Home Alumni

Mantan Ketua KPU RI Paparkan Peran Alumni UNJ Dalam Pembangunan Bangsa

352
BAGIKAN

UNJKita.com – Mubes IKA UNJ digelar pada tanggal 12-13 Mei 2017 bertempat di Hotel Kartika Chandra, Jakarta. Acara ini merupakan wadah konsolidasi para alumni yang berhimpun untuk berkontribusi dan menyalurkan aspirasi guna memberikan peranan terhadap kampus UNJ almamater tercinta.

Dalam rangkaian acara yang ada, Mubes IKA UNJ ke-VIII juga turut menggelar Gelar wicara dimulai pada pukul 19.30 WIB yang menghadirkan dua pembicara dalam membahas tema “Peranan strategis organisasi alumni dalam pembangunan bangsa” dan “Pola pemberdayaan alumni IKA UNJ dalam pengabdian pada almamater”. Sehingga Mubes IKA UNJ berharap kedepannya alumni Universitas Negeri Jakarta dapat memberikan sumbangsih lebih terhadap kampus tercinta.

Pemateri dari gelar wicara tersebut adalah Dr. Juri Ardiantoro Ketua KPU RI masa jabatan 2016/2017 dan Sugeng Suparwoto salah satu pendiri Partai Politik di Indonesia. Dalam pemaparan materinya, Dr. Juri Ardiantoro mengatakan ketika sudah menjadi alumni, apa yang dapat dilakukan untuk menaikan reputasi UNJ agar dapat semakin dibanggakan kedepannya. Beliau mengatakan bahwa setiap alumni dapat melakukan perbandingan dengan melihat rangking UNJ pada saat ini. Sehingga sebagai alumni seharusnya dapat berbuat lebih karena kualitas alumni UNJ tentunya memiliki kriteria yang sangat baik.

Ketika membicarakan sebuah reputasi yang baik maka peran Universitas pun juga turut dapat memberikan sumbangsihnya melalui fasilitas yang memadai sehingga kualitas alumni kita dapat ditingkatkan dalam tahapan untuk membuat jaringan yang lebih baik lagi. Karena ketika mengharapkan alumni yang memiliki kualitas yang baik tetap harus dilihat dengan fasilitas kampus yang baik pula.

Ketika membahas IKA UNJ dalam segi pengkaderan kita juga harus memiliki wadah dan fokus untuk menemukan bibit unggul yang dapat memberikan inovasi kedepannya untuk bukan hanya mengumpulkan alumni yang ada, namun juga dapat membuat alumni saling memberikan kontribusinya untuk almamaternya.

“Dengan fokus melihat hal itu reputasi akademik juga akhirnya dapat ditingkatkan yang nantinya akan memberikan feedback yang baik untuk kedepannya. Sehingga peran IKA UNJ juga harus memaksimalkan link yang ada sebagai sumber peningkat reputasi nantinya.” Ujar Dr. Juri Ardiantoro mantan Ketua KPU RI 2016/2017.

Wawancara Reporter UNJKita dengan Juri Ardiantoro

UNJ dapat menjadi jembatan untuk para alumni untuk berkerja sama untuk saling memberikan keuntungan diantara keuda belah pihak, dalam hal ini alumni juga harus menyebar dan memiliki segmen yang menunjukan bahwa alumni UNJ adalah lulusan terbaik dari segmen pendidikan. Modal ini dapat merefleksikan bahwa UNJ dapat memproduksi tenaga pendidikan yang berkualitas.

Karena untuk mengemas keunggulan alumni UNJ sehingga dapat diketahui oleh publik adalah dengan peran yang dimiliki oleh peras lembaga seperti IKA UNJ untuk memberikan support untuk dapat memaksakan potensi UNJ agar menjadi salah satu pelopor dalam mengembangkan mimpi kita agar alumni akan kembali mendongkrak almamaternya sendiri.

Karena ketika kita dapat mengemas alumni dan mahasiswa secara baik dan dapat memasarkan keunggulan kita dengan hal – hal yang sederhana agar kedepannya dari segi reputasi, akreditasi, ranking dan lain lain dapat berkembang ke arah yang lebih baik.

Komentar Kamu?

BAGIKAN

Mahasiswa Akuntansi dengan nama pena “Awan Tijel” yang tertarik dengan dunia jurnalistik…