Home Berita

Klarifikasi Panitia Rakernas BEM SI Ke-X Terkait Kehadiran PT. Semen Indonesia Dalam Rakernas

272
BAGIKAN

Hidup Mahasiswa!
Hidup Mahasiswa!
Hidup Rakyat Indonesia!

Dalam rencana kegiatan yang disusun oleh panitia, agenda paska pembukaan Rakernas Jumat 21 April 2017 akan diisi Kuliah Umum Kebangsaan oleh Zulkifli Hasan selaku Ketua MPR RI yang telah disampaikan melalui surat undangan Rakernas kepada seluruh anggota penuh BEM SI.

Perkembangan dilapangan dalam persiapan kegiatan Rakernas, Ketua MPR membatalkan agenda tersebut dikarenakan adanya kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan.

Tentu, kekosongan agenda dalam rangkaian kegiatan rakernas membuat panitia harus melakukan improvisasi kegiatan. Mengingat Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) sebagai Koordinator Isu Ekonomi, kami melakukan improvisasi dengan membentuk *Panel Diskusi bertemakan BUMN (PTSI) dan Konflik di Kendeng*.

Panitia pun mengundang Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dapil Cirebon Herman Khaeron, Dirut PT. Semen Indonesia Rizkan Chandra yang kemudian diwakilkan oleh Darmawan Junaidi selaku Direktur Keuangan PT. Semen Indonesia, dan Deputi BUMN. Namun, Deputi BUMN tidak dapat menghadiri kegiatan ini.

Dalam pelaksanaan kegiatan, beberapa kendala teknis yang tidak bisa dikontrol secara penuh oleh panitia pelaksana, yaitu waktu kedatangan para panelis. Kegiatan diskusi publik dimulai dengan keterlambatan kehadiran dari perwakilan Komisi IV DPR RI, dan kemudian bergabung ditengah tengah kegiatan yang menimbulkan persepsi yang berbeda dengan niat mengadakan diskusi publik ini.

Melalui surat terbuka ini panitia Rakernas BEM SI Ke-X beritikad baik untuk melakukan klarifikasi terkait kronologi pra dan paska kegiatan demi memulihkan nalar publik. Tanpa niat dan maksud untuk menciderai perjuangan selama ini, panitia menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak yang telah dirugikan atas kejadian ini, Aliansi BEM SI, BEM Unswagati, dan rekan rekan seperjuangan yang selama ini mengawal kasus ini dan secara khusus kepada rakyat Indonesia.

Pada bagian akhir ini, dengan tegas kami selaku panitia Rakernas BEM SI menolak pembangunan Pabrik Semen di Kendeng, Rembang oleh PT. Semen Indonesia maupun korporasi lainnya demi menjaga alam tetap lestari.

Semoga kita semua tetap dalam lindungan Allah SWT. Mari berbenah dan terus bergerak melawan penindasan.

Wassalamu’alaykum wr.wb.
Panitia Rakernas Ke-X BEM Seluruh Indonesia

Presiden BEM Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
Surya Oktaviandi Zebua
082318273121

Komentar Kamu?

BAGIKAN