Home Mahasiswa Hiburan

Lima Alasan Mengapa Tertawa itu Baik (Bahkan Harus)

519
BAGIKAN

“Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang!” – Warkop DKI

Tertawa merupakan ekspresi kebahagian kita ketika menemukan sesuatu yang baru. Ketika kita berkumpul, mengobrol pasti ada saja gelak tawa yang menghiasinya. Dan ternyata pada saat tertawa ada manfaat yang tidak kita sadari. Berikut beberapa manfaat dari tertawa :

  1. Mempercepat aliran oksigen ke paru-paru

    Tatkala saking terbawa suasana ketika berkumpul dan ada sesuatu yang menarik membuat kita agak lupa diri sampai tertawa terbahak-bahak. Ternyata hal tersebut juga membawa manfaat. Menurut dari laman Shine, tertawa terbahak-bahak akan menguatkan diafragma atau otot di bawah paru-paru. Otot ini memompa dan mengisi paru-paru dengan udara. Sehingga mempercepat mempercepat aliran oksigen ke paru-paru.

    1. Meningkatkan sirkulasi darah

    Anda yang sering darah tinggi mungkin karena kurang tertawa he-he-he. Menurut laman Boldsky, tertawa membutuhkan aliran darah ke jantung, otak dan hampir setiap bagian dari tubuh anda. Sehingga tertawa dapat meningkatkan aliran sirkulasi darah serta merupakan obat hietensi alami karena bisa menurunkan tekanan darah.

    1. Mengurangi hormon stres

    Kita sering tertawa ketika ada sesuatu hal yang lucu. Salah satunya adalah menonton film komedi. Menurut penelitian kardiolog Michael Miller dari University of Maryland, ketika tertawa dalam menonton film komedi dapat mengurangi kontraksi endotelium yang mengurangi produksi hormon stres

    1. Membuat perut rata

    Siapa yang ingin perutnya rata? Pasti setiap orang menginkannya yah. Ternyata caranya mudah, hanya cukup dengan tertawa. Menurut William Fry pada laman Viva, ia menemukan tertawa sama seperti atlet mendayung yang sedang mengayuh dayung selama 10 menit. Setelah Fry ukur, ternyata tertawa mampu meningkatkan denyut jantung dan membuat otot perut berkontraksi.

    1. Meningkatkan daya ingat

    Pernah menemukan orang pelupa? Mungkin sepertinya orang tersebut kurang tertawa. Seperti yang dilansir Viva, pada saat tertawa kita kita akan menghirup jumlah oksigen yang sangat banyak. Hal ini dapat membantu mengisi ulang sel-sel otak kita yang membantu meningkatkan memori serta keterampilan motorik.

     

Itulah beberapa manfaat tertawa. Jadi jangan malu-malu untuk tertawa yah. Tetapi ingat, jangan sampai tertawa yang berlebihan dan jangan sampai tertawa sendiri!

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Seorang Pembelajar yang Ingin Terus Belajar