Home Mahasiswa Belajar

Mau Skripsimu Cepat Kelar? Buka deh 10 Situs Ini!

1383
BAGIKAN

Hi sobat unjkita.com! Adakah diantara kamu yang sedang atau akan mengerjakan skripsi? Skripsi adalah syarat wajib mahasiswa menyelesaikan pendidikan di jenjang perkuliahannya. Nah, untuk mengerjakan skripsi itu gak boleh sembarangan lho!  Dalam proses pengerjaan skripsi, terkadang kita menemukan berbagai macam kendala. Misalnya, kekurangan bahan kutipan atau referensi yang belum matang terhadap materi penelitian skripsi kita.

Berikut ini tim unjkita.com telah merangkum 10 situs yang akan memudahkan kamu menyelesaikan skripsi agar tidak menghabiskan waktu penelitian hingga bertahun-tahun. Yuk disimak ya!

Google Scholar

Google Scholar merupakan layanan buatan Google untuk mencari materi pelajaran berupa teks dengan berbagai format publikasi. Isi Google Scholar yakni jurnal-jurnal online dan publikasi ilmiah yang cukup lengkap. Layanan ini akan memudahkan kamu untuk membuat sebuah kutipan pada skripsi yang sedang dikerjakan dari salah satu publikasi.

Library Genesis

Situs yang satu ini bisa disebut sebagai penyedia buku digital paling lengkap dan dapat di download secara gratis. Nah, di Library Genesis terdapat berbagai macam buku berformat pdf, mobi, hingga ePub. Buku-buku digital tersebut meliputi seluruh prodi kuliah seperti jurusan ekonomi, politik dan bahasa. Namun, bila kamu ingin mendownload salah satu buku dari situs ini, kamu harus teliti saat menulis keyword untuk menghindari filter yang tidak akurat.

Academia

Academia telah populer di kalangan Mahasiswa. Situs ini dapat disebut media sosial untuk berbagi penelitian dari segala penjuru dunia. Academia memungkinkan siapa saja untuk berbagi penelitian sekaligus memberikan saran, komentar bahkan pertanyaan kepada si pemilik penelitian/jurnal.

Microsoft Academic

Microsoft Academic ialah mesin pencari referensi penelitian dalam bentuk format publikasi yang lebih spesifik. Layanan ini memiliki filter-filter untuk membantu kamu mencari sumber penelitian. Fitur tersebut akan memudahkan kamu mencari jurnal berdasarkan penulis atau afiliasi tempat bernaungnya penelitian yang dicari lho!

e-Resources Perpusnas

Situs ini merupakan layanan milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan memiliki koleksi jurnal lengkap dari 6 situs diatas. Setelah kamu melakukan pendaftaran lewat website buatan Perpusnas, maka jurnal di situs ini dapat kamu download secara gratis lho!

Ressearch Gate

Ressearch Gate adalah media sosial para peneliti. Di situs tersebut berisikan forum diskusi para peneliti di seluruh dunia lho! Dari situs ini, kamu dapat melontarkan pertanyaan dalam forum diskusi tersebut untuk nantinya dijawab oleh para peneliti. Jawaban pun akan berguna bagi bahan skripsi dan menambah pengetahuan kamu.

Indonesian Publication Index

Indonesian Publication Index atau disebut portal garuda hampir mirip dengan Google Scholar atau Microsoft Academi. Bedanya, jurnal yang ditampilkan berbahasa Indonesia saja.

Wiley Online Library

Situs ini menyediakan berbagai artikel dari beragam disiplin ilmu. Nah, Wiley Online Library menyediakan 6 juta artikel, 1.500 jurnal, 18.000 buku online, dan ratusan referensi lho!

Science Direct

Science Direct adalah situs yang berisi karya tulis dari bermacam negara di dunia. Situs ini memiliki lebih dari 34.000 buku dan 3.500 jurnal, mulai dari jurnal buku ilmu alam sampai ilmu sosial. Buku dan jurnal itupun dapat kamu download secara gratis hanya dengan menuliskan judul di kolom pencarian.

Neiti.com

Neiti.com merupakan gudang buku, paper, laporan, dan jurnal yang dapat digunakan sebagai bahan penelitian skripsi. Sayangnya, situs ini tidak tersedia layanan download dan hanya bisa dibaca bila mengunjungi webnya. Walaupun hanya bisa membaca, situs ini dapat membantu kamu menambah bahan bacaan mengenai penelitianmu.

Baca juga: 7 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Mahasiswa Skripsian

Itu dia 10 situs yang dapat memfasilitasi kamu dalam mencari bahan kutipan atau referensi untuk penelitian skripsi. Semoga bermanfaat!

Template Presentasi Skripsi Powerpoint 336x280

Komentar Kamu?