Home Alumni

Launching Abroad You(th) Buku Antologi, Dedikasi untuk Pemuda Indonesia

878
BAGIKAN

UNJKita.com – Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda (28/10) diadakan peluncuran buku yang berjudul “Abroad You(th) 1st Chapter : Antologi Kisah Para Pemuda Perwakilan Indonesia dalam Program Internasional di Luar Negeri”, secara simbolis melalui pemberian buku tersebut kepada Kepala Museum Sumpah Pemuda di Jakarta untuk menjadi salah satu koleksi perpustakaan di sana.

Buku ini merupakan inisiatif dari alumnus Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang bernama Putri Agustina. Sekitar pertengahan tahun 2015, Putri sudah berpikir untuk menuangkan beberapa pengalamannya dalam mengikuti program kepemudaan yang kegiatannya diselenggarakan di luar negeri semasa dia menjadi mahasiswi. Namun, karena pada saat itu pengalamannya hanya tiga kali gratis ke luar negeri maka dia pun membuka formulir kontributor. Akhirnya, karya tersebut kini menjadi antologi dengan beragam kisah khas anak muda saat meraih mimpi untuk terlibat dalam kegiatan positif pengembangan diri di level global. Putri merasa bahwa semua pemuda Indonesia berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang supaya bisa menjadi generasi penerus bangsa yang berwawasan luas lalu siap membuat perubahan positif di tanah air.

Kontributor di dalam buku chapter pertama ini berjumlah 25 orang yang berasal dari DI Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Bengkulu, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan seluruh provinsi di Pulau Jawa. Ada yang bercerita tentang pengalaman mengikuti kompetisi, penelitian, presentasi karya tulis ilmiah, kursus singkat, magang, study tour, pertukaran pelajar atau pemuda, konferensi, lokakarya, forum diplomasi, dan pengabdian masyarakat.

Buku ini menjawab berbagai tantangan yang terkadang menyulitkan pemuda terlibat di dalam program internasional tersebut, seperti biaya yang mahal, persaingan yang ketat, dan kurangnya rasa kepercayaan terhadap kemampuan diri, melalui tips and tricks.

Pemberian buku kepada Perpustakaan Museum Sumpah Pemuda bukanlah tanpa alasan. Proyek tersebut turut membawa misi sosial di bidang literasi melalui gerakan One Book, 25 Inspirations, For Better Nation, yaitu satu buah buku ini akan dikirim ke setiap perpustakaan atau rumah baca di seluruh wilayah Indonesia secara gratis dengan menggunakan sebagian profit penjualan bukunya dan donasi online melalui kitabisa.com/abroadyouth1 serta donasi offline.

Selain itu, buku ini juga mendapatkan dua testimoni khusus dari pemuda inspiratif Indonesia, yakni :

“Buku yang sangat menginspirasi bagi setiap yang membacanya, terutama untuk para generasi muda. Saya selalu percaya bahwa anak-anak muda adalah pilar masa depan republik ini. Sehingga, mereka perlu untuk membaca kisah-kisah yang menginspirasi agar dapat menjadi motivasi dan penyemangat. Buku ini bisa menjadi inspirasi bagi siapa saja yang ingin meraih kesuksesan dalam hidupnya. Selamat untuk penulis, good job!”
— Muhammad Assad (Pengusaha, Penulis, dan Pembicara)

“Buah dari kerja keras dan jiwa pantang menyerah. Buku yang penting untuk dibaca oleh mereka yang ingin mewujudkan mimpi dalam usaha memperoleh pembelajaran hingga ke penjuru dunia. Tulisan-tulisan di dalamnya sungguh memberikan inspirasi yang luar biasa tentang ikhtiar dan kekuatan doa. Semua berawal dari mimpi dan mimpi itu pun harus dipertanggungjawabkan dengan bekerja melebihi batas yang orang normal biasa lakukan.”
— Faldo Maldini (Aktivis Muda, Pengusaha, Penulis, dan Pengajar)

Semoga buku ini dapat memberikan motivasi kepada generasi muda di Indonesia yang jumlah populasinya telah mencapai 25% dari total seluruh penduduk Indonesia.

Untuk pemesanan buku ini, silakan menghubungi 08998715113 (Putri) via Whatsapp atau kunjungi situs abroadyouth.id dan follow media sosial (Facebook, Twitter, dan Instagram) @abroadyouthid sekarang 🙂

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Ruang Publik Kepada Seluruh Civitas Akademika UNJ untuk menyampaikan kritik, & Saran. Yuk Kirimkan Buah Pikiranmu