Home Alumni Tips Karir

List Barang Yang Gak Boleh Ketinggalan Saat Datang Ke Jobfair

438
BAGIKAN

Selamat kepada Abang dan Mpok yang hari ini resmi menjadi wisudawan dan wisudawati Universitas Negeri Jakarta. Semoga ilmu yang didapat membawa pada kesuksesan dan yang memilih mengabdi di dunia pendidikan, mudah-mudahan diberi keikhlasan selama masa pengabdian.

Bagi yang masih bingung, setelah lulus ingin cari pekerjaan dimana? Memulai karier sebagai apa? Coba datang dan kunjungi bursa kerja atau karier expo dan lebih dikenal dengan sebutan Jobfair. Pastikan dulu kalian membawa benda berikut sebelum pergi mengunjungi Jobfair.

Baca Juga : Serial Amunisi Fresh Graduate #3 ; Menyusun Strategi Menuju Job Fair

1. CV (Curriculum Vitae) / Resume
Wah, sekarang sudah sarjana nih. Tentulah CV sebagai hal yang wajib, secara tujuan datang ke Jobfair kan untuk mencari pekerjaan. CV itu serupa cara perusahaan megenal kita, apakah sesuai kualifikasi yang dibutuhkan, siapa diri kamu, bagaimana latar pendidikan yang telah kamu jalani, sampai pada informasi lain yang berkaitan tentang kamu. Meski terkesan banyak yang ingin kamu beri tahu pada perusahaan dan atau tempat lain kamu melamar pekerjaan, yang perlu diingat bahwa isi CV jangan terlalu bertele-tele, jelas, ringkas dan padat isi.

Baca Juga : Serial Amunisi Fresh Graduate #2 ; Menyusun Amunisi Curriculum Vitae

2. Kelengkapan Akademik
Tidak hanya CV saja, sebagai bukti kamu telah menyelesaikan studi, maka Ijazah dan Transkrip Nilai juga mesti dibawa saat datang ke jobfair. Semisal kamu punya prestasi akademik maupun non-akademik yang menunjang, boleh juga membawa bukti sertifikatnya.

3. Dokumen Data Diri
KTP, SIM, Akte Kelahiran atau Kartu Keluarga sebagai persiapan kalau dibutuhkan pelengkap identitas pribadi dalam melamar pekerjaan yang kamu incar.

4. Alat tulis
Ketika berkeliling stand jobfair, perusahaan terkadang menyediakan formulir yang perlu diisi, atau pada CV yang akan kalian titipkan pada panitia perusahaan dalam jobfair diharuskan diberi kode tertentu. Kamu pasti butuh pulpen, pensil, atau spidol.

5. Tisu atau Sapu Tangan
Sarjana yang lulus dalam waktu berbaregan dengan kalian tentu enggak cuma dari UNJ. Selama proses wisuda, di luar JIEXPO saja sudah jadi lautan manusia. Kebayang dong, itu baru satu universitas. Sedang yang mencari kerja bisa jadi fresh graduate se-Jakarta atau bahkan se-Jabodetabek. Kapasitas gedung yang tak seberapa, ditambah jumlah pengunjung yang membludak akan membuat suasana ruangan menjadi lebih panas. Belum lagi saat berdesak-desakan saat mengantre. Mengurangi lepek akibat keringat bercucuran, ada baiknya kamu siapkan tisu atau sapu tangan.

6. Klip Kertas dan Map atau Amplop Coklat
Kalau perusahaan yang kamu incar merupakan skala besar, lebih sopan dalam menitipkan CV dan dokumen pelengkap lain dalam map atau amplop coklat, terkecuali jika memang perusahaan tersebut yang memberikan ketentuan tidak perlu menggunakan map atau amplop coklat. Jangan lupa sediakan klip kertas untuk menyatukan dokumenmu agar tidak tercecer.

7. Flashdisk
Teknologi semakin canggih, dengan kemajuan tersebut perusahaan biasanya mulai menyediakan fasilitas komputer, laptop atau notebook untuk kamu masukkan sendiri data yang dibutuhkan perusahaan sebagai ganti dari hardcopy berkas. Selain menghemat kertas, cinta lingkungan, tentunya menerapkan IPTEKS. Agar tidak kebingungan saat dihadapi situasi yang kekinian dalam jobfair, solusinya membawa flashdisk yang berisi CV serta kelengkapan lain dan juga foto resmi.

8. Foto
Perusahaan tentulah ingin tahu seperti apa kandidat calon yang nantinya akan diajak bekerjasama membangun visi dan misi kantor, caranya bisa melalui foto. Kerap kali ini yang sering dilupakan karena ukurannya yang kecil.

Setelah membuat list dan memeriksa apa saja yang dibutuhkan untuk datang ke jobfair, bersiaplah berjuang! Semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua.

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Ruang Publik Kepada Seluruh Civitas Akademika UNJ untuk menyampaikan kritik, & Saran. Yuk Kirimkan Buah Pikiranmu