Home Mahasiswa Belajar

Tips dan Trik Mendunia Melalui Hobi ala Tara Art

109
BAGIKAN
Tara dan Keluarga berfoto bersama dalam agenda Gebyar Akuntansi ke 8 di UNJ

Hi Sobat unjkita.com!! Sinematografi merupakan salah satu ilmu terapan yang membahas tentang teknik menangkap gambar dan menggabung-gabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang dapat menyampaikan ide dan gagasan pembuatnya.

Saat ini untuk mengembangkan sebuah potensi pribadi, tentunya wujud dari kreativitas sendiri yang merupakan sebuah bentuk perang pemikiran dalam menunjukan kemampuan tiap individu, sinematografi hadir dalam berbagai platform, salah satunya adalah Youtube serta pelakunya disebut Youtuber.

Youtuber adalah seseorang atau sekelompok orang yang memproduksi video untuk diupload di Youtube. Biasanya dia memperlihatkan diri didepan kamera dengan menunjukkan kreatifitas yang mereka miliki, kali ini unjkita.com mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai salah satu youtuber yang dulunya pernah kuliah di Universitas Negeri Jakarta, serta kiprahnya sudah dikenal oleh dunia lewat karyanya.

doc. Gebyar Akuntansi 8th UNJ

Diwantara Anugrah Putra, atau yang akrab disapa dengan panggilan Bang Tara / Tara Arts, lahir di Jakarta, 25 Desember 1989. Tara menekuni berbagai pekerjaannya seperti menjadi seorang Youtuber (Tara Arts Movie, Tara Arts Game) untuk mengkomunikasikan berbagai hobinya seperti  Sulap, game, editing, nyanyi, berenang, billiard, dalam sebuah platform youtube

Yuk kita simak hasil wawancara Diwantara Anugrah Putra dengan tim unjkita.com.

Hai Bang Tara, Gimana proses sejarahnya bisa terjun ke Youtube?

Jadi, pada awalnya semua bermula dari hobi. Saya memiliki banyak sekali hobi dari menggambar komik, sulap, game, editing, nyanyi, berenang, billiard dan masih banyak lagi deh, saya memulai karir dengan menggambar, karena sejak kecil pun saya memang menyukai menggambar sampai waktu itu diminta membuat komik serial berwarna oleh kompas gramedia pada tahun 2014.

Serta, dulu saya juga mempunyai sebuah toko yang menjual peralatan sulap.Untuk mempromosikan toko, akhirnya saya membuat sebuah channel Youtube dengan nama “Tara Arts Magic“,dimana di channel tersebut saya mulai meng-upload video diri sendiri bermain sulap dan juga video tentang tips dan trik bermain sulap yang bahkan, Toko magic tara arts berhasil mencapai omset 1 Juta/hari lewat media promosi online youtube. Tapi, channel ini sekarang tidak lagi aktif sejak 2 tahun terakhir hehe…

Katanya Bang Tara ini dulu salah satu Mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta? Wih, beneran bang?

Hahaha, bener jadi dulu saya itu adalah salah satu mahasiswa jurusan Seni Rupa dari Fakultas Bahas dan Seni Universitas Negeri Jakarta (FBS UNJ). Tapi, waktu itu sembari kuliah saya juga aktif buat bikin video di youtube dan gak kepikiran sampai akhirnya pihak YouTube menawarkan kerja sama. Cukup sulit tuh, tapi saya memutuskan untuk tidak melanjutkan kuliah, awal nya denger keputusan ini ibu saya tentunya kaget, sampai beliau kasih izin dan berpesan tentunya kalau belajar bisa dimana aja asal tetap tanggung jawab dengan segala keputusan yang ada hehe…

Oh begituuu… Lalu akhirnya untuk memulai langkah selanjutnya dari hidup Bang Tara kedepannya hal apa yang jadi titik mulanya sampai sekarang seperti ini lewat Youtube salah satunya?

Satu hal yang perlu diketahui yaitu “be yourself” dalam hal apa pun, tanggung jawab terhadap orang tua dan diri sendiri tentunya jadi poin penting mau kemana selanjutnya ketika ingin memulai babak baru.

Begitu pun youtube, Kalian bisa memiliki konten yang sama (contoh konten yang sama untuk gaming) tapi tetap setiap orang pasti punya sifat yg berbeda dan pastinya memiliki keunikan masing-masing. Itulah yang akan ditonton, bukan hanya konten, tetapi personality seseorang juga.

Hal apa sih bang, yang paling disukai dengan menjadi pembuat konten YouTube?

Ketika kita bisa melakukan apapun yang kita cintai dan senangi atau yang orang sering bilang hobi yang dibayar. Hehe

Intinya lakukan apa yang kamu suka, tidak usah mikir uang dan jumlah subscriber. Anggap saja kayak hobi dibayar. Kami awalnya begitu bukan karena duit. Duit itu sebagai hadiah sajalah hahaha

Darimana sih bang ide – ide untuk bikin konten konten?

Ide selalu muncul darimana aja sih sebenernya bahkan bisa berasal dari kejadian tidak terduga. Pernah suatu hari tetangga saya di kompleks rumah mengadakan acara dangdutan hingga tengah malam. Suara dangdutannya bisingnya bukan main sampai akhirnya saya dan adik saya kesal karena suara musik dangdut begitu kencang, sampai-sampai membuat kaca jendela rumah saya bergetar.

Nah, dari suara bising musik dangdut tadi akhirnya saya dan adik saya justru terinspirasi untuk membuat film ala Kingsman, gitu hehe. Alhamdullilahnya, banyak penonton yang merasa terhibur, bahkan memuji plot cerita yang kami susun.

Denger denger nih bang, katanya bang Tara dihubungi untuk menjadi Visual Effect sama Steven Spielberg yang bikin Jurrasic Park itu? Bener Bang??!

Haha, masa siih?

Bener sih, hehe… jadi waktu itu Spielberg meminta agar Tara Arts Movie membuat video endorse untuk serial drama musikal yang sedang diproduserinya. Nah, kita pun akhirnya diminta menyebutkan serial drama berjudul Smash dalam kanal YouTube-nya.

Widih, terus kalau memulai Youtube harus modal kamera dan peralatannya dong kak? Mahal gak tuh?

Di awal-awal, Saya dan Gema juga pastinya menggunakan peralatan seadanya. Contohnya aja pas saya buat video pertama yang berjudul Bearminators, cuma bermodalkan kamera ponsel milik ibu saya dan hasilnya ya, begitu deh jangankan buram bisa dibilang lebur hahahaha.

Poin nya sih dari saya peralatan tidak harus canggih, dari segi teknikal, tidak usah mikirin, lakuin aja karena kreativitas kita lebih mahal harganya hehehe

Dan terakhir nih Bang Tara, ada pesan gak buat sobat UNJKita yang mau menekuni sinematografi?

Hahaha, kalau mau tekun di dunia ini yang terpenting adalah kreativitas, karena jangan pernah berfikir kalau kita akan kehabisan ide, kenapa? Soalnya ide bisa dating darimana aja bahkan dari bahan obrolan yang sedang ramai di masyarakat, apa yang terjadi di sekitar komplek rumah, atau bahkan ada di dalam kamar kita sendiri. Karena dunia akan selalu membutuhkan kreativitas dari kalian semua.

Jadi, jangan pernah takut gagal ya untuk mencoba dan terus mencoba ya sobat unjkita.

Komentar Kamu?

BAGIKAN

Mahasiswa Akuntansi dengan nama pena “Awan Tijel” yang tertarik dengan dunia jurnalistik…