memilih dosen penguji. Dosen pembimbing yang kamu inginkan usahakan yang sering berada di kampus seperti kaprodi itu sendiri sehingga kamu akan lebih mudah menemui untuk berkonsultasi.
  4. Jika sudah mendapat rekomendasi dosen pembimbing dari kaprodi, segera temui dosen pembimbing tersebut. Ceritakan segalanya meliputi judul penelitian hingga hipotesis. Biasanya kamu akan diminta untuk segera menyusun draf proposal skripsi dari bab 1 hingga bab 3.
  5. Segera ikuti perintah dosen pembimbing, minimal seminggu dua kali harus konsultasi. Di awal, biasanya dosen pembimbing ingin menguji niat kamu dengan memberikan banyak coretan revisi di proposal kamu. Namun jika kamu gesit dan tangguh, dosen pembimbing justru akan semakin mendukungmu.
  6. Yang terakhir, jangan lupa bahagia!

 

Itulah beberapa jurus jitu mendapatkan judul skripsi yang kita banget. Semoga bermanfaat ya!

Template Presentasi Skripsi Powerpoint 336x280

Komentar Kamu?

BAGIKAN

Pencari cahaya langit dan mahkota persahabatan/ Bahagia di atas kebahagiaan orang lain/ Pend. Biologi UNJ.