Home Berita

Mantan Rektor IKIP Jakarta Prof. Winarno Surakhmad Berpulang

829
BAGIKAN

unjkita.com – Civitas Akademika Kampus Universitas Negeri Jakarta dan dunia pendidikan tanah air hari ini berduka. Rektor IKIP Jakarta (kini menjadi UNJ) periode 1975-1980 dan tokoh pendidikan nasional, Prof. Dr. H. Winarno Surakhmad, M.Sc., Ed. meninggal dunia pada Jumat pagi tadi pukul 10. 47 WIB di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta Selatan.

Prof. Dr. Winarno semasa hidupnya pernah aktif sebagai Pembina Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI), Penasihat Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Beliau juga pernah diamanahkan sebagai Konsultan Nasional Pendidikan untuk Regional Education Development Program (REDIP), Japan International Cooperation Agency (JICA) serta Direktur Lembaga Pengembangan Pendidikan Regional (LPPR).

Semasa hidupnya beliau dikenal sebagai begawan pendidikan yang konsekuen pada pendiriannya. Di usia yang tak lagi muda dia masih sangat aktif menulis dan berceramah tentang pendidikan. Bahkan saat stroke menyerang pada lima tahun lalu, Prof. Winarno masih tetap keliling untuk mengisi undangan baik dari dalam negeri maupun di mancanegara.

Pria kelahiran Ujungpandang, 25 Agustus 1930 lalu itu baru berhenti keliling untuk ceramah tentang pendidikan saat tak lagi bisa berjalan sendiri. Namun, dia tetap tak menyerah. Dari pembaringan Prof Winarno tetap menulis buku.

Hari ini sang Begawan Pendidikan itu telah berpulang. Siang tadi jenazah Prof Winarno sudah dimakamkan dipimpin oleh tokoh pendidikan nasional dan guru besar UNJ Prof. Arief Rachman. Keponakan Prof Winarno, Meutya Viada Hafid mewakili keluarga memohon doa agar semua pengabdian mantan Rektor IKIP Jakarta itu di bidang pendidikan bisa menjadi amal baik di sisi Tuhan.

Mari kita doakan semoga beliau mendapat tempat yg baik disisi Allah SWT dan keluarga serta kerabat yang ditinggalkan agar diberikan ketabahan. Selamat jalan Prof. Winarno, dedikasi dan pengabdianmu untuk UNJ dan Pendidikan Indonesia akan selalu kami kenang.

 

Komentar Kamu?

BAGIKAN
Co Founder & CEO of UNJKita.com | Accountant, Public Speaker, Researcher, & StartUp Entrepreneur.