Home Berita

KPB Nycticorax Mengadakan Seminar Mobile Apps 2016

591
BAGIKAN

unjkita.com – Sabtu (21/04/2016), KPB Nycticorax bekerjasama dengan Nec Technology mengadakan “Seminar Mobile Apps 2016” bertempat di Aula Perpustakaan UNJ. Acara yang dihadiri puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi ini menghadirkan dua narasumber, yakni Rivan Dely Kusuma, S. Com dan Hendro Pramono, S. Pd. Acara berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga 12.30 WIB.

KPB NYCTICORAX 1

Acara diawali dengan bacaan ayat suci Al-Quran dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana Andre Amin Hidayat dan sambutan Ketua KPB Nycticorax Adam G. Priambodo. Dalam sambutannya, Andre mengapresiasi kinerja panitia serta mengajak peserta untuk tidak melewatkan transfer pengetahuan dari pemateri.

Acara terbagi menjadi dua sesi pemaparan materi. Sesi pertama diisi oleh Rivan Dely Kusuma, S. Com yang membawakan materi “Prospek dan Tantangan Teknologi Mobile di Indonesia”. Dalam kesempatan tersebut, Rivan Dely Kusuma atau yang kerap disapa Bang Rivan menjelaskan berbagai peluang dan hambatan pengembangan teknologi mobile di Indonesia. Menurutnya, sudah seharusnya bangsa Indonesia tidak hanya sekedar sebagai pengguna dari produk-produk teknologi, melainkan perlu ikut mengembangkan teknologi tersebut.

Lebih lanjut, Rivan menjelaskan bahwa pasar mobile memiliki potensi yang sangat besar. Pertumbuhan perangkat mobile atau yang lebih dikenal dengan sebutan hardware terus diikuti dengan perkembangan perangkat lunak (software) atau apps. Namun sayangnya pengguna apps tidak berbanding lurus dengan meningkatnya para pembuat apps terutama di Indonesia. Kelangkaan sumber daya manusia yang menguasai bidang pemograman apps di Indonesia menjadi pekerjaan rumah tersendiri.

Rivan juga mengajak kepada segenap masyarakat untuk turut mengembangkan aplikasi mobile. Menurutnya, membuat apps merupakan hal mudah, yang terpenting adalah memiliki passion, semangat belajar dan kreatif. Siapapun dapat menjadi pembuat apps (developer) terlepas dari latar belakang pendidikan.

Sesi kedua diisi oleh Hendro Pramono, S. Pd yang membawakan materi “Cara Membuat Aplikasi Android”. Dalam pemaparannya, Hendro menguraikan langkah-langkah dalam membuat aplikasi android. Secara umum proses pembuatan apps tidak sesulit yang dibayangkan. Hendro sendiri merupakan lulusan Program Studi Pendidikan Biologi UNJ yang pada dasarnya bukan program studi yang berkaitan dengan pemograman mobile. Walau demikian, Hendro sangat mumpuni dalam membuat apps terbukti dengan beberapa program apps yang telah diuatnya.

Acara berlangsung secara lancar tanpa ada kendala berarti. Peserta tampak antusias mendengarkan pemaparan materi, tidak hanya itu semua peserta juga mendapatkan free trial di NEC Technology. Acara ditutup dengan dooprize berupa pembagian kupon Diskon Computer Course sebesar Rp.500.000,00. Pemenang doorprize adalah Soffa dari mahasiswa UNJ dan Sulaiman dari Universitas Islam Attahiriyah Jakarta.

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Pencari cahaya langit dan mahkota persahabatan/ Bahagia di atas kebahagiaan orang lain/ Pend. Biologi UNJ.