Home Mahasiswa

Keuntungan Memiliki Teman Beda Jurusan

798
BAGIKAN

Hai sobat mahasiswa baru UNJ 2016! Apa kabar kuliahnya nih selama kurang lebih 2 bulan ini? Semoga lancar hingga toga disandang di atas kepala nanti ya. Aamiin...

Bagaimana rasanya pertemanan saat masih duduk di bangku SMA dengan Kuliah? Tentu lebih luas pada masa perkuliahan, karena di sini kamu akan menemui beragam jenis manusia. Dari yang mulai berbeda paham hingga berbeda ideologi.

Maka dari itulah sobat, kampus disebut sebagai miniaturnya sebuah negara. Nah, berikut ini tim redaksi UNJKita.com merangkai beberapa keuntungan mempunyai teman ber beda jurusan / bidang keilmuan a.k.a. Prodi/Fakultas :

Memperluas Jaringan Pertemanan

Terdengar biasa mungkin, tapi tahukah kalian jika suatu saat nanti teman berbeda bidang keilmuan bisa menjadi referensi yang sangat berharga dari mulai penugasan kuliah bahkan ketika kalian mulai terjun ke dunia kerja. Dengan banyaknya kenalan kalian yang berbeda keilmuan, justru bisa membuka peluang kerja kalian semakin luas.

Sumber Belajar

Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Begitulah pepatah lama mengajarkan kita tentang makna perbedaan. Begitu pula dengan bidang studi, lain bidang lain juga lah hal yang dipelajari. Dari perbedaan ini sering kita temui hal menarik dari perbedaan bidang studi. Kadang kita bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mempermudah kita. Misalkan kita seorang mahasiswa bidang studi Pendidikan. Namun kita ingin belajar terkait pemrograman, kita bisa belajar dengan sesama mahasiswa yang mempunyai bidang studi Teknik.

Menambah Wawasan

Tentu mahasiswa teknik kelak akan mempelajari hal-hal yang berbau teknik. Dan mahasiswa seni akan mempelajari hal-hal yang berbau seni. Terdengar tidak asing, tentu iya karena untuk itulah kita kuliah. Yaitu, mendalami bidang keilmuan dari program studi yang kita ambil. Nah disinilah keuntungannya dari berteman yang berbeda bidang keilmuan. Kalian bisa belajar bidang keilmuan lain dari program studi yang kalian ambil secara cuma-cuma lewat teman. Dari sini juga, kita bisa melakukan ekspansi ilmu pengetahuan dan menambah sudut pandang keilmuan dari sudut lain bidang studi yang kita ambil.

Mencari Jodoh

Untuk hal yang satu ini bukanlah suatu lelucon, sering kita dapati undangan walimahan senior yang ternyata memiliki pasangan yang satu kampus dan beda bidang keilmuan. Bahkan sering keluar anekdot-anekdot dari alumni-alumni UNJ “Anak FIP biasanya jodohnya anak MIPA”. Hal itu mungkin hanya anekdot belaka tapi cukup menjabarkan sering terjadinya pertemuan jodoh antara dua insan FIP dan MIPA.

Hal di atas merupakan sedikit dari banyaknya manfaat mempunyai teman berbeda bidang keilmuan. Jadi manfaatkan lingkungan kampus ini menjadi labolatorium kalian dalam bermasyarakat. Karena pepatah mengatakan, “1 Musuh Terlalu Banyak, 1000 Teman Terlalu Sedikit.”

Jadi tak ada salahnya bukan memiiki teman berbeda jurusan/ bidang keilmuan ?

Komentar Kamu?

BAGIKAN